Cara Membuat Model Gerhana Matahari

Must Read

Cara membuat model gerhana Matahari dengan sederhana. Kita menggunakan bahan tanah liat, bola, pensil, dan senter untuk membuat model posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat gerhana matahari dan bulan.

aksiografi.com – Definisi umum gerhana adalah satu benda angkasa terhalang oleh bayangan benda angkasa lainnya. Definisi teknis gerhana adalah penghalangan cahaya dari satu benda angkasa ketika melintasi bayangan benda angkasa lainnya. Gerhana bulan terjadi ketika bayangan Bumi jatuh di Bulan dan menghalangi cahaya Bulan. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan menghalangi cahaya Matahari.

Definisi ini sesuai dengan definisi umum gerhana. Tetapi secara teknis, yang disebut gerhana matahari adalah sebuah bentuk khusus dari okulasi, yaitu ketika benda angkasa yang lebih besar melintas di depan benda angkasa yang lebih kecil.

Pada percobaan sebelumnya, kita telah melakukan praktik posisi Bulan terhadap Bumi. Dalam percobaan ini, kita akan membuat model posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat gerhana matahari dan bulan. Kita akan mempelajari mengapa gerhana tidak terjadi setiap bulan, dan kita akan menentukan waktu bersinggungan ketika tahap-tahap gerhana dimulai dan berakhir. Kita juga akan mengenali penyebab gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari cincin.

Tujuan Pembelajaran Model Gerhana

Membuat model gerhana matahari

Bahan-Bahan Model Gerhana

  • tanah liat seukuran bola golf
  • 2 pensil
  • bola Styrofoam berukuran 10 cm
  • senter

Cara Kerja Membuat Model Gerhana

1. Ambillah segumpal tanah liat seukuran buah anggur dan bentuklah menjadi bola.

2. Tancapkan bola tanah liat itu ke ujung tajam salah satu pensil. Bola tanah liat tersebut melambangkan Bulan.

3. Tancapkan bola Styrofoam ke ujung tajam pensil lainnya. Bola ini melambangkan Bumi.

4. Gunakan sisa tanah liat untuk menegakkan model Bumi di atas meja.

5. Di ruang gelap, nyalakan senter. Peganglah dengan tangan kirimu, kira- kira 30 cm dari model Bumi.

6. Peganglah model Bulan dengan tangan kananmu, kira-kira 2,5 cm dari model Bumi. Gerakkan model bulan dari sisi belakang Bumi ke arah depan berlawanan dengan arah jarum jam (lihat Gambar di samping di bawah ini).

Cara Membuat Model Gerhana

7. Ketika Bulan bergerak, perhatikan bayangan yang diberikannya pada permukaan Bumi.

Hasil Model Gerhana Matahari

Praktek cara membuat model gerhana Matahari berhasil. Bayangan model Bulan bergerak melintasi permukaan model Bumi.

Bagaimana Penjelasannya?

Catatan: Dalam ilmu astronomi istilah gaib dan supranatural tidak ada hubungannya dengan astrologi atau hal-hal supranatural lainnya. Ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi, bayangan Bulan jatuh di sebagian kecil permukaan Bumi. Ini adalah model gerhana matahari, yaitu ketika Bulan menghalangi cahaya Matahari.

Untuk pengamat yang ada di daerah bayangan ini, Matahari tampak menghilang selama beberapa menit karena gerakan matahari dan bulan. Peristiwa ini disebut gerhana matahari total karena Bumi berputar, sehingga bayangan kecil Bulan menyapu permukaan Bumi. Oleh karena bayangan tersebut tidak dapat lebih besar dari 170 mil (269 km), hanya beberapa tempat di Bumi yang mengalami gerhana matahari total pada waktu tertentu.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek cara membuat model gerhana Matahari, selanjutnya kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

1. Ketika bayangan Bumi jatuh di Bulan dan menghalangi cahayanya, para pengamat di Bumi melihat gerhana bulan. Lanjutkan putaran Bulan mengelilingi Bumi berlawanan dengan arah jarum jam. Perhatikan bahwa Bumi membuat bayangan di seluruh permukaan Bulan, tidak hanya sebagian kecil saja, seperti yang kita lihat ketika terjadi gerhana matahari.

2. Selama bulan mati, bayangan Bulan tidak selalu jatuh di permukaan Bumi. Ini karena orbit Bulan membentuk sudut kira-kira 5° terhadap ekliptika. Peragakan ini dengan menggerakkan Bulan di depan Bumi (dengan senter berada di posisi yang sama) tetapi sedikit di atas atau di bawah cahaya senter sehingga bayangan Bulan tidak mengenai Bumi.

3. Untuk memperagakan bulan penuh ketika tidak terjadi gerhana bulan, ulangi percobaan sebelumnya dengan posisi Bulan berada di belakang Bumi (di sisi yang berlawanan dengan senter), tetapi letakkan model Bulan sedikit di bawah (atau di atas) bayangan Bumi sehingga bayangan Bumi tidak mengenai Bulan.

Petunjuk untuk Lomba dan Pameran Sains

Buatlah gambar jalur orbit matahari dan bulan seperti yang tampak dari angkasa. Tunjukkan bahwa hanya di titik atau di dekat titik-titik kedua jalur tersebut melintasnya, yang disebut titik temu, gerhana dapat terjadi. Keterangan tentang jalur-jalur ini dapat ditemukan di buku teks astronomi.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img