Lidah Mertua Solusi Jakarta Bersih

Must Read

Lidah mertua solusi bagi Jakarta bersih. Sansevieria memiliki kemampuan menyerap bahan beracun seperti karbon dioksida, karbon monoksida, benxene, formaldehyde, dan trichioroethylene.

Aksiografi.com – Hasil kajian dari Naresuan University, Thailand, menunjukkan bahwa tanaman lidah mertua mampu mengurangi kadar karbon dioksida dalam ruang kantor yang dijadikan tempat penelitian.

Sama halnya dengan hasil penelitian NAZA tentang manfaat tanaman sansevieria. NAZA menyebutkan tanaman ini mampu menyerap racun di udara seperti benzena, sylene, trichlorethylene, dan formaldehyde.

NAZA merekomendasikan agar rumah sedang dan besar yang berukuran 167 meter persegi agar ditanam 15-18 sansevieria.

Tidak heran jika Anies Baswedan memilih bunga ini sebagai salah satu solusi mengatasi polusi udara Jakarta dari beberapa solusi yang disiapkan.

Jakarta memang memiliki kualitas udara terburuk dengan  air quality index (AQI) mencapai 189 dengan kandungan polusi PM 2.5 sebesar 129,9 mikrogram/m3 pada 29 Juli.

Kualitas udara Jakarta yang buruk dapat dicegah dengan menanam jutaan lidah mertua sebagaimana diprogramkan Anis Baswedan. Berapa kemampuan serap polusi bagi sansevieria?

Hasil riset Wolverton environmental service menyatakan bahwa dalam sehelai daun Sansevieria mampu menyerap formaldehid sebanyak 0,938 μg per jam (Purwanto, 2006). Sehelai daun ini mengandung senyawa aktif pregnane glycoside.

Senyawa ini merupakan zat yang dapat mengurai zat beracun menjadi senyawa asam organik, gula, dan beberapa senyawa asam amino. Mekanisme penyerapan polutan pada tanaman ini sama dengan mekanisme pernapasan. 

Pertama, tanaman ini menggunakan stomata sebagai vacum cleaner dalam penyerapan atau penyedotan gas-gas beracun lalu masuk ke dalam sistem metabolisme dalam tubuh tanaman ini.

Kedua, gas-gas beracun akan disalurkan menuju akar. Kemudian pada akar akan terjadi proses detoksifikasi oleh mikroba. Proses ini akan menghasilkan suatu zat yang akan diperlukan oleh tanaman.

Dalam proses pernapasan ini akan menghasilkan gas O2 (oksigen) yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Proses ini akan terus berlangsung selama tanaman Sansevieria masih hidup (Nababan, 2014).

Anies pernah melontarkan bahwa salah satu upaya mengatasi polusi Jakarta adalah dengan menanam lidah mertua di atap-atap gedung perkantoran. Berapa banyak rencana tanaman bunga ini disiapkan untuk setiap bangunan perkantoran? Masih belum ada hitungan pasti.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img