Seruan Dukung Ibu Sukses Menyusui Anak

Must Read

Seruan dukung Ibu sukses menyusui anaknya digaungkan pada hari perngatan ASI sedunia selama sepekan.

aksiografi.com – “Dukung Ibu Sukses Menyusui Anak.” Begitu bunyi slogan ajakan pada tema pekan ASI  Sedunia di Indonesia. Pekan ASI diperingati dari tanggal 1 – 7 Agustus setiap tahunnya. Peringatan ini berawal dari Forum World Alliance for Breastfeeding Action di United Nations Children’s Fund (UNICEF) New York, Amerika Serikat pada 1991.

Misi peringatan ASI Sedunia adalah memperjuangkan pemenuhan hak anak atau bayi dalam memenuhi kebutuhan air susu ibu hingga berusia 24 bulan. Tujuannya demi mengoptimalkan kesehatan gizi ibu beserta anak.

Pertumbuhan anak ditandai dari sejak dini saat masih bayi. Mereka harus dipastikan memperoleh asupan ASI sejak pertama kali lahir hingga berusia 24 bulan.

Agenda ini mulai aktif tahun 1992 dengan tema tahunan yang terus berganti. Peringatan mingguan ASI tahun ini, 2019, dengan mengangkat tema ‘Empower Parents, Enable Breastfeeding‘.

Peringatan ASI Sedunia di Indonesia mengangkat tema “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui” dengan slogan “Ayo Dukung Ibu Sukses Menyusui“.

Seruan WHO Dukung Ibu Sukses

Badan Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO), dan UNICEF mendukung adanya tempat kerja ramah laktasi. Ruang Laktasi yang nyaman dibutuhkan para ibu saat menyusui anaknya atau memompa ASI sehingga tidak terputus pemberian ASI di saat ibu kembali beraktivitas.

WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif dimulai dari satu jam setelah bayi lahir hingga berusia enam bulan sampai 24 bulan atau dua tahun.

Soal ibu cuti melahirkan tanpa gaji, WHO dan UNICEF juga menyorotinya. Mereka menyerukan regulasi cuti melahirkan berbayar minimal 18 minggu bagi ibu. Bahkan mereka juga mendorong cuti bagi ayah berbayar untuk mendorong bahwa tanggung jawab merawat anak berdasarkan asas kesetaraan sebagaimana dilansir laman resmi WHO pada Kamis (01/08/2019).

Seruan WHO dan UNICEF untuk mengajak pemerintah dan perusahaan menerapkan kebijakan tentang ruang laktasi yang nyaman. Meskipun cuti melahirkan berbayar tentu akan mendapat tantangan. Meskipun begitu kampanye ini terus berlanjut hingga dapat mencapai tujuan peningkatan gizi ibu dan anak.

Peringatan Pekan ASI sedunia ini harus terus diperjuangkan setiap tahunnya agar kesadaran pemerintah dan pihak swasta meningkat. Generasi pelanjut ditentukan sejak usia dini karena itu kita gaungkan seruan dukung ibu menyusui anak di mana saja.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img