Apakah Lemon Mengurangi Bau

Apakah lemon mengurangi bau amis ikan? Bau amis ikan berasal dari amina yaitu bahan kimia organik yang berhubungan dengan daging yang membusuk. Amina adalah basa, dan jus lemon adalah asam.

aksiografi.com – Materi adalah sesuatu yang membutuhkan mang dan memiliki berat. Materi terbuat dari partikel-partikel tunggal yang kecil, atau molekul-molekul yang terpisah satu dengan lainnya dan senantiasa bergerak.

Pada percobaan ini kita akan meneliti gerakan molekul dari benda saat kita menentukan mengapa seekor ikan berbau amis, dan apa pengaruh jus lemon sehingga bisa mengurangi bau amis tersebut. Kita juga akan meneliti pengaruh suhu terhadap gerakan molekul dan perbedaan dalam gerakan molekul di antara fase-fase benda yang berbeda, dan kita akan melakukan percobaan dengan cairan “non-Newton“.

Tujuan Pembelajaran

Praktek Sekolah Alam Kimia ini bertujuan untuk menentukan apakah jus lemon mengurangi bau amis ikan.

Bahan-Bahan

  • 3 gelas
  • air
  • 3 potong ikan mentah berukuran sekitar 5 cm
  • 4 sendok makan (60 ml) jus lemon
  • selendang gelap (cukup lebar untuk menutup mata)
  • sendok
  • asisten (sebanyak mungkin)
  • spidol
  • tiga garpu
  • stiker label

Cara Kerja

1. Isi dua cangkir dengan air dingin sampai setengahnya.

2. Tambahkan 4 sendok makan (60 ml) jus lemon ke dalam salah satu gelas, dan aduk.

3. Dengan spidol, tulis “Udara,” “Air,” dan “Lemon” di atas stiker label dan tempelkan pada masing-masing gelas yang sesuai.

4. Tempatkan sepotong ikan ke dalam setiap gelas.

5. Biarkan ikan dalam gelas selama 15 menit.

6. Tutup mata seorang asisten dengan selendang.

7. Gunakan satu garpu untuk mengangkat ikan dari larutan jus lemon dan air.

8. Angkat ikan yang telah direndam dalam lemon sampai dekat, tetapi tidak menyentuh hidung sang asisten yang telah ditutupi matanya.

9. Minta asisten untuk membaui ikan dan mengingat baunya.

10. Ulangi lagi prosedumya dua kali dengan asisten yang sama untuk membaui potongan ikan lainnya. Pertama dengan ikan yang direndam dalam air, kemudian ikan yang tidak direndam. Gunakan garpu yang berbeda untuk setiap potong.

11. Minta asistenmu untuk membandingkan bau dari tiga potong ikan tadi (lihat Gambar di bawah).

12. Ulangi selumh prosedur untuk masing-masing asisten.

Apakah Lemon Mengurangi Bau

Hasil

Ikan yang tidak dicelup cairan memiliki bau yang paling kuat. Ikan yang direndam dalam air berkurang baunya, dan ikan yang direndam dalam lemon paling lemah baunya.

Mengapa?

Olfaksi (indera pembau) adalah respon dari kemoreseptor (saraf indera) terhadap gas yang masuk ke lubang hidung. Sebuah bahan memiliki bau hanya jika bahan tersebut mengeluarkan molekul gas. Tingkat atau intensitas bau disebabkan oleh konsentrasi gas yang masuk lubang hidung.

Bau yang khusus disebabkan oleh sifat kimia dari molekul gas. Molekul gas memiliki energi translasional (energi yang berhubungan dengan molekul gas saat molekul tersebut bergerak segaris dari satu titik ke titik lain). Gas yang menyebar sendiri karena energi translasional dikenal sebagai difusi.

Bau amis ikan berasal dari amina (bahan kimia organik yang berhubungan dengan daging yang membusuk). Dalam gelas yang berisi udara, molekul amina dapat melepaskan diri dari ikan dan menyebar melalui mang sekitar molekul udara. Meningkatnya konsentrasi molekul-molekul amina di udara menghasilkan bau ikan yang tajam.

Ikan yang dicelup dalam air baunya berkurang karena air yang merendam ikan membatasi gerakan gas amina ke udara dan beberapa molekul gas juga larut dalam air. Jadi, konsentrasi gas berbau amis ikan di udara berkurang. Ikan yang direndam dalam jus lemon paling lemah bau amisnya karena banyak molekul-molekul amina diubah secara kimia sebelum molekul amina menguap.

Amina adalah basa, dan jus lemon adalah asam. Seperti semua basa, amina bercampur dengan asam membentuk garam. Dalam reaksi ini, garam yang dihasilkan tidak mengeluarkan gas yang berbau sehingga amina yang berbau amis secara kimia teratasi dengan penambahan jus lemon.

Cobalah Pendekatan Baru

Apakah suhu memengaruhi difusi uap amina? Ulangi percobaan tersebut dua kali, pertama dengan meletakkan gelas dalam air es, dan kedua dengan meletakkan gelas dalam mangkuk air panas.

Selamat Belajar!