Rabu, Juni 16, 2021

Cara Kerja Sistem Pengangkutan dalam Tanaman

Must Read

Cara kerja sistem pengangkutan dalam pembuluh tanaman sangat teratur. Sel-sel tanaman harus menerima air, unsur hara, oksigen, makanan dan membuang zat-zat yang tidak berguna (seperti CO₂).

aksiografi.com – Pertumbuhan tanaman sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitarnya bagaimana biji berkecambah. Sel-sel tanaman harus menerima air, unsur hara, oksigen, makanan dan membuang zat-zat yang tidak berguna (seperti CO₂). Di dalam pembuluh tanaman, pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem), jaringan-jaringan kecil seperti tabung, mengangkut bahan-bahan ke seluruh bagian tanaman.

Dalam percobaan ini, kamu akan menunjukkan bagaimana larutan bergerak melewati pembuluh tanaman yang mempunyai berkas fibrovaskular yang terdiri atas pembuluh kayu, pembuluh tapis, dan serat-serat pendukung. Kamu juga akan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi laju translokasi, seperti adanya daun-daun, cahaya, dan kelembapan.

Memulai Percobaan

Percobaan ini bertujuan untuk menunjukkan pengangkutan larutan melewati sistem pembuluh tanaman.

Bahan-Bahan

  • 1 gelas minum yang jernih
  • air
  • pewarna makanan merah
  • pisau
  • 2 batang seledri segar dengan daun-daun (lebih baik batang yang pucat)

Cara Kerja

1. Isi gelas dengan air, kira-kira seperempat bagian.

2. Tambahkan pewarna makanan secukupnya untuk membuat air digelas berwarna merah.

3. Gunakan pisau untuk memotong melintang bagian bawah batang seledri.

4. Masukkan batang seledri di dalam gelas yang berisi air berwarna merah.

5. Amati dan catat kenampakan batang setiap jam selama tiga jam pertama. Buatlah beberapa pengamatan tambahan sesering mungkin selama 12 jam pertama. Pastikan mencatat waktu setiap pengamatan, dimulai dengan nol dan penandaan sejumlah waktu yang dilalui di antara setiap pengamatan. Berikut gambar-gambar sebagai bagian deskripsi (lihat contoh tabel Gambar berikut).

Cara Kerja Sistem Pengangkutan

6. Setelah 12 jam, keluarkan satu batang seledri dari gelas.

Baca Juga:   Apakah Gravitasi Mempengaruhi Tanaman?
Baca Juga:   Pengaruh Matahari atas Warna Daun

7. Amati dan catat kenampakan bagian luar batang seledri.

8. Gunakan pisau untuk memotong potongan-potongan melintang batang. Ambil bagian-bagian dengan ukuran 2,5 cm dari bagian bawah, tengah dan atas batang. Amati dan catat kenampakan potongan-potongan tersebut.

9. Setelah 24 jam, amati bagian luar batang yang masih tetap di dalam air berwarna merah.

10. Potong batang ini menjadi tiga bagian seperti Langkah 8. Amati dan catat kenampakannya.

Hasil

Selama tiga jam pertama, wama merah muda dapat dilihat menaiki batang. Setelah 12 jam, daun-daun berwarna kemerahan dan potongan-potongan yang diambil dari batang memperlihatkan titik-titik merah kecil di sekitar tepi luar. Setelah 24 jam daun memperlihatkan wama lebih merah, tetapi potongan-potongan batang tampak sama.

Mengapa?

Tanaman berpembuluh (vascular) adalah tanaman yang mempunyai jaringan khusus untuk mengangkut makanan, mineral, dan air (sistem yang disebut translokasi). Jaringan pembuluh ini terdiri atas berkas-berkas tabung. Tabung pembuluh tapis mengangkut makanan yang dibuat di daun ke bagian-bagian tanaman lainnya. Gerakan air dari akar ke daun melewati tabung-tabung pembuluh kayu. Gerakan air ke atas ini yang berlawanan dengan daya tarik gravitasi merupakan hasil dari kegiatan kapiler dan transpirasi.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Seri

Gerakan kapiler adalah naiknya larutan dalam tabung kecil karena daya adhesi dan kohesi. Adhesi adalah daya tarik-menarik antara molekulmolekul tak sejenis seperti tarik-menarik antara molekul air dengan dinding tabung pembuluh kayu. Kohesi adalah daya tarik-menarik antara molekulmolekul sejenis seperti daya tarik-menarik antara molekul-molekul air dengan sesamanya. Daya tarik-menarik antara molekul-molekul air dengan dinding tabung menggerakkan air menaiki dinding tabung. Molekul-molekul air yang melekat pada tabung kemudian menarik air di bawahnya menaiki bagian tengah tabung.

Baca Juga:   Cara Menghitung Waktu Reaksimu atas Rangsangan

Transpirasi adalah penguapan air melalui pori-pori daun yang disebut stomata. Ketika air menguap dari tanaman, akar menarik molekul-molekul air memasuki tanaman, sehingga aliran air terus-menerus memasuki akar dan naik di dalam pembuluh kayu, dengan membawa unsur-unsur hara yang terlarut dalam air ke tanaman. Gerakan ini dibuktikan dengan semakin ttieningkatnya wama merah pada daun.

Cobalah Pendekatan Baru

Akankah air naik dalam batang seledri tanpa daun? Hilangkan semua daun dari dua batang seledri, dan menggunakannya untuk mengulangi percobaan. Gunakan pisau untuk memotong melintang bagian atas dan bawah setiap batang. Amati bagian atas batang.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img