Minggu, Juli 25, 2021

Rafflesia Arnoldi Bunga Terbesar di Dunia

Must Read

Rafflesia arnoldi bunga terbesar di dunia di temukan pada tahun 1818 di hutan tropis Sumatera, sungai Manna, Bengkulu Selatan, oleh Dr. Joseph Arnold.

aksiografi.com – Rafflesia Arnoldi merupakan bunga tunggal terbesar di dunia. Bunga raksasa ini diberi nama Rafflesia arnoldii tidak terlepas dari sejarah penemuannya pada tahun 1818 di hutan tropis Sumatera, sungai Manna, Lubuk Tapi, Bengkulu Selatan. Tim ekspedisi yang dipimpin Thomas Stamford Raffles ditemukan oleh pemandunya, Dr. Joseph Arnold.

Jadi penamaan bunga raksasa yang berbau busuk ini adalah gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.

Rafflesia Arnoldi merupakan tumbuhan parasit obligat. Bunga ini tumbuh dalam batang liana (tumbuhan merambat) dari genus Tetrastigma. Bunga ini tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis sendiri sehingga kebutuhan nutrisinya diambil dari pohon inangnya.

Bunga Rafflesia Arnoldi memiliki bunga yang melebar dengan 5 mahkota bunga. Saat mekar diameter bunganya dapat mencapai antara 70 – 110 cm dengan tinggi mencapai 50 cm dan berat mencapai 11 kg.

Baca Juga:   Cara Membuat Ramuan Pengusir Keong Emas
Baca Juga:   Daur Hidrologi adalah Pergerakan Air Terus Menerus

Bagian tengah dasar bunga berbentuk gentong dimana terdapat benang sari dan putik, tergantung jenis kelamin bunga. Benang sari dan putik tidak dalam satu rumah sehingga persentase keberhasilan pembuahan yang dibantu oleh serangga lalat sangat kecil karena belum tentu dua bunga berbeda kelamin tumbuh dalam satu waktu yang bersamaan di tempat yang berdekatan.

Masa pertumbuhan bunga ini cukup lama, memakan waktu 9 bulan atau 110 hari sementara masa mekarnya bunga sangat singkat, hanya 5 – 7 hari saja. Setelah itu rafflesia akan layu dan mati. Ini juga yang menyebabkan sehingga bunga jenis ini jarang ditemukan, tanaman langka dan endemik.

Tidak heran jika bunga ini ditetapkan sebagai bunga endemik Sumatera dan ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Bengkulu dan sebagai puspa langka (satu dari tiga bunga nasional) melalui Kepres Nomor 4 tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

Berikut lokasi yang sering ditemui tumbuh bunga Rafflesia Arnoldi antara lain di Taman Nasional Kerinci Seblat (TKNS), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Pusat Pelatihan Gajah (PLG) Seblat di Kabupaten Bengkulu Utara, dan Padang Guci Kabupaten Kaur. Dan TNBBS telah ditetapkan sebagai pusat konservasi tumbuhan ini.

Baca Juga:   'Skenario' Kepunahan Manusia Berlangsung

Meskipun lembaga konservasi Internasional tidak memasukkan sebagai salah satu tanaman langka yang terancam punah, namun laju deforestasi, kebakaran hutan serta makin sempitnya luas hutan Sumatera menjadi ancaman serius bagi kelestarian bunga raksasa ini.

Baca Juga:   Cara Membuat Ramuan Pengusir Keong Emas
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img