Selasa, Desember 7, 2021

Cara Membuat Grafik Persentase Litosfer

Must Read

Cara membuat grafik persentase litosfer bumi dengan cara sederhana. Litosfer Bumi dimulai dari permukaan Bumi sampai kedalaman sekitar 100 km.

aksiografi.com – Bumi terdiri atas materi dalam bentuk padat, cair, atau gas yang masing-masing terdiri atas partikel-partikel kecil yang disebut atom. Materi yang mengandung hanya satu jenis atom disebut unsur, dan gabungan unsur-unsur disebut senyawa. Unsur-unsur dan senyawa-senyawa bisa bercampur membentuk campuran. Unsur, senyawa, dan campuran merupakan bahan dasar pembentuk Bumi.

Dalam percobaan ini, kita akan membuat grafik kue yang menunjukkan persentase unsur-unsur yang berbeda yang terdapat pada tiap-tiap tiga bagian luar Bumi, yaitu litosfer, hidrosfer, dan atmosfer, dan senyawa garam dalam air laut. Kita akan mempelajari bagaimana unsur-unsur bergabung membentuk senyawa dan membuat model daya tarik menarik yang menyatukan senyawa-senyawa. Kita juga akan belajar dan membuat model perubahan fase-fase materi.

Memulai Percobaan

Percobaan ini bertujuan membuat grafik kue untuk menunjukkan zat-zat yang paling banyak terdapat pada litosfer Bumi.

Bahan-Bahan

  • bolpoin atau pensil
  • beberapa lembar kertas ketik
  • jangka
  • penggaris
  • busur derajat yang dasarnya mempunyai panjang 15 cm

Cara Kerja Membuat Grafik Persentase

1. Tulislah judul “Unsur-Unsur Litosfer Bumi” pada bagian atas kertas.

2. Buatlah lingkaran berdiameter 15 cm di bawah judul. Gunakan jangka untuk membuat lingkaran itu.

3. Unsur oksigen banyaknya kira-kira 47% dari seluruh unsur dalam litosfer Bumi. Sebuah grafik kue mempunyai lingkaran penuh sebesar 360°. Jadi, oksigen akan ditunjukkan oleh busur lingkaran yang besarnya sama dengan 47% dari 360°. Gunakan busur derajat untuk menunjukkan jumlah oksigen pada grafik kuemu. Hitunglah dan bulatkan jawabannya ke angka bulat terdekat.

Baca Juga:   Cara Membuat Model 3-D Gunung

Contoh:

x = 47% X 360°

Catatan: Untuk mengubah angka dari bentuk persen ke bentuk bilangan desimal, pindahkan tanda koma desimal dua langkah ke kiri dan hapuskan tanda persennya.

X = 0,47 X 360°

   = 169,2°

   = 169° 4.

4. Untuk menggambar sudut 169° pada lingkaran, pertama kali buatlah garis horizontal dari sisi kiri keliling lingkaran ke pusat lingkaran.

5. Letakkan busur derajat di garis ini dan buat tanda 169° pada pinggir keliling lingkaran setepat mungkin.

 6. Ambil busur derajat dan buat garis dari pusat lingkaran ke tanda 169°. Beri nama daerah grafik kue tersebut “Oksigen 47%”.

7. Unsur silikon menyusun sekitar 28% litosfer Bumi. Hitung sudut busurnya dengan menggunakan rumus hitungan pada langkah 3.

               x = 0,28 X 360°

   = 100,8°

   = 101°

8. Posisikan busur derajat pada garis yang digambar pada langkah 6 untuk oksigen di langkah 6, tandai 101° pada pinggir keliling dan buat garisnya.

9. Beri nama daerah grafik kue ini “Silikon 28%”.

10. Sisa dari litosfer Bumi disusun oleh unsur-unsur lain. Hitunglah persentase unsur-unsur lain dengan menjumlahkan persentase yang sudah diketahui dan mengurangi angka 100% dengan jumlah tersebut.

47% + 28% = 75%

100% – 75% = 25%

11. Selesaikan grafik kue dengan memberi nama daerah yang tersisa “Unsur-unsur Lain 25%”, seperti Gambar berikut.

Cara Membuat Grafik Persentase Litosfer Bumi

Hasil

Percobaan cara membuat grafik persentase pada litosfer bumi menghasilkan sebuah grafik kue yang menunjukkan persentase dua unsur dengan jumlah terbanyak pada litosfer Bumi.

Mengapa?

Litosfer Bumi dimulai dari permukaan Bumi sampai kedalaman sekitar 100 km. Materi adalah setiap zat yang mempunyai massa (jumlah material dalam suatu zat) dan menempati ruang. Materi terdiri atas atom-atom (partikel-partikel terkecil dari suatu unsur yang tetap mempertahankan sifat unsur tersebut), yang mengandung elektron-elektron (partikel-partikel subatom yang bermuatan negatif), protonproton (partikel-partikel subatom yang bermuatan positif), dan netron-netron (partikel-partikel subatom yang tidak bermuatan atau netral).

Baca Juga:   Membuat Model Konsentrasi Energi dari Matahari

Materi yang terdiri atas atom-atom sejenis disebut unsur. Ada 92 unsur yang terjadi secara alami di Bumi. Delapan dari unsur-unsur tersebut menyusun sekitar 98% massa litosfer Bumi. Grafik kue menunjukkan bahwa tiga perempat (75%) litosfer Bumi hanya terdiri atas unsur-unsur oksigen dan silikon. Silikon dan oksigen bergabung dengan atom-atom jenis lain membentuk molekul-molekul (gabungan dari dua atom atau lebih) yang disebut silikat.

Daya tarik-menarik antara atom-atom di dalam sebuah molekul yang membuat atom-atom tetap menyatu disebut ikatan kimia. Materi yang tersusun atas molekul-molekul sejenis disebut senyawa. Silikat adalah zat yang paling umum terdapat pada material bebatuan yang menyusun litosfer Bumi.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan cara membuat grafik persentase litosfer Bumi di atas, cobalah dengan pendekatan baru di bawah ini:

1. Unsur-unsur yang paling banyak terdapat di atmosfer (gas-gas yang menyelimuti Bumi) adalah nitrogen (78%), oksigen (21%) dan unsur-unsur lain (1%). Gunakan persentase ini dan langkah-langkah dari percobaan sebelumnya untuk membuat grafik kue yang menunjukkan unsur-unsur di atmosfer tersebut.

2. Unsur yang paling banyak terdapat di hidrosfer (bagian Bumi yang berair) adalah oksigen (86%) dan hidrogen (11%). Unsur-unsur lain sebesar 3%. Buat grafik kue yang menunjukkan unsur-unsur di hidrosfer.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img