Bagaimana Pengaruh Air pada Tekanan Turgor

Bagaimana pengaruh air pada tekanan turgor terhadap membran sel hewan? Percobaan sains ini akan menunjukkan hasilnya.

aksiografi.com – Kekakuan batang, akar, dan daun tanaman karena adanya air di dalam sel. Tanaman memperlihatkan turgor apabila dapat tegak berdiri dan kembali ke posisi semula setelah dibengkokkan.

Kekakuan ini adalah hasil kekuatan setiap sel yang terisi air. Pada postingan lain pada kategori Sekolah Alam telah membahas homeostasis sel adalah suatu keadaan statis dimana kelangsungan hidup sel bergantung pada kemampuannya untuk mencapai keadaan itu.

Dalam percobaan ini, kita akan mengetahui perubahan-perubahan tekanan turgor dalam tanaman sebagai hasil peningkatan dan pengurangan konsentrasi air dalam sebuah sel tanaman. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan air di dalam sel, seperti beragamnya jenis sel, suhu, dan permeabilitas membran sel akan ditentukan. Kamu juga akan mempelajari pengaruh-pengaruh tekanan turgor pada pergerakan tanaman.

Memulai Percobaan

Percobaan ini bertujuan untuk mempertunjukkan pengaruh-pengaruh tekanan turgor pada membran sel hewan.

Bahan-Bahan

  • stoples
  • lemari es
  • cuka putih
  • gelas ukur (250 ml)
  • telur mentah
  • air suling

Perhatian: Selalu cuci tanganmu setelah menyentuh telur mentah. Telur mentah mungkin mengandung bakteri yang berbahaya.

Cara Kerja

1. Isilah stoples dengan cuka.

2. Tegakkan telur dalam stoples yang berisi cuka dengan ujung telur yang runcing di bawah permukaan cuka (lihat Gambar).

Bagaimana Pengaruh Air pada Tekanan Turgor

3. Letakkan stoples dan telur di lemari es untuk mencegah kerusakan telur.

4. Setelah 24 jam, ambillah telur dan buanglah cuka.

5. Dengan hati-hati letakkan telur ke dalam gelas ukur tanpa memecahkan cangkang telur.

6. Isi gelas dengan air suling.

7. Letakkan gelas di lemari es.

8. Amati telur selama 7 hari.

Hasil

Hasil pengujian bagaimana pengaruh air pada tekanan turgor terhadap membran sel hewan berhasil. Membran yang terkena cuka menjadi besar dan akhirnya pecah. Retakkan cangkang dimulai dari bagian tepi membran yang terkena cuka kemudian meluas melintang telur (lihat Gambar).

Bagaimana Pengaruh Air pada Tekanan Turgor

Mengapa?

Telur adalah sel tunggal yang dikelilingi oleh membran sel. Membran ini—membran cangkang—mengelilingi dan mengendalikan lewatnya bahan-bahan ke dalam dan ke luar telur.

Membran yang selektif terhadap bahan-bahan yang lewat disebut membran semipermeabel. Pori-pori membran cukup besar untuk membiarkan molekul-molekul air lewat dengan mudah, tetapi membran tersebut cukup kecil untuk dilewati molekul-molekul yang lebih besar seperti lemak dan protein. Gerakan air melewati sebuah membran sel disebut osmosis dan terjadi bila ada perbedaan konsentrasi air pada kedua sisi membran.

Membran cangkang yang membesar akan pecah bila diletakkan dalam larutan hipotonik (sebuah cairan dengan konsentrasi air yang lebih tinggi daripada konsentrasi air dari cairan sekitarnya). Air dalam gelas (100% air) adalah hipotonik terhadap zat cair telur.

Lebih banyak air masuk ke dalam telur melewati membran, menyebabkan sel dipenuhi oleh kelebihan molekul, sehingga tekanannya meningkat. Tekanan yang disebabkan oleh air berlebihan disebut tekanan turgor. Apabila kandungan zat cair dalam telur terus meningkat, tekanan perluasan membran cangkang memecahkan cangkang telur yang keras. Membran cangkang yang tipis akan mengembang membentuk tonjolan dan akhirnya pecah. Itulah salah satu cara bagaimana pengaruh air pada tekanan turgor.

Cobalah Pendekatan Baru

Setelah melakukan pengujian bagaimana pengaruh air pada tekanan turgor terhadap membran sel hewan, maka kita akan melakukan pengujian dengan pendekatan baru di bawah ini.

Bagaimana hasilnya berubah, bila telur diietakkan di dalam larutan hipertonik (larutan dengan konsentrasi air lebih rendah daripada konsentrasi air dari cairan sekitarnya)? Ulangi percobaan dengan mengganti air suling dengan larutan garam yang dibuat dari 250 ml air dan 1 sendok makan (15 ml) garam meja (sodium klorida).

Petunjuk untuk Lomba dan Pameran Sains

Gunakan sebuah tabel data untuk mencatat deskripsi tertulis dan gambar pengamatan telur-telur yang diietakkan dalam larutan hipertonik dan hipotonik.

Setelah Anda melakukan percobaan dengan pendekatan baru, sampaikanlah hasil uji coba Anda pada kolom komentar di bawah. Berbagilah dengan teman-temanmu, sampaikan hasil uji cobamu sebelum Anda perlombakan di pameran sains. Jika berkenan, tulislah lalu kirim ke email aksiografi.com agar dapat dimuat di laman Sekolah Alam.

Selamat Belajar!