Rabu, Juni 16, 2021

Cara Mempercepat Perkecambahan Biji

Must Read

Cara mempercepat perkecambahan biji dengan cara mengukur kadar unsur hara dalam tanah seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Ikuti petunjuk percobaan Sekolah Alam.

Aksiografi.com – Hara adalah zat yang terdiri atas beberapa mineral yang terdapat dalam tanah yang dibutuhkan tanaman atau tumbuhan dalam melakukan fotosintesis. Mineral yang paling dibutuhkan suatu tanaman adalah Nitrogen (N), Kalium (K), Fosfor (P), Kalsium (Ca), Belerang (S), dan Magnesium (Mg).

Selain itu, masih ada mineral lainya yang penting bagi tumbuhan yaitu Molibdenum (Mo), Tembaga (Cu), Mangan (Mn), Seng (Zn), Kobalt (Co), Boron (B), Besi (Fe), dan Klor (Cl). Sebenarnya, tanaman membutuhkan sekitar 14 mineral untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Keempat belas mineral itu diolah secara bersamaan oleh karbon dioksida (CO2) dan sinar matahari dalam proses fotosintesis. Anda juga dapat membuat nutrium dari bahan alami. Bahkan kita juga dapat mengetahui unsur hara di dalam tanah dengan cara sederhana.

Tanaman yang tumbuh dari biji membutuhkan unsur hara utama dalam proses perkecambahan. Biji berkecambah karena adanya unsur hara penting dalam tanah. Tanah menyediakan nitrogen, fosfor, kalium, dan unsur-unsur kimia lainnya untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Akar tanaman di dalam tanah memperoleh unsur hara dari tanah.

Nah, apakah unsur-unsur hara tanah diperlukan untuk perkecambahan biji, atau hanya satu di antara mereka, atau tidak sama sekali, atau justru ada hara tambahan yang dibutuhkan? Jawabannya tentu dengan melakukan percobaan sendiri.

Dalam percobaan ini, kamu akan menentukan apakah unsur-unsur hara di dalam tanah diperlukan untuk perkecambahan biji. Kamu akan menemukan jawaban untuk pertanyaan ini. Dapatkah tanaman berkembang hanya dengan unsur-unsur hara yang disediakan oleh tanah? Kamu juga akan membandingkan bibit yang ditumbuhkan dengan pupuk cair buatan pabrik dengan yang ditumbuhkan dengan unsur hara yang tercuci dari tanah.

Memulai Percobaan

Tujuan uji coba ini untuk menentukan apakah unsur hara tambahan mempercepat perkecambahan biji.

Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam uji coba ini yaitu:

10 biji buncis

1 stoples berukuran 500 ml

air suling

lemari es

pupuk cair (5-10-5)

stoples plastik berukuran 4 liter

Cara Kerja

Cara kerja mempercepat perkecambahan biji sebagai berikut:

1. Masukkan biji buncis ke dalam stoples kemudian beri air suling hingga biji terendam.

2. Setelah itu masukkan stoples berisi biji buncis ke dalam lemari es untuk direndam semalam.

3. Siapkan 4 liter pupuk cair buatan sesuai petunjuk pada kemasan. Pupuk buatan seperti laktobasillus dapat dibuat sendiri dari bahan alami. Gunakan air suling untuk mencampur pupuk dalam stoples plastik (lihat Gambar 1 berikut ini).

gambar 1 uji coba dalam mempercepat perkecambahan biji
Gambar 1. Dua buah gelas yang berisi biji buncis dengan perlakuan yang berbeda.

4. Beri tanda masing-masing stoples. Tulis “Unsur Hara” pada kertas label dan rekatkan label ini pada stoples plastik yang berisi pupuk cair sedangkan yang tidak diberi unsur hara atau hanya air, tulis pada stoples “Air” sebagai penanda.

5. Siapkan dua gelas minum untuk menumbuhkan biji buncis sebagai berikut:

a. Lipat satu handuk kertas dan letakkan di sekeliling bagian dalam gelas.

b. Gulung beberapa handuk kertas dan letakkan di dalam gelas untuk menjaga agar handuk kertas tetap tegak di dalam gelas.

c. Letakkan 5 biji buncis di antara gelas dan handuk kertas dengan jarak sama mengelilingi bagian dalam gelas.

6. Gunakan spidol dan kertas label untuk memberi tanda pada gelas pertama “air” dan gelas kedua “Unsur Hara” (lihat Gambar 2).

perlakuan biji dalam mempercepat perkecambahan
Gambar 2. Biji berkecambah dari hasil uji coba dengan dua perlakuan yang berbeda.

