umbi bambu tali mengobati batuk

Umbi Bambu Tali mengobati batuk darah TBC (tuberkulosis) karena memiliki efek farmakologi dan zat-zat kimiawi yang dapat menyembuhkan TBC.

aksiografi.com – Bambu tali dalam bahasa latin disebut Asparagus cochinchinensis (Lour.) Merr. termasuk ke dalam famili tumbuhan Liliaceae. Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan sebutan asparagus dan masuk dalam kategori tanaman obat.

Tanaman ini mengandung senyawa kimia Saponin yaitu aglycone dan protosarsapogenin. Selain itu tanaman ini juga mengandung senyawa lain seperti asparagine, glukose, fruktose, 5-methoxy, methylfurfural, dan beta-sitosterol.

Tumbuhan ini jika diminum memiliki rasa manis, pahit dan dingin. Ilmu farmasi menyebutkan tumbuhan ini mampu mengatasi meridian paru-paru dan ginjal. Selain itu juga dapat menyuburkan yin, membersihkan paru-paru dan menurunkan panas api, merangsang produksi cairan tubuh, anti toxic, anti neoplastik dan anti piretik.

Berdasarkan kandungan efek farmalogi tanaman ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Jenis umbi bambu tali ini mengobati batu dan lebih terkenal dengan efek penyembuhannya pada penyakit TBC. Sebenarnya hampir semua jenis penyakit batuk dan turunannya seperti batuk darah TBC (tuberculosis) Paru, sakit tenggorokan, muntah darah.

Tanaman bamboo tali ini seperti tanaman bunga lainya, berumpun dan memiliki daun dan dahan yang lunak. Ia juga memiliki umbi didalam tanah. Umbi inilah yang digunakan mengobati batuk, batuk darah dan batuk darah TBC.

TBC adalah penyakit paru-paku akibat kuman Mycobacterium tuberculosis yang dapat menimbulkan gejala batuk yang berlangsung lama hingga berdahak dan mengeluarkan darah.

Cara Pengobatan

Caranya ambil bagian umbi tanaman ini lalu keringkan sebanyak 6 – 12 gram. Setelah kering umbi ini direbus dengan takaran air 1 ½ gelas hingga mendidih sampai menjadi satu gelas.  Sebaiknya minum saat masih hangat-hangat. Lakukan sebanyak dua kali sehari sampai sembuh.

Efek farma tanaman inilah yang menyuburkan yin, membersihkan paru-paru dan menurunkan panas api, merangsang produksi cairan tubuh, anti toxic, anti neoplastik dan anti piretik sehingga penyakit batuk darah TBC dapat sembuh jika minum rutin.