7 Jenis Philodendron yang Paling Digemari

Must Read

Terdapat 7 Jenis philodendron yang paling digemari para pecinta dan kolektor bunga. Ketujuh jenis ini sangat berbeda karakter dan memiliki keindahan masing-masing.

aksiografi.com Philodendron adalah pohon cinta. Philodendron berasal dari bahasa Yunani, philo berarti cinta dan dendron adalah pohon. Tanaman ini wajar mendapat cinta dari pemiliknya karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya. Bunga cinta ini dari suku Araceae ini menjadi tanaman hias dalam ruangan dan taman.  Bukan hanya keindahannya, bunga ini juga memberi manfaat kesehatan bagi lingkungan sekitarnya.

Keindahan tanaman philodendron sangat terlihat dari bentuk, warna batang, warna daun yang beragam. Bentuk batang umumya bulat dengan diameter bervariasi sesuai dengan umur tanaman. Warna batangnya akan berbeda tiap tingkat pertumbuhan. Warnanya pun indah.  Ada yang berwarna hijau dan hijau tua saat masih muda, agak keabu-abuan dan hijau kemerahan pada umur dewasa bergantung varietasnya.

Tanaman asal hutan tropis Amerika ini mudah perawatannya, cukup tanam di media gembur dan letakkan di tempat berteduh. Bentuk daunnya juga bermacam-macam, ada yang lonjong berujung lancip, bentuk hati atau jantung, mirip gergaji atau daun pepaya. Bahkan warna daunnya juga beragam dan ada yang berwarna-warni. Warna daun juga sangat berpengaruh intensitas cahaya matahari.

Varitas Philodendron berkisar 500 spesies namun yang paling banyak penggemarnya hanya 7 jenis philodendron, yaitu:

1. Philodendron caramel marble variegata

Daun philodendron caramel marbel berbentuk gerigi dengan berbagai warna dalam variegasinya. Warna-warni daunnya memikat hati yang memandangnya. Warna daun bernuansa hijau, kuning, merah, dan merah jambu menjadikannya memiliki karakter tersendiri. Kebutuhan cahaya matahari dengan intensitas sedang dan tidak langsung terpapar. Ia membutuhkan kelembaban antara 65-85 persen.

2. Philodendron florida beauty

Philodendron florida beauty

Ciri daun philodendron florida beauty unik dengan cekungan dalam. Berbeda dengan jenis philodendron caramel marbel, jenis philodendron ini menyukai tempat yang cerah namun tidak berada di bawah sinar matahari langsung. Cukup menjaga kelembaban tanahnya tapi jangan memberi terlalu banyak air agar akar tidak membusuk.

3. Philodendron patriciae

Philodendron patriciae

Daun philodendron patriciae berukuran panjang dan besar seperti dayung yang menggantung vertikal. Daunnya bermotif gelombang dan memiliki vena sentral yang bercahaya. Philodendron patriciae cukup mudah dalam perawatannya namun sensitif ketika Anda sering memindahkan ke tempat lain. Lakukan penyiraman secara teratur dan berikan penyinaran sesekali agar mendapatkan daunnya sedikit memutih untuk memberikan sedikit variasi warna.

4. Philodendron jose buono

philodendron jose buono

Jenis philodendron jose buono tumbuh cukup besar, baik di luar maupun di dalam ruangan. Jenis philodendron hibrida yang modis ini memiliki daun besar berbentuk dayung pada batang yang tebal dan seperti sukulen. Daun yang tebal berwarna hijau tua dengan percikan warna hijau limau hingga putih dengan garis vena yang tebal menjadi ciri khas tersendiri. Daunnya sangat cantik, meskipun sudah mati ketika warnanya kuning cerah bercampur dengan sisa-sisa hijau.  

5. Philodendron ring of fire

philodendron ring of fire

Jenis philodendron hibrida ini memiliki bentuk daun yang panjang dan sempit. Tepi daunnya bergerigi berwarna cerah layaknya jilatan api sehingga mendapat gelar ring of fire. Daunnya keluar dari batang tengah pada batang individu. Warna daun philodendron ada berwarna oranye, merah, kuning, hijau, dan krem atau putih cerah, dengan efek kerlip.

6. Philodendron pastazanum

philodendron pastazanum

Jenis philodendron pastazanum berbeda dengan jenis lain. Jenis ini cukup menawan, tumbuh rendah, dan memiliki daun besar, lebar, berbentuk hati dengan urat pucat yang bertengger di batang yang panjang. Tunasnya muncul berwarna merah dan berkembang menjadi daun yang berkembang dengan baik. Manfaatkan rimpang menjalar dari wadah untuk membuatnya tumbuh secara alami sehingga terlihat menawan.

7. Philodendron florida ghost

Jenis philodendron florida ghost atau philodendron merpati memiliki duan yang beraneka warna, mulai dari hijau tua, belang-belang hingga putih krem berdaun penuh. Yang membuat jenis philodendron merpati ini menarik karena tangkai daunnya yang berwarna merah dan bertekstur kasar. Tanaman ini kuat, tetapi membutuhkan cahaya yang lebih kuat daripada philodendron lainnya untuk menonjolkan variegasinya.

Itulah 7 jenis philodendron yang menjadi kegemaran para pecinta bunga dan kolektor bunga philodendron.

Penulis: Suharni Yusuf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img