Mobil Esemka Akhirnya Lolos Uji Tipe

Must Read

aksiografi.com – Mobil Esemka yang lama ditunggu-tunggu, akhirnya datang juga. Esemka merupakan produk kendaraan roda empat hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dijadikan sebagai model produk dalam negeri oleh Jokowi. Istilah esemka itu sendiri diambil dari nama SMK yang ditambahkan huruf vokal pada setiap konsonan menjadi esemka.

Namun janji Jokowi mengenai produksi mobil esemka belum juga terbukti sejak kampanye Pemilu 2014. Kini janji itu terus ditagih oleh masyarakat Indonesia. Hingga kini kabar tentang mobil esemka itu masih dalam tahap pengujian.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menguji 11 tipe mobil Esemka. Kendaraan sebagai ikon Jokowi itu pun dinyatakan laik jalan. Artinya perusahaan sudah dapat memproduksi massal jenis kendaraan ini.

Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor di Kemenhub, Caroline Noorida Aryani menyebutkan bahwa 11 tipe mobil Esemka sudah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) atau Sertifikasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor (SRUT). SUT atau SRUT merupakan salah satu cara Kementerian Perhubungan mengatur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas.

SRUT inilah menjadi syarat dalam memperoleh Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan surat Bukti Pemilik Kendaraan Bermorot (BPKB).

mobil esemka
Sertifikasi Uji Tipe (SUT) atau Sertifikasi Uji Tipe Berkendaraan Bermotor (SRUT)

“Pihak Balai Pengujian Laik Jalan tidak akan memberikan SUT jika mobil tidak lulus pengujian,” tandas Caroline Noorida Aryani. Ia menjelaskan bahawa tipe mobil yang sudah diaprove pasti sudah laik jalan sementara yang tidak laik jalan tentu tidak diapprove.

Soal kapan peluncuran atau soal apakah ini mobil Esemka atau bukan itu bukan ranah Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor. “Semua kendaraan yang datang itu dilengkapi dengan surat perintah uji dari pusat apapun bentuknya, itu yang saya uji,” tuturnya. “Dan ke-11 model itu sudah diapporive,” ungkapnya.

“Ada 10 item, dimensi, konstruksi, uji radius putar, uji klakson, rem, lampu, uji emisi, fitur keselamatan, dan pengecekan ban,” tuturnya.

Namun sebelumnya sudah pernah diberitakan lolos sertifikasi uji tipe pada 11 Oktober 2018 melalui portal otomotif tempo. Pengujian saat itu hanya ada 8 tipe yang berhasil mengantongi SUT dan empat tiep lainnya yang bermesin bensin tidak dapat diproduksi massal karena berstandar Euro 2.

Apakah SUT masih kelanjutannya atau pengujian yang berbeda. Tidak ada penjelasan detail tentang hubungan pengujian tahun sebelumnya dengan pengujian kali ini.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img