7. Basahi handuk kertas dengan air suling atau pupuk tanaman sesuai dengan label. Selama percobaan berlangsung jagalah handuk-handuk kertas di dalam gelas tetap lembap, tetapi jangan terlalu basah.

Baca Juga:   Bekas Cacing sebagai Pupuk Organik Terbaik
Baca Juga:   Mengangkat Kuda dengan 1 Jari

8. Tutup bagian luar setiap gelas dengan satu lembar kertas hitam. Lipat dan stapleslah bagian atas dan sisi kertas.

9. Amati setiap hari sampai setiap biji buncis berkecambah (5-7 hari), dengan membuka kertas penutup dari setiap gelas (lihat Gambar 2 di atas).

Hasil Perkecambahan Biji

Hasil kerja cara mempercepat perkecambahan biji berhasil. Biji-biji buncis dalam setiap gelas memerlukan waktu yang berbeda-beda untuk berkecambah, namun tidak ada perbedaan yang besar antara waktu perkecambahan biji buncis yang diberi unsur hara dengan biji buncis tanpa penambahan unsur hara.

Mengapa?

Biji yang dilembapi dengan air maupun dengan unsur hara (unsur hara atau makanan yang mendorong pertumbuhan organisme hidup) menunjukkan tidak ada perbedaan pada laju perkecambahannya. Bahkan perkecambahan tetap terjadi meskipun biji-biji kekurangan N , P, K (Nitrogen, Fosfor, Kalium) dan unsur hara lain. Unsur-unsur hara dalam tanah tidak digunakan oleh biji buncis untuk berkecambah.

Biji-biji berkecambah (berkembang dari biji menjadi tanaman) ketika kandungan setiap biji telah masak benar dan ketika jumlah oksigen dan kelembapan cukup serta suhunya sesuai. Makanan yang diperlukan untuk perkecambahan disimpan di dalam kotiledon (daun-daun biji) biji buncis.

Salah satu cara mempercepat perkecambahan biji dengan menjaga unsur hara penting dalam tanah pada tanaman. Namun apakah kelebihan unsur hara tanah dapat mempercepat atau sebaliknya, lakukanlah pada pendekatan baru atau buatlah pendekatan sendiri.

Cobalah Pendekatan Baru

1. Berapa lama tanaman biji buncis mampu tumbuh hanya dengan makanan yang disediakan oleh kotiledon? Lanjutkan menyirami isi setiap gelas dengan cairan sesuai pada label. Catatan: Selalu tutuplah gelas-gelas dan tanaman-tanaman dengan kertas gelap, sehingga tanaman-tanaman tidak menerima cahaya dan menghasilkan makanan karena fotosintesis (pembentukan karbohidrat di dalam jaringan tanaman yang berisi klorofil yang terkena matahari). Ukur dan catatlah pertumbuhan dan perkembangan setiap bibit biji buncis setiap hari. Lanjutkan pengamatan sampai 30 hari atau sampai salah satu atau kedua kelompok tanaman mati.

2. Apakah media pertumbuhan mempengaruhi hasil? Handuk kertas tidak menyediakan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman. Ulangi percobaan semula menggunakan media tanpa unsur hara yang lain seperti LECA (Light Expanded Clay Aggregate/Agregat Lempung Ringan yang Mengembang), pasir, kerikil, arang, serbuk gergaji, vermikulit, atau perlit.

3a. Dapatkah bibit menjadi dewasa hanya dengan makanan yang dihasilkan oleh daun-daun melalui reaksi fotosintesis? Ulangi percobaan semula dengan melepas kertas hitam yang menutupi dan tempatkan gelas-gelas di tempat yang memperoleh sejumlah sinar matahari yang sama setiap hari. Ukur dan catatlah pertumbuhan dan perkembangan daun-daun, batang dan akar setiap hari. Lanjutkan pengamatan sampai 30 hari atau sampai salah satu atau kedua kelompok tanaman mati.

b. Buatlah pupuk sendiri dan bandingkan hasilnya dengan pupuk buatan yang dibeli. Pertumbuhan tanaman dalam unsur hara cair tanpa tanah disebut hidroponik. Larutan hidroponik dapat dibuat sendiri dengan mencampur 1 sendok teh (5 ml) masing-masing soda kue/natrium bikarbonat dan garam inggris dan 1 sendok makan (15 ml) masing-masing natrium nitrat serta amonium hidroksida atau amonia rumah tangga.

