Rabu, Juni 16, 2021

Cara Membandingkan Tekanan Udara

Must Read

Cara membandingkan tekanan udara dalam berbagai arah dengan melakukan pengujian hukum Pascal yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan kepada fluida tertutup, diteruskan sama besar ke segala arah dan ke seluruh bagian dari bejana tertutup.

aksiografi.com – Atmosfer adalah selimut gas di sekeliling Bumi terbentuk dari udara yang merupakan fluida atau zat cair-gas. Atmosfer menyediakan gas-gas yang diperlukan untuk kehidupan tumbuhan dan hewan. Udara memiliki massa dan berat, tetapi tidak memiliki ukuran dan bentuk yang tetap. Udara dapat ditekan, dengan pengertian bahwa partikel-partikel penyusun udara dapat ditekan sehingga saling merapat.

Tekanan adalah gaya yang bekerja pada satu satuan wilayah sebuah permukaan. Besarnya gaya yang dihasilkan dari tubrukan molekul-molekul udara pada atmosfer Bumi pada suatu wilayah disebut tekanan atmosfer. Pada percobaan ini kita akan mempelajari “fluida statis”.

Kata “statis” menunjukkan tidak adanya gerakan, sedangkan fluida adalah bahan berbentuk zat cair atau gas yang dapat mengalir. Jadi, “fluida statis” mempelajari tentang sifat-sifat benda cair dan gas yang berada dalam kondisi diam.

Dalam percobaan ini, kita akan membandingkan tekanan udara dalam berbagai arah di suatu tempat tertentu. Kita akan menentukan hubungan antara tekanan dan kedalaman dalam zat cair statis. Kita juga dapat melakukan pengujian terhadap hukum Pascal yang menyatakan bahwa tekanan yang diberikan kepada fluida tertutup, diteruskan sama besar ke segala arah dan ke seluruh bagian dari bejana tertutup.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Seri
Baca Juga:   Perkecambahan Biji karena Faktor Lingkungan

Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran kali ini dengan bertujuan untuk membandingkan tekanan udara dalam berbagai arah di tempat yang tertentu.

Bahaa-Bahan:

  • 1 buah stoples berukuran 500 ml
  • air keran
  • 1 buah kartu indeks
  • mangkuk besar

Cara Kerja Membandingkan Tekanan Udara

Cara Membandingkan Tekanan Udara

1. Isilah stoples dengan air.

2. Tutuplah mulut stoples dengan kartu.

3. Peganglah stoples di atas mangkuk.

4. Dengan satu tangan di atas kartu, telungkupkanlah stoples tersebut.

5. Lepaskanlah tanganmu dari kartu dengan hati-hati.

6. Pertahankan posisi mulut stoples pada ketinggian yang relatif sama. perlahan-lahan putarlah stoples melalui satu putaran penuh, 360°. sehingga mulut stoples menghadap ke bawah, dan kemudian ke atas. lalu ke bawah lagi.

7. Perhatikan permukaan kartu di atas stoples.

Hasil

Praktek cara membandingkan tekanan udara dalam berbagai arah telah berhasil. Kartu tetap melekat di atas mulut botol setelah melalui seluruh putaran. Bagian kartu yang terletak di atas mulut botol tidak terlihat mengalami perubahan yang berarti pada bentuk cekungannya (membentuk kurva lengkung) setelah melalui seluruh putaran.

Mengapa?

Air yang berada di sekeliling mulut botol membasahi kertas, dan kohesi—daya tarik-menarik antara molekul sejenis—antara molekul air serta adhesi—daya tarik-menarik antara molekul yang tidak sejenis—antara molekul-molekul air dan molekul-molekul kertas’membentuk penyegel. Tetapi, penyegel ini sendiri tidak cukup untuk mengatasi gaya gravitasi.

Baca Juga:   Menguji Keberadaan Karbon Dioksida

Bentuk cekung (kurva lengkung seperti permukaan piring) yang terbentuk pada kartu di atas mulut botol menunjukkan bahwa kartu tersebut ditekan ke dalam botol oleh tekanan ‘lari luar. Gaya tersebut merupakan tekanan atmosfer.

Pada titik tertentu di dalam fluida, misalnya udara dalam atmosfer, tekanan yang dilakukan oleh fluida membentuk sudut siku-siku di setiap titik Pada benda yang terendam. Kartu tersebut tetap berada pada tempatnya di atas mulut botol tak terpengaruh oleh posisinya, memperlihatkan bahwa tekanan udara bekerja pada kartu dari semua arah.

Dengan cara yang sama, pada ketinggian tertentu di atas Bumi, tekanan atmosfer adalah sama pada semua sisi sebuah benda seperti yang ditunjukkan dengan tidak adanya perubahan pada bentuk cekung pada kertas yang menutupi botol.

Baca Juga:   Gaya Apung Menekan ke Atas oleh Fluida

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan praktek cara membandingkan tekanan udara dalam berbagai arah, maka selanjutnya kita akan melakukan pengujian dengan pendekatan baru, sebagai berikut:

1. Apakah ukuran stoples berpengaruh terhadap hasil? Ulangi percobaan menggunakan stoples dengan ukuran yang berbeda tetapi dengan ukuran mulut yang sama seperti ukuran mulut stoples pada percobaan sebelumnya.

2. Apakah ukuran mulut stoples berpengaruh terhadap hasil? Ulangi percobaan dengan menggunakan stoples yang ukurannya sama tetapi dengan ukuran mulut stoples yang berbeda.

Selamat Belajar!

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img