Patabai Pabokori berkebun di usia pensiun

Patabai Pabokori berkebun di usia pensiun dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan kebun.

aksiografi.com – Patabai Pabokori, mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan mengisi masa pensiunnya dengan berkebun. Ia memiliki lahan perkebunan seluas dua hektar di Tokka, Maros. Mantan Bupati Bulukumba dua periode ini di era Orde Baru dan masa transisi reformasi mengaku punya banyak tanaman di perkebunannya. Diantaranya buah tin, buah anggur, buah kurma dan lain-lainnya.

Kebanyakan tanaman ia bibitkan juga adalah tanaman yang disebutkan dalam Al-Quran. Tidak mengherankan karena di masa jabatannya sebagai Bulukumba, dialah bupati pertama yang memberlakukan syariat Islam di Indonesia untuk diterapkan. Di masa itu pula Komite Perjuangan Penegakan Syariat Islam (KPPSI) Sulawesi Selatan. Saat ini, Patabai ditunjuk selaku ketua KPPSI Sulawesi Selatan.

“Sangat menyenangkan berkebun karena bisa menenangkan pikiran,” kata Patabai pada kontributor Aksiografi.com saat ditemui di rumah kediamannya di jalan Putta Punggawa, Makassar. Di halaman rumahnya juga terlihat pembibitan tanaman dan bunga seluas 200 meter. Ia melakukan sendiri pembibitan itu dengan tekun.

Setiap minggunya pada hari Sabtu atau Minggu ia selalu menghabiskan harinya untuk berkebun. “Sejak lama saat masih menjabat saya sudah sering mengunjungi kebun, tapi di masa pensiun ini saya yang terjun langsung berkebun,” akunya. Ketua Yayasan Pendidikan Al-Azhar Makassar ini memang dikenal menyenangi tumbuh-tumbuhan, baik tanaman buah maupun bunga-bunga. Di masa ia menjabat Bupati Bulukumba, Patabai Pabokori memiliki banyak koleksi bunga, khususnya tanaman bonsai di rumah jabatannya saat itu.

Di masa pensiunnya pun, ia tetap terjun berpolitik. Ia juga ketua DPW Partai Berkarya Sulawesi Selatan. Berkebun, baginya, adalah pekerjaan yang bisa menghilangkan penat saat kesibukan kerja di tempat lain bertumpuk.