Nabