Minggu, Juli 25, 2021

Cara Membuat Kalender Satu Bulan Lunar

Must Read

Cara membuat kalender satu bulan lunar dengan cara sederhana. Lamanya satu bulan lunar adalah sekitar 291⁄2 hari. Satu bulan lunar memiliki setengah hari diselesaikan dengan memiliki satu bulan dengan 29 hari dan berikutnya dengan 30, diikuti oleh satu dengan 29, dan seterusnya.

Aksiografi.com – Pengamatan pertama para astronom menunjukkan bahwa mereka mengikuti siklus gerak Matahari dan fase Bulan. Fase adalah perubahan yang berulang secara teratur dalam bentuk bagian terang dari benda langit, seperti planet atau Bulan, menghadap Bumi. Satu siklus fase Bulan membutuhkan waktu sekitar 291⁄2 hari. 

Para pengamat awal ini mengetahui bahwa Matahari tampaknya terus berproses ke arah barat pada siang hari, dan bahwa fase Bulan berubah membentuk bulan baru, ketika sisi Bulan yang menghadap ke Bumi tidak sepenuhnya diterangi, menjadi bulan purnama, ketika sisi Bulan menghadap. Bumi sepenuhnya terang, lalu kembali ke bulan baru selama satu siklus. Namun mereka tidak menyadari bahwa peristiwa tersebut adalah akibat dari pergerakan Bumi dan Bulan.

Dengan mencatat, para astronom awal dapat menggunakan gerakan benda-benda langit untuk menjaga waktu. Catatan yang mereka simpan menjadi kalender pertama. Kalender adalah sistem untuk menghitung waktu dengan membaginya menjadi hari, minggu, bulan, dan tahun. 

Satu hari adalah waktu yang dibutuhkan Bumi untuk membuat satu rotasi pada porosnya. Di masa lalu, satu hari adalah periode waktu dari matahari terbit hingga terbenam, tetapi hari ini dari tengah malam hingga tengah malam dan disebut hari matahari. Orang Mesir kuno pada abad keempat SM adalah orang pertama yang diketahui membagi hari menjadi 24 bagian yang sama. Hari ini kami menyebut jam bagian ini .

Satu tahun adalah waktu yang dibutuhkan Bumi untuk berputar (orbit) terhadap Matahari dan disebut tahun matahari atau tahun musiman . Panjang satu tahun matahari sekitar 3651⁄4 hari. Orang-orang kuno tidak menyadari bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari, tetapi periode tahun mereka sekitar 365 hari karena mereka mendasarkannya pada musim. Misalnya, satu tahun dihitung dari satu musim semi ke musim semi berikutnya.

Baca Juga:   Cacing Tanah Tak Punya Mata

Kalender pertama didasarkan pada bulan, yang merupakan waktu dari satu bulan baru ke yang berikutnya. Lamanya satu bulan lunar adalah sekitar 291⁄2 hari. Satu bulan lunar memiliki setengah hari diselesaikan dengan memiliki satu bulan dengan 29 hari dan berikutnya dengan 30, diikuti oleh satu dengan 29, dan seterusnya.

Baca Juga:   Cara Mengukur Gaya Gesek Statis Suatu Benda

Terdapat masalah pada kalender lunar yaitu tidak sesuai dengan tahun matahari. Dua belas bulan lunar adalah sekitar 354 hari, tetapi satu tahun matahari adalah sekitar 365 1⁄4 hari. Artinya, musim semi tidak akan dimulai pada hari yang sama setiap tahun. Seiring waktu, hari pertama musim semi bahkan tidak akan terjadi di musim yang sama.

Tujuan Pembelajaran

Untuk membuat kalender untuk satu bulan lunar.

Bahan-Bahan

selembar kertas ketikan

pena

penggaris

Prosedur

1 . Gunakan kertas, pena, dan penggaris untuk menggambar kalender 5 minggu seperti yang ditunjukkan.

2. Isi tanggal di kalender, dimulai dengan hari Anda mempersiapkan kalender. Kalender mungkin termasuk bagian dari 2 bulan.

tabel kalender

3. Amati bentuk Bulan selama 29 hari. Gambarlah bentuk Bulan untuk setiap hari di kalender. Periksa laporan cuaca di koran atau di televisi untuk mengetahui waktu bulan terbit. Bulan terbit sekitar 50 menit kemudian setiap hari. Selama setengah bulan, Bulan terbit pada siang hari.

Hasil

Anda telah membuat kalender lunar selama satu bulan. Bentuk Bulan yang tampak berubah.

gambar fase bulan

Mengapa?

Perubahan bentuk nyata Bulan disebut fase. Fase terlihat karena Bulan berputar mengelilingi Bumi. Saat berputar, jumlah sisi Bulan yang menghadap Bumi berbeda diterangi oleh Matahari. Selama fase bulan baru, Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Sisi Bulan yang menghadap Matahari diterangi, sehingga sisi yang menghadap Bumi berwarna gelap. Saat Bulan bergerak dalam orbitnya, semakin banyak sisi yang menghadap Bumi yang diterangi.

Beberapa hari setelah bulan baru, sebagian kecil Bulan menyala. Ini terjadi di sisi kanan Bulan di Belahan Bumi Utara , wilayah Bumi di utara ekuator (garis imajiner yang membelah Bumi menjadi dua).

Area terang ini, yang menyerupai segmen cincin dengan ujung runcing, disebut bulan sabit . Seminggu kemudian, separuh sisi kanan yang menghadap Bumi diterangi; fase ini disebut kuartal pertama . Beberapa hari kemudian, lebih dari separuh Bulan diterangi dan disebut bulan bungkuk. Sekitar 2 minggu setelah bulan baru, semua Bulan yang menghadap ke Bumi diterangi dan fase tersebut disebut bulan purnama. Dalam fase dari Bulan baru ke Bulan purnama, Bulan dikatakan mengalami waxing (meningkat jumlahnya). Setelah Bulan purnama, Bulan mengalami fase yang sama secara terbalik dan Bulan dikatakan memudar (berkurang jumlahnya). Fase seperempat dari Bulan yang memudar disebut seperempat ketiga, dan separuh kiri sisi yang menghadap Bumi diterangi.

Baca Juga:   Waktu adalah Panjang Hari dan Zona Waktu

Cobalah Pendekatan Baru

Matahari terbit dan terbenam di tempat berbeda di sepanjang cakrawala (garis melingkar yang membentuk batas pertemuan langit dan Bumi) sepanjang tahun. Tentukan lokasi Matahari yang berubah setiap bulan dengan melihat posisinya di bawah cakrawala tepat setelah matahari terbenam. 

Baca Juga:   Apakah Lemon Mengurangi Bau Amis Ikan?

PERHATIAN : Jangan menatap langsung ke matahari karena dapat merusak mata Anda secara permanen. Untuk menentukan lokasi Matahari, lihat matahari terbenam dari posisi yang sama, seperti dari jendela kamar tidur Anda, pada hari pertama setiap bulan. Anda dapat membuat gambar objek di sepanjang cakrawala sebagai titik referensi. Tanggal setiap gambar dan bandingkan mereka untuk memprediksi di mana Matahari akan terbenam pada hari-hari khusus, seperti ulang tahun Anda.

Anda juga dapat membaca versi bahasa Inggris: How to Construct a Calender for Lunar Month

Referensi

Koppeschaar, Carl. Moon Handbook. Chico, Calif.: Moon Publications, 1995. A guide to the Moon, including lunar calendars, geography of the Moon, and lunar travel.

Moeschl, Richard. Exploring the Sky. Chicago: Chicago Review Press, 1993. Projects and information about calendars and other astronomy topics for beginning astronomers.

VanCleave, Janice. Janice VanCleave’s Solar System. New York: Wiley, 2000. Experiments about the Moon and other solar system topics. Each chapter contains ideas that can be turned into award-winning science fair projects.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img