Campurkan ke dalam 1 galon (4 liter) air leding yang telah dibiarkan berada dalam stoples terbuka selama satu hari, sehingga klorin yang ditambahkan dalam air leding dapat menguap. Jangan menggunakan air yang telah diproses melalui water conditioner. Air berat (air sadah) pada kenyataannya lebih baik daripada air lunak, karena air berat mengandung kalsium (Ca) dan magnesium (Mg), yang diperlukan tanaman.

Baca Juga:   Cara Menentukan Efektivitas Pengawet Makanan

Ulangi percobaan sebelumnya dengan menggunakan unsur hara buatan pabrik untuk menyiram stoples pertama dan unsur hara buatan sendiri untuk menyiram stoples kedua. Amati setiap hari dan tentukan berapa lama tanaman mampu hidup dengan tambahan unsur hara buatan.

c. Tanaman di alam tidak menerima pupuk pabrik atau buatan sendiri. Ulangi percobaan semula dengan menggunakan unsur hara dari tanah. Pisahkan unsur hara dari tanah yang kaya unsur hara yang diambil dari kebun bibit atau daerah hutan dengan cara penyaringan. Letakkan tanah pada kain katun dan letakkan kain katun ke dalam saringan yang diletakkan di atas pinggiran permukaan pot yang besar. Tuangkan 1 galon (4 liter) air ke tanah. Setelah semua air keluar, tuangkan air dari pot ke tanah lagi. Ulangi cara ini sebanyak enam kali, agar air melarutkan unsur hara dalam tanah sebanyak mungkin.

Baca Juga:   Jarak Mempengaruhi Tingkat Terang Suatu Benda

Rancanglah Percobaanmu Sendiri

1. Apakah semua tanah menyediakan unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman? Kumpulkan contoh-contoh tanah dari beberapa tempat yang berbeda. Siapkan stoples-stoples untuk contoh-contoh tanah yang berbeda dan tanamlah biji misalnya biji kacang hijau ke dalam setiap stoples. Buatlah tabel data untuk setiap biji yang digunakan, seperti tabel untuk biji kacang hijau yang telah ditunjukkan di sini, untuk mencatat pengamatan dari setiap percobaan. Simpanlah seluruh tabel dalam jurnalmu. Untuk menunjukkan kemajuan percobaan, pamerkan tabel data dilengkapi foto yang diambil pada setiap tahap perkembangan tanaman.

2. Apakah jenis rumput yang berbeda memberi hasil yang sama di tanah seperti biji kacang hijau? Ulangi percobaan sebelumnya dengan menggunakan contoh tanah yang sama tetapi dengan biji rumput yang berbeda. Gunakan foto dan gambar yang menunjukkan perkembangan tanaman untuk memperlihatkan cara kerja dan hasil. Pamerkan tanaman yang masih hidup. Ingatlah untuk menanam biji jauh hari sebelum pameran agar contoh-contoh dapat dipamerkan.

Cari Faktanya

1. Semua pupuk buatan pabrik diberi label yang berisi angka-angka untuk memberi keterangan kepada pembeli tentang kandungan unsur haranya. Setiap produk mungkin mengandung jumlah yang berbeda untuk setiap unsur hara, tetapi urutan unsur hara selalu ditulis dengan urutan yang sama. Tanyakan kepada penjual sarana produksi pertanian untuk mendapatkan keterangan tentang kode penamaan ini. Unsur-unsur apa yang dimaksud dan bagaimana urutannya dalam kode angka? Apakah artinya jika pupuk diberi label 5-10-5?

Tabel-Data

2. Pupuk dapat menyediakan unsur-unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Apakah selalu perlu menggunakan bahan-bahan tambahan ini? Dapatkah pupuk diberikan secara berlebihan? Air aliran permukaan mengandung bahan-bahan terlarut dari tanah. Bagaimana pupuk-pupuk yang tercuci dari tanah mempengaruhi kehidupan organisme di sungai-sungai, danau-danau, aliran sungai, atau perairan yang lain? United States Agricultural Extention Service (Pelayanan Penyuluhan Pertanian Amerika Serikat) mempunyai kantor di setiap daerah. Badan ini dapat memberikan keterangan tentang pupuk dan cara penggunaan serta keselamatannya.

3. Beberapa pekebun menggunakan unsur hara organik. Cari tahu lebih lanjut tentang berkebun organik. Bagaimana unsur hara organik mempengaruhi lingkungan? Apa yang dimaksud kompos. Dapatkah unsur hara organik digunakan untuk memproduksi makanan dalam skala besar?

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img