Cara Membuat Jam Bintang

Cara membuat jam bintang dengan menggunakan posisi Bintang Biduk untuk menyatakan waktu. Bintang Biduk bergerak mengelilingi Polaris, layaknya jarum kecil jam dinding dalam mengukur waktu.

aksiografi.com – Dilihat dari Belahan Bumi Utara, rotasi Bumi membuat bintang-bintang berputar berlawanan dengan arah jarum jam mengelilingi Polaris. Karena Bintang Biduk (Big Dipper) tampak bergerak mengelilingi Polaris, bintang tersebut dapat digunakan selayaknya jarum kecil jam dinding dalam mengukur waktu. “Jam Langit’ raksasa ini bergerak ‘terbalik”, tetapi pencatatan waktunya tetap akurat dan dapat diprediksikan.

Dalam percobaan ini, kita akan membuat sebuah jam bintang yang dapat digunakan untuk menentukan jam di malam yang terang. Kita akan mengamati gugusan Bintang Biduk sepanjang tahun dan menggunakan datamu untuk membuat jam musim. Kita juga akan menemukan bintang mana saja dari gugusan Bintang Biduk yang sirkumpolar jika dilihat dari garis lintang tempat kita berada, begitu juga bintang-bintang sirkumpolar di garis lintang yang sama di Belahan Bumi Selatan. Kita akan mempelajari gerakan empat konstelasi yang ada di dekat Polaris. Konstelasi adalah gugusan bintang yang membentuk sebuah pola. Konstelasi juga menandai bagian tertentu dari kubah angkasa.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam Astronomi ini bertujuan untuk membuat jam bintang dengan menggunakan posisi Bintang Biduk untuk menyatakan waktu.

Bahan-Bahan

  • lem
  • kertas karton putih berukuran 20 x 40 cm
  • gunting
  • paku pines
  • pin

Cara Kerja

1. Fotokopilah potongan-potongan pola Jam Bintang pada Gambar di bawah ini.

2. Lekatkan potongan-potongan pola Jam Bintang ke kertas karton. Setelah lem kering, guntinglah kedua potongan tersebut.

3. Pasangkan kedua potongan tersebut dengan meletakkan lingkaran dengan gambar bintang di atas lingkaran dengan tulisan bulan. Lingkaran bintang itu disebut roda bintang.

4. Gunakan pin untuk membuat sebuah lubang di tengah-tengah setiap lingkaran, kemudian masukkan paku pines menembus lubang untuk melekatkan kedua lingkaran menjadi satu.

5. ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan Jam Bintang.

  • Setelah hari gelap, menghadaplah ke utara. Cari dan temukan Bintang Biduk di atas horizon bagian utara.
  • Pegang Jam Bintang sedemikian rupa sehingga nama bulan ketika kamu melakukan percobaan berada di bagian atas lingkaran.
  • Putar roda bintang sampai garis bentuk Bintang Biduk sejajar dengan posisi Garis Biduk di langit. Perhatikan bahwa semua bintang di Bintang Biduk tidak sirkumpolar di setiap garis lintang.
  • Jam dan tanggal muncul di bagian potongan roda bintang. Dengan menggunakan tanggal pengamatan dan posisi Bintang Biduk, tentukanlah waktunya. Seberapa tepat waktu Jam Bintang dengan waktu jam yang sebenarnya?

Hasil

Praktek cara membuat jam bintang biduk berhasil. Dengan menggunakan Jam Bintang dan lokasi Bintang Biduk, kita dapat menyatakan perkiraan waktu.

Mengapa?

Semua bintang di Bintang Biduk adalah sirkumpolar jika dilihat dari garis lintang kira-kira 45° U dan di atasnya. Bintang-bintang sirkumpolar selalu muncul di atas horizon dan dekat dengan salah satu kutub angkasa. Selama 24 jam, Bintang Biduk muncul berputar berlawanan dengan arah jarum jam mengelilingi Polaris.

Jalur lingkar harian gugusan Bintang Biduk disebut lingkaran diurnal (Diurnal artinya “harian”.) Gerakan tampak ini dihasilkan dari revolusi Bumi pada porosnya. Karena gerakan ini dapat diprediksikan, kamu dapat menggunakan posisi Bintang Biduk untuk memperhitungkan waktu.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek cara membuat jam bintang biduk, selanjutnya kita akan melakukan percobaan dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

Selain konstelasi (gugusan bintang yang membentuk sebuah pola dan menandai bagian khusus dari tempat kubah angkasa) Ursa Mayor (termasuk Bintang Biduk/Big Dipper), tiga konstelasi lain di dekat Polaris yang paling dapat dilihat adalah Cassiopeia, Cepheus, dan Ursa Minor (termasuk Bintang Beruang Kecil/ Little Dipper dan Polaris).

Gunakan cairan penghapus untuk menggambar konstelasi ini di atas Jam Bintangmu, dengan menggunakan Gambar di bawah ini untuk menentukan posisi bintang-bintang terhadap yang lain.

Cara Membuat Jam Bintang

Gunakan Jam Bintang untuk menemukan Bintang Biduk dan Bintang Bemang Kecil serta empat konstelasi lainnya pada berbagai waktu di malam hari.

Selamat Belajar!