Apakah Molekul Air Bergerak

Apakah molekul air bergerak terus? Dalam Ilmu Bumi, air terus menerus bergerak melakukan sirkulasi yang disebut dengan daur hidrologi. Apakah itu juga terjadi dalam skala mikro pada molekul air? Ikuti petunjuk Sekolah Alam ini.

aksiografi.com – Air memang unik, memiliki reaksi kimia yang berbeda dengan molekul lainnya. Molekul air memiliki daya tarik kohesi sehingga saling berhubungan erat.

Dalam Ilmu Bumi, air terus menerus bergerak melakukan sirkulasi yang disebut dengan daur hidrologi. Namun berbeda pendekatannya dalam Ilmu Kimia khusus pada materi molekul air, kita akan mencoba mencari tahu pergerakan molekul air. Apakah air juga bergerak terus menerus ataukah cenderung diam.  

Pada percobaan ini, kita akan mempelajari bagaimana molekul air bergerak. Kita juga akan mempelajari apakah pengaruh pergerakan air jika diberi tambahan garam. Kita juga akan mempelajari apa itu laju difusi.

Tujuan Pembelajaran

Apakah molekul air terus bergerak?

Bahan-Bahan

1 cangkir (250 ml) gelas ukur

air

¼ sendok teh (1 ml) garam

sendok

pewarna makanan hijau

gelas minum bening, sekitar 8 ons (250 ml)

kartu indeks

Cara Kerja

1. Takar ¼ gelas (60 ml) air ke dalam gelas ukur.

2. Tambahkan garam ke dalam air, dan aduk sampai garam larut.

3. Aduk tetes pewarna makanan hijau ke dalam air asin sampai berwarna hijau tua.

4. Isi seperempat gelas minum dengan air biasa.

5. Miringkan gelas ke samping, dan tuangkan perlahan-lahan air garam hijau ke bawah.

Apakah Molekul Air Bergerak

6. Tutupi bagian atas kaca dengan kartu indeks untuk melindungi isinya.

Apakah Molekul Air Bergerak

7. Letakkan kaca di tempat yang tidak akan mengganggu selama dua hari.

8. Amati gelas sesering mungkin selama dua hari. Catat waktu dan hasil setiap observasi.

Hasil

Air asin hijau mengendap di dasar gelas dan air jernih mengapung di atasnya dengan pembagian yang pasti antara dua lapisan. Setelah sekitar satu jam, lapisan hijau pucat muncul tepat di atas lapisan hijau tua air asin. Pita ini terus melebar seiring berjalannya waktu. Setelah 48 jam, semua cairan di dalam gelas menjadi satu warna, hijau.

Mengapa?

Air asin berwarna hijau mengapung di bawah air jernih karena air asin lebih berat dari air jernih. Seiring waktu, batas pasti antara dua lapisan cairan menjadi kurang jelas karena cairan bercampur. Pencampuran ini disebabkan oleh gerakan konstan molekul air dalam cairan. Sebagian air murni pindah ke air asin hijau, dan sebagian air asin pindah ke air murni. Saat gelas berdiri cukup lama, kedua cairan menjadi tercampur sempurna. Pencampuran molekul karena gerakan molekul disebut difusi.

Cobalah Pendekatan Baru

1. Apakah jumlah garam mempengaruhi laju difusi, kecepatan pencampuran cairan? Ulangi percobaan menggunakan ukuran garam yang berbeda. Beri label pada wadah terpisah. Mengamati, dan mencatat waktu dan hasil setiap observasi.

Apakah Molekul Air Bergerak

2. Apakah molekul air bergerak dari atas lapisan air jernih ke bawah? Untuk mendemonstrasikan fakta bahwa molekul air dari lapisan atas dan bawah bergerak, warnai setiap lapisan dengan warna yang berbeda.

Petunjuk Pameran Sains

1. Gunakan foto dan / atau diagram untuk membantu dalam mendeskripsikan hasil.

2. Diagram berwarna dapat digunakan untuk mewakili hasil pada periode waktu yang berbeda, dan diagram ini dapat menjadi bagian dari tampilan proyek.

Rancanglah Percobaanmu Sendiri

1. Apakah molekul gas berdifusi? Buka sebotol parfum. Letakkan di sudut ruangan. Catat waktu yang dibutuhkan agar aroma mencapai berbagai jarak dari botol. Ratakan tempat empat pembantu di depan botol parfum yang terbuka. Pembantu pertama harus memegang botol di tangannya. Minta asisten mengangkat satu tangan segera setelah mereka mencium bau parfum. Ambil gambar kelompok saat masing-masing tangan diangkat. Tampilkan gambar dan waktu pengambilan.

2. Apakah difusi itu? Berikan lebih dari sekedar definisi istilah. Amati dan temukan contoh umum difusi di dunia sekitar Anda seperti:

• Anda tahu apa yang sedang dimasak di dapur saat Anda memasuki pintu depan rumah Anda.

• Anda dapat mencium aroma parfum seseorang di dalam ruangan bahkan setelah dia meninggalkan ruangan.

• Pupuk padat ditempatkan di tanah dekat batang tanaman. Gambar dan diagram yang mewakili ini dan contoh lain dari difusi membuat tampilan proyek bagus.

Cek Faktanya

Apakah difusi terjadi pada benda padat? Akankah molekul dari dua benda padat yang berada dalam kontak dekat berdifusi? Jika ada difusi antara zat padat, bagaimana laju difusi zat padat dibandingkan dengan cairan dan gas? Cantumkan jawaban atas pertanyaan serta fakta lain tentang difusi dalam laporan proyek.

Selamat Belajar!