12 Khasiat Ciplukan dalam Pengobatan

Must Read

12 khasiat ciplukan dalam pengobatan penyakit yaitu influenza, sakit tenggorokan, penyakit ayan, borok, bisul, bronchitis, parotitis, diabetes mellitus, orchitis, pembengkakan prostat, dan sakit paru-paru.

aksiografi.com – Ciplukan lebih dikenal sebagai tanaman liar atau gulma bagi petani tapi siapa sangka ternyata tanaman ini mengandung khasiat pengobatan yang ampuh untuk beberapa jenis penyakit.

Ciplukan dalam bahasa Ilmiah disebut Physallis angulata Linn. atau Physallis minina Linn. atau Physallis peruviana L.. Orang Inggris menjulukinya morel berry. Tanaman yang senang di lahan kering ini termasuk dalam famili tumbuhan Solanaceae.

Cecenet, orang Jawa menamakannya, merupakan tumbuhan herba tahunan. Tinggi tanaman hanya mencapai 1 meter. Tanaman ini memiliki bunga dan buah. Ciplukan dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian antara 1 hingga 1550 meter dari permukaan laut.

Kandungan zat kimia Ciplukan antara lain chlorogenik acid, C27H44O-H2O, asam sitrun dan fisalin, flavonoid, saponin, polifenol. Buah ciplukan mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, sedangkan biji ciplukan mengandung elaidic acid.

Tumbuhan famili Solacaceae ini memiliki khasiat farmakologis seperti analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoxifies), meredakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh. Secara turun temurun, tanaman ini dijadikan ramuan pengobatan untuk penyakit tertentu. Tanaman ini masuk dalam kategori tanaman obat.

Bagian tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan[i] antara lain: buah mengandung vitamin C, asam sitrus, fisalin, zat gula, tanin, kriptoxantin, asam malat, dan alkoloid; akar dan batang mengandung saponin dan flavonoid; daun mengandung polifenol dan asam kkorogenat; dan biji mengandung asam elaidik.

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan akar, daun dan buah Uji pra klinis. Ciplukan mengandung physalin F yang berkhasiat sebagai anti hepatoma terbesar dan anti Hela. Physalin F juga mempunyai efek anti tumor in vivo terhadap mencit penderita leukimia dengan p388 lymphocytic leukimia, sedangkan physalin D tidak terlalu aktif baik secara in vivo maupun in vitro.

Kandungan zat kimiawi dan efek farmakologis tanaman inilah sehingga dapat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan, yaitu:

Influenza

Dalam mengatasi influenza, kita menggunakan seluruh bagian tanaman sebanyak 9 – 15 gram. Rebus tanaman itu lalu minum. Penetral racun untuk influenza ambil 3 pohon dipotong-potong sepanjang 5 sentimeter lalu rebus dengan air sebanyak 4 gelas air. Air rebusan tersisa 2 gelas lalu saring. Dalam bentuk kapsul, minum 3 x 2 kapsul per hari.

Sakit tenggorok atau Batuk Rejam

Rebus tanaman ciplukan (batang dan daun) sebanyak 9 – 15 gram. Saring lalu minum rutin setiap hari.

Ayan

Buah ciplukan juga dapat mengobati penyakit ayan. Makan buah sebanyak 8 hingga 10 butir setiap hari.

Borok

Borok dapat diatasi dengan menggunakan daun ciplukan. Ambil 1/3 genggam daun ciplukan lalu cuci dan giling halus. Tambahkan air kapur sirih sebanyak dua sendok teh untuk untuk mengoles borok. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

Bisul

Mengatasi bisul gunakan daun ciplukan sebanyak 1/2 genggam lalu cuci dan giling halus. Dioles pada bisul dan sekelilingnya, lalu dibalut. Lakukan sebanyak 2 kali sehari. Dapat juga ditambahkan satu sendok teh adas pulasari, satu lembar daun sirih, dan garam secukupnya atau 1/4 sendok.

Bronchitis

Mengobati bronchitis, sama dengan mengatasi batuk rejam. Rebus tanaman ciplukan (batang dan daun) sebanyak 9 – 15 gram. Saring lalu minum rutin setiap hari.

Gondongan (parotitis)

Mengobati sakit gondongan menggunakan tanaman ciplukan (batang dan daun) sebanyak 9 – 15 gram. Saring lalu minum rutin setiap hari.

Kencing manis (diabetes mellitus)

Tanaman (batang dan daun) direbus dengan 3 gelas air jadi 1 gelas, saring, minum.

Buah Pelir Bengkak (Orchitis)

Pembengkakan buah pelir atau orchitis dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman ciplukan (akar, batang, daun, buah, dan biji) sebanyak 9 – 15 gram. Saring lalu minum rutin setiap hari.

Pembengkakan Prostat

Rebus Tanaman (batang dan daun) sebanyak 9 hingga 15 gram lalu minum setelah disaring.

Sakit Paruparu

Tanaman ciplukan juga dapat mengobati penyakit paru-paru. Ambil seluruh bagian tanaman (akar, batang, daun, buah, dan biji) rebus dengan takaran air sebanyak 4 gelas. Saring air rebusan lalu minum sebanyak tiga kali dalam sehari.

Ditulis oleh: Suharni Yusuf

Disunting oleh: dr. Sri Hikmawaty

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img