Daur Hidrologi adalah Pergerakan Air Terus Menerus

Must Read

Daur hidrologi adalah pergerakan air terus menerus dari satu tempat ke tempat lain, dari samudra, daratan, tumbuhan, lalu membentuk awan dan menurunkan hujan membasahi bumi.

Aksiografi.com – Hidrologi merupakan istilah yang membahas tentang pergerakan air di lapisan hidrosfer Bumi. Hidrosfer Bumi memiliki siklus dalam satu peristiwa yang terus berputar.

Daur hidrologi adalah sirkulasi air yang terjadi terus menerus dari atmosfer ke Bumi dan kembali lagi ke atmosfer melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi, dan transpirasi. Air bergerak dari satu tempat ke tempat lain secara terus menerus antara samudra, daratan, tumbuhan, dan awan lalu turun hujan membasahi bumi. Sebagian besar air dalam daur hidrologi berasal dari samudra.

Jenis Daur Hidrologi

Daur Pendek

Daur atau siklus pendek adalah suatu proses peredaran air dalam jangka waktu relatif singkat atau cepat. Siklus pendek ini terjadi di lautan.

Proses terjadinya siklus pendek pada permukaan air samudra, danau, atau apa pun yang mengandung air disebabkan penguapan oleh sinar Matahari. Uap air (air pada tahap gas) yang terbentuk naik masuk ke udara. Perubahan fase dari cair ke gas disebut evaporasi atau penguapan, dan proses ini memerlukan energi.

Setelah mengalami kondensasi, maka turunlah hujan di wilayah samudra lalu terjadi lagi evaporasi atau penguapan lagi.

Daur Sedang

Daur sedang adalah sirkulasi hidrologi dalam jangka waktu sedang. Ini terjadi karena terjadi penguapan oleh panas manatari dan dibawah oleh angin menuju daratan.

Pada ketinggian tertentu, uap-uap air berkumpul dan mengalami kejenuhan dan kondensasi lalu berubah menjadi hujan. Air hujan jatuh ke daratan mengalir ke parit, selokan, sungai, danau, dan sebagian menuju laut, lalu terjadi evaporasi atau penguapan lagi.

Uap air kehilangan energinya dan membentuk butiran air. Perubahan fase dari gas ke cair disebut kondensasi. Di lapisan atmosfer Bumi, uap air yang bergerak naik akan mendingin dan mengembun. Butiran kecil air membentuk awan, yang dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain oleh angin.

Daur Panjang

Daur panjang adalah sirkulasi hidrologi dengan waktu yang relatif lebih panjang. Prosesnya sama dengan daur pendek dan daur sedang, hanya saja ada tambahan proses sebelum menuju laut atau sebelum terjadi evaporasi yaitu saat terjadi hujan ini diserap tumbuhan.

Aliran air tanah sebagian terserap tumbuham, sebagian muncul ke permukaan menjadi mata air. Aliran air tanah ini dinamakan perkolasi dan akan berkahir menuju laut.

Sumber Utama Daur Hidrologi

Samudra adalah sumber air utama , yang menyediakan 97% persediaan air Bumi. Sisanya berasal dari penguapan sumber lainnya seperti danau, sungai, tanah lembap, dan dari air yang dikeluarkan oleh tumbuhan dalam proses yang disebut transpirasi atau hilangnya air oleh evaporasi melalui permukaan daun pada tumbuhan. Sekitar 75% presipitasi masuk kembaii ke samudra, dan 25% sisanya jatuh di daratan.

Air yang jatuh ke daratan mengalami beberapa perubahan. Di daerah dingin, air berubah menjadi salju dan es yang menutupi daratan sebelum akhirnya meleleh.

Air hujan meresap ke dalam tanah atau mengalir di sepanjang permukaan di sungai. Sebagian terkumpul di danau dan tempat penampungan air, tetapi kebanyakan akan mengalir ke samudra.

Air hujan yang tidak mampu meresap ke dalam tanah dan hanya mengalir di atas permukaan saja disebut limpasan. Limpasan ini melarutkan mineral dan mengikis batuan sehingga bisa juga menyebabkan terjadinya erosi. Di setiap tempat, air bisa menguap ke atmosfer.

Secara singkat, Pergerakan air dari satu tempat ke tempat lain melalui sebuah perubahan berfase disebut daur hidrologi atau daur air.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img