Rabu, Juni 16, 2021

Cara Membuat Model Batuan dalam Siklus Batu

Must Read

Cara membuat model batuan sebagai bentuk siklus batuan. Proses perubahan batuan beku porfiri menjadi batuan metamorf beralur juga akan diperagakan pada percobaan di Sekolah Alam.

aksiografi.com – Batuan vulkanis dan batuan api adalah nama umum untuk batuan beku. Massa yang membeku ini, seperti tersirat pada nama mereka, merupakan akibat dari suhu tinggi dalam Bumi. Batuan beku adalah salah satu dari tiga jenis batuan: sedimen/endapan, malihan/metamorf, dan batuan beku.

Cara membuat model batuan

Melalui proses berbeda, masing-masing jenis batuan dapat berubah menjadi salah satu dari ketiga jenis batuan. Proses perubahan itu disebut siklus batu.

Dalam percobaan ini, kita akan mempelajari dan membuat model tekstur berbagai batuan beku. Proses perubahan batuan beku porfiri menjadi batuan metamorf beralur juga akan diperagakan pada percobaan ini. Kita juga akan menguji hubungan antara ketiga jenis batuan dan membuat model perubahan bentuk batuan.

Memulai Percobaan

Mulailah percobaan dengan mencari bahan-bahan dan peralatan yang ada di sekitar lingkunganmu. Praktek ini dilakukan berdasarkan prinsip Sekolah Alam dengan memanfaatkan media dan bahan di sekitar lingkungan kita sambil belajar mengenal alam. 

Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat model batuan yang menunjukkan perbedaan antara batuan beku porfiri dan batuan beku lainnya.

Bahan-Bahan

  • dua gumpal tanah liat biru seukuran buah jeruk (bisa menggunakan plastisin berwarna)
  • dua gumpal tanah liat merah seukuran buah jeruk

Cara Kerja

1. Potong satu tanah liat berwarna merah menjadi empat potongan berukuran relatif sama.

2. Bentuk keempat potongan kecil tersebut menjadi bentuk bola.

Baca Juga:   Bagaimana Tanggapan Semangka Terhadap Cahaya
Baca Juga:   Cara Membuat Lapisan Batuan Horizontal

3. Ulangi langkah 1 dan 2 dengan tanah liat biru.

4. Susun kedelapan bola kecil menjadi dua baris yang berdampingan, atur warna bola secara berselang-seling, merah, biru, merah dan seterusnya pada setiap baris.

5. Dengan perlahan tekanlah bola-bola tanah liat itu dengan tekanan yang cukup sehingga bola-bola bersatu tetapi bentuknya tidak berubah.

6. Potong tanah liat merah satunya menjadi dua. Bentuklah separuh bola menjadi dua bola berukuran sama dan separuh bola satunya dibentuk menjadi empat bola berukuran sama.

7. Ulangi langkah 6 dengan tanah liat biru satunya.

8. Letakkan kedua belas bola kecil menjadi dua baris berdampingan, atur warna dan ukuran bola secara berselang-seling.

9. Ulangi langkah 5.

10. Bandingkan kedua gulungan tanah liat (lihat Gambar).

Hasil Cara Membuat Model Batuan

Hasil percobaan cara membuat model batuan dari dua guiungan tanah liat dengan susunan yang berbeda. Satu gulungan terdiri atas bola-bola tanah liat besar dan guiungan yang kedua terdiri atas bola-bola kecil dan besar.

Mengapa?

Batuan adalah kumpulan satu mineral atau lebih yang saling melekat dengan kuat. Batuan yang dihasilkan melalui pendinginan dan pemadatan batuan cair/magma disebut batuan beku. Magma adalah batuan cair di bawah permukaan bumi pada tempat yang sangat dalam mendingin secara perlahan. Magma dan lava berbeda. Lava adalah batuan cair dari dalam Bumi.

Selama proses pendinginan tersebut, kristal-kristal mineral yang besar terbentuk. Batuan beku yang terbentuk dalam kerak dan berisi kristal besar berbentuk seragam dan saling berhubungan disebut batuan beku intrusi. Tekstur batuan ditentukan oleh ukuran butiran mineralnya (partikel keras). Batuan beku intrusi mempunyai butiran kasar (mempunyai partikel keras dan besar).

Baca Juga:   Cara Membuat Model Gerhana Matahari

Pada percobaan ini, guiungan yang terdiri atas bola tanah liat besar mewakili batuan beku intrusi berbutir kasar. Ada sedikit perbedaan pada proses pembentukan batuan beku porfiri. Seperti jenis batuan beku intrusi yang lain, kristal besar terbentuk dari magma yang mendingin pada tempat yang sangat dalam di bawah permukaan Bumi, akan tetapi pada batuan porfiri, magma didorong ke permukaan sebelum magma sepenuhnya mengeras.

Baca Juga:   Metode Geometris: Teknik Kuno Menentukan Ukuran Bumi

Di permukaan, pendinginan berlangsung cepat, menghasilkan kristal-kristal kecil. Sehingga, batuan beku porfiri berisikan dua atau lebih kristal yang saling bertautan dengan ukuran berbeda. Dapat dikatakan bahwa batuan beku porfiri mempunyai butiran yang berukuran beraneka ragam. Gulungan bola tanah liat kecil dan besar mewakili batuan beku porfiri.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan percobaan cara membuat model batuan sebagai bentuk siklu batu, maka kita melakukan percobaan dengan pendekatan lain.

Lava (batuan cair dari dalam Bumi yang keluar ke permukaan) yang menjadi dingin dengan cepat, menghasilkan batuan berkristal kecil atau tidak berkristal. Batuan beku yang terbentuk karena pendinginan lahar disebut batuan beku ekstrusi. Batuan ekstrusi adalah batuan berbutir halus (mempunyai partikel keras dan sangat kecil) atau mempunyai tekstur seperti kaca (halus/licin). Ulangi percobaan dengan hanya menggunakan bola tanah liat kecil.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img