Berapa Waktu Diperlukan Meniru Bayangan Cermin

Must Read

Berapa waktu diperlukan untuk meniru pola bayangan dalam cermin adalah tujuan pembelajaran pada sesi ini. Belajar merupakan suatu respon terhadap suatu rangsangan tertentu atau terhadap suatu hadiah.

aksiografi.com – Ketika dihadapkan pada beberapa pilihan, hewan dengan sistem saraf simetris secara bilateral dapat belajar untuk membuat pilihan tetap. Kadang-kadang, belajar merupakan suatu respon terhadap suatu rangsangan tertentu atau terhadap suatu hadiah. Selain itu, belajar muncul melalui dorongan pembiasaan, coba-coba, atau wawasan.

Dalam percobaan ini, kita akan mempelajari kemampuan manusia untuk belajar melalui pembiasaan dan coba-coba dan juga melalui wawasan. Kemampuan tikus dan serangga untuk belajar adalah sebagai hasil dari pelaziman operan. Pelaziman operan adalah belajar sebagai hasil dari menerima timbal balik untuk tingkah laku yang diinginkan. Kita juga akan melihat faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi ingatan dan laju belajar, seperti latihan dan selingan.

Tujuan Pembelajaran

Berapa Waktu Diperlukan

Percobaan ini bertujuan untuk menentukan waktu yang diperlukan seseorang untuk meniru pola bayangan pada cermin.

Bahan-Bahan

  • kardus berukuran 50 x 61 90 cm
  • cutter
  • kaca berukuran 60 x 40 cm
  • isolasi pipa
  • pena yang berujung runcing
  • 10 lembar kertas penguji (Buatlah gambar sendiri. Lihat Gambar di samping)
  • 10 orang untuk diuji
  • penghitung waktu

Cara Kerja

1. Buatlah sebuah kotak kardus penguji dengan cermin (lihat Gambar di samping). Catatan: Ukuran kotak kardus dengan kaca tidak harus sama. Kamu memerlukan sebuah kotak kardus dan kaca yang cukup besar sehingga setiap orang yang kamu uji bisa melihat pola bayangan pada cermin dan bisa memasukkan tangannya ke dalam kotak untuk menjiplak bayangan tersebut. Berikut ini adalah cara kerja yang dilakukan penulis ketika membuat kotak penguji dengan bahan-bahan yang terdaftar di atas.

  • Buatlah sebuah celah sepanjang 50 cm dengan menggunakan cutter pada dinding depan kotak kardus kira-kira 10 cm dari atas, memotong bagian tengah kotak.
  • Buatlah sebuah celah sepanjang 50 cm dengan menggunakan cutter pada bagian belakang kotak kardus kira-kira 43 cm dari atas.
  • Hadapkan cermin ke bawah dan masukkan ke dalam celah yang ada di bagian depan dan bagian belakang kotak kardus.
  • Gunakanlah isolasi untuk menguatkan pinggir cermin pada kotak kardus.
  • Potonglah sebuah persegi dengan sisi-sisi berukuran 40 x 40 cm pada bagian depan kotak kardus. Pastikan lubang yang kamu buat berada di tengah dan sisi bagian atasnya kira-kira 10 cm di bawah pinggir kaca (lihat Gambar A di atas).
  • Buatlah potongan dengan ukuran 10 x 30 cm pada bagian depan bawah kotak kardus (lihat Gambar di atas).
  • Supaya sinar dapat masuk ke dalam kotak kardus, buatlah potongan sebuah persegi dengan sisi-sisi yang berukuran 30 cm pada kedua samping kotak kardus kira-kira 10 cm dari dasar kotak kardus (lihat Gambar C di atas).

2. Letakkan kotak penguji tersebut di atas meja.

3. Letakkan pena dan selembar kertas penguji ke dalam kotak (lihat Gambar berikut).

Berapa Waktu Diperlukan

4. Mintalah orang yang akan kamu uji duduk di kursi yang menghadap ke bagian depan kotak penguji.

5. Bacakanlah petunjuk-petunjuk berikut ini pada setiap orang yang kamu uji.

  • Ikutilah petunjuk yang saya bacakan untukmu.
  • Masukkan tanganmu ke dalam lubang yang ada di dasar kotak.
  • Lihatlah pada cermin melalui bagian terbuka yang ada di tengah kotak.
  • Tugas yang harus kamu lakukan adalah dengan menggunakan pena untuk menggambar garis pada bagian tengah pola gambar tanpa keluar dari pola gambar. Ketika saya berkata “Siap … mulai,” kamu akan mulai menggambar dan saya akan menghidupkan penghitung waktunya. Ketika kamu berkata “Selesai,” saya akan menghentikan penghitung waktunya.
  • Letakkan ujung pena pada kata “Mulai” pada kertas.
  • Siap.
  • Mulai.

Hasil

Waktu yang diperlukan setiap orang yang diuji beragam.

Mengapa?

Orang-orang yang diuji belajar untuk meniru pola bayangan pada cermin dengan sebuah metode yang disebut respon wawasan atau respon “aha!” Respon wawasan adalah respon yang benar-benar baru tetapi tergantung pada respon-respon yang telah dipelajari sebelumnya yang digabung menjadi cara baru. Semakin cepat orang yang diuji mengamati bayangan yang terbalik pada kaca, semakin cepat dia menyelesaikan tugasnya.

Cobalah Pendekatan Baru

1. Dapatkah seseorang yang diuji memperbaiki waktunya dengan latihan? Untuk menentukan apakah sejumlah latihan akan mempengaruhi hasil, berikanlah latihan pada setiap orang dengan jumlah yang berbeda — dari 1 kali sampai 10 kali latihan. Mintalah orang-orang yang kamu uji untuk berlatih kemudian mengulangi percobaan.

Petunjuk untuk Lomba dan Pameran Sains

Siapkanlah kurva latihan untuk setiap orang. Gunakanlah sumbu untuk waktu yang diperlukan dan sumbu x untuk jumlah latihan yang dilakukan (lihat Gambar berikut).

Berapa Waktu Diperlukan

2. Apakah pengalihan perhatian atau gangguan berpengaruh pada waktu yang diperlukan? Ulangilah percobaan dengan menggunakan 10 orang yang berbeda. Selama periode waktu itu, gunakanlah gangguan yang sama untuk setiap orang, seperti menghidupkan radio atau meminta seseorang untuk berbicara pada orang yang sedang diuji.

3. Apakah menyelingi waktu latihan akan mempengaruhi waktu yang diperlukan orang yang diuji? Ulangilah percobaan pada 10 orang yang berbeda. Mintalah semua orang untuk berlatih dengan jumlah waktu yang sama. Bagilah orang menjadi dua kelompok. Mintalah kelompok yang pertama berlatih hanya dalam satu kali latihan. Mintalah kelompok yang kedua untuk berlatih selama beberapa hari. Setelah latihan, ulangilah percobaaan.

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img