Waspada Gunung Merapi di Tengah COVID-19

Must Read

Waspada Gunung Merapi di tengah kepanikan Corona dikeluarkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Geologi (BPPTKG) di Yogyakarta.

aksiografi.com – Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Sleman, kembali erupsi pada Sabtu pagi, 28 Maret 2020.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Geologi (BPPTKG) di Yogyakarta menyebutkan bahwa letupan Gunung Berapi yang terekam di seismogram pada pukul 05:21 WIB memiliki durasi 180 detik dengan amplitudo 50.mm dalam akun twitternya.

Tinggi kolom erosi yang teramati setinggi 2.000 meter. “Status masih tetap level 2 atau waspada, ” kata Hanya Junaidi, kepala BPPTKG yogyakarta seperti yang dilansir Tempo.co. Status waspada Gunung Merapi ditetapkan sejak 21 Mei 2018.

Gunung Merapi Erupsi
Terjadi erupsi Gunung Merapi tanggal 28 Maret 2020 pukul 05:21 WIB. Erupsi tercatat di seismogram dgn amplitudo 50 mm dan durasi 180 detik. Teramati tinggi kolom erupsi 2000 m. Arah angin saat erupsi ke Barat. | Sumber: Akun Twitter BPPTKG.

Sebelumnya, Jumat, 27 Maret, Gunung Merapi erosi pukul 10:56 dan 21:46 WIB dengan tinggi erosi 1000 meter dengan amplitudo 40.mm dan durasi 180 detik.

Hingga saat ini belum ada peringatan dini (early warung sistem) yang berbunyi untuk tindakan pengungsian. Artinya warga masih diminta tenang berkegiatan seperti biasa namun tetap berada di rumah. Memang warga beraktivitas kebanyakan di rumah sejak merebaknya wabah virus corona.

Status waspada Gunung Merapi di saat kebanyakan warga beraktivitas di rumah terkait himbauan physical distancing adalah upaya mitigasi penyebaran wabah virus corona masih relevan.

Dengan waspada, para pendaki diimbau tidak melakukan pendakian kecuali untuk penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan motivasi bencana.

Gunung Merapi ini, menurut catatan riwayatnya, mengalami erupsi setiap dua sampai lima kali dalam setahun. Sejak tahun 1548, Gunung Merapi sudah meletus sebanyak 68 kali. Terakhir kali Guung Merapi meletus pada 2010.

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img