Minggu, Juli 25, 2021

Arah Pertumbuhan Akar, Batang, dan Daun

Must Read

Arah pertumbuhan akar, batang, dan daun tanaman memanjang ke arah sumber cahaya, salah satunya. Faktor-Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan seperti suhu, cahaya, dan jenis tanaman.

aksiografi.com – Setiap tanaman mengalami pertumbuhan berdasarkan faktor lingkungan sekitarnya. Tanaman memiliki sel-sel Sel-sel yang menerima air, unsur hara, oksigen, makanan dan membuang zat-zat yang tidak berguna (seperti CO₂). Di dalam pembuluh tanaman, pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem), jaringan-jaringan kecil seperti tabung, mengangkut bahan-bahan ke seluruh bagian tanaman. Sistem ini adalah sistem pengangkutan dalam pembuluh tanaman.

Setiap tanaman memiliki hormon tertentu sebagai auksin. Auksin inilah yang bertanggung jawab terhadap tanggapan banyak tanaman. Auksin mempengaruhi pertumbuhan mata tunas, batang, daun, dan akar. Tunas yang keluar akan mendominasi pucuk.

Semua bagian tanaman tumbuh. Batang dan akar memanjang ke arah sumber cahaya, suhu, dan lingkungan (atas dan bawah, secara berurutan). Batang dan akar juga bertambah diameternya, dan daun-daun bertambah luas permukaannya.

Dalam percobaan ini, kamu akan mempunyai kesempatan untuk mengamati arah pertumbuhan akar, batang, dan daun. Kamu juga akan menentukan setiap pertumbuhan baru dari akar, batang dan daun. Kita akan menentukan titik pertumbuhan akar, batang, dan daun. Kamu juga akan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, seperti suhu, cahaya, dan jenis tanaman.

Tujuan Pembelajaran

Percobaan ini bertujuan untuk mengamati perpanjangan batang tanaman dikotil (tanaman yang mempunyai biji berkeping belah) dan untuk menentukan, apakah seluruh bagian batang bersifat vegetatif.

Bahan-Bahan

3 gelas kertas berukuran 210 ml

tanah

penggaris

12 butir biji buncis

air

spidol

pensil

Cara Kerja Arah Pertumbuhan Akar

1. Isilah setiap gelas kertas dengan tanah sampai 2,5 cm dari atas.

2. Gunakan pensil untuk membuat 4-6 lubang di dekat bagian bawah setiap gelas.

Baca Juga:   Menguji Keberadaan Gas Oksigen

3. Letakkan 4 biji buncis pada permukaan tanah dalam setiap gelas.

Baca Juga:   Cara Menghitung Sampling Acak dalam Ekosistem Terbuka

4. Tutup biji buncis dengan tanah, kira-kira 2,5 cm.

5. Basahi tanah dengan air.

6. Biarkan biji-biji berkecambah dan tumbuh mencapai kira-kira 15 cm di atas permukaan gelas. Perhatian: Keadaan ini membutuhkan 5-7 hari.

7. Gunakan spidol untuk membuat garis melintang batang setiap tanaman dengan batas ketinggian setinggi bibir gelas. Gunakan garis ini sebagai garis permulaan.

8. Tandai setiap batang dengan spidol antara kotiledon (bagian biji yang mengandung cadangan makanan untuk embrio/bakal tanaman) atau daun biji, dan garis awal yang membagi bagian tersebut menjadi tiga bagian yang sama panjang (lihat Gambar 11.1).

9. Tandai setiap batang dengan spidol antara kotiledon dan daun sebenarnya yang membagi bagian tersebut menjadi tiga bagian yang sama panjang.

10. Beri angka setiap bagian dengan angka 1 sampai 6 mulai dari atas seperti Gambar di bawah ini.

11. Ukurlah dan catatlah panjang setiap bagian.

12. Pada waktu yang sama setiap 7 hari, ukurlah dan catatlah panjang setiap bagian sekali lagi.

Hasil Pertumbuhan Akar

Tanaman yang penulis tanam menunjukkan pemanjangan paling besar terdapat pada bagian dengan nomor 1, hanya berbeda sedikit pada bagian 2, dan tidak ada perubahan pada bagian di bawahnya yang bertanda angka 3 sampai 6.

Bagaimana Penjelasannya?

Pemanjangan batang tanaman terutama terjadi di bagian meristem. Meristem adalah istilah dari kata Yunani meristos, yang berarti “terbelah”. Bagian apikal/pucuk batang (dekat ujung) mempunyai sel-sel meristem (sel-sel yang membelah). Pembelahan sel terjadi melalui proses mitosis. Dalam mitosis, bagian-bagian sel memperbanyak dirinya sendiri dan kemudian membelah menjadi dua sel yang terpisah. Proses pembelahan dan perbanyakan terjadi dalam sel-sel meristem. Saat batang tumbuh, sejumlah kecil sel meristem tertinggal dan pada titik-titik ini cabang-cabang dan daun-daun berkembang.

Baca Juga:   Cara Menghitung Waktu Reaksimu atas Rangsangan

Cobalah Pendekatan Baru

1. Apakah laju pertumbuhan meristem berubah selama periode waktu yang berbeda sepanjang hari? Ulangi percobaan hanya menggunakan bagian-bagian batang di atas kotiledon. Ukurlah bagian ini pada selang waktu 2 jam sepanjang hari, dimulai pagi. Siapkan sebuah tabel data hasil sebagai berikut.

2. Apakah lama penyinaran mempengaruhi laju pertumbuhan meristem? Fotoperiodisme adalah perkembangan organisme yang tergantung pada lama hari terang dan hari gelap. Ujilah pengaruh adanya cahaya dengan mengulangi percobaan semula dengan menggunakan tiga kelompok tanaman uji. Usahakanlah yang berbeda adalah jumlah cahaya yang diterima oleh setiap kelompok. Letakkan kelompok 1 dekat jendela untuk menerima cahaya matahari, kelompok ke-2 di bawah cahaya buatan selama 24 jam setiap hari, dan kelompok ke-3 di ruang gelap. Ukurlah tanaman setiap hari.

Baca Juga:   Bekas Cacing sebagai Pupuk Organik Terbaik

3. Apakah panjang ujung batang yang secara nyata terlibat dalam proses berbeda pada berbagai jenis tanaman? Ulangi percobaan semula dengan menggunakan bibit dari tanaman yang berbeda. Bagilah bagian batang di atas daun-daun kotiledon menjadi 6 bagian agar perbandingan panjang pertumbuhan ujung dari setiap jenis tanaman menjadi lebih baik.

Petunjuk untuk Lomba dan Pameran Sains

Gunakan gambar untuk menunjukkan perubahan-perubahan panjang setiap bagian sebagai bagian dari pameran.

4. Apakah suhu mempengaruhi pertumbuhan sel-sel meristem? Ulangi percobaan semula untuk menyiapkan tiga tanaman untuk dipelajari. Rancanglah sebuah cara sehingga kondisi pertumbuhan (air, cahaya, unsur hara, dan lain-lain) untuk setiap tanaman sama kecuali suhu. Kamu dapat membuat rumah plastik mini dengan menggunakan es batu untuk mendinginkan satu rumah plastik, menggunakan sinar matahari langsung untuk menghangatkan, dan menggunakan tempat yang ternaungi sehingga memperoleh sinar matahari tidak langsung.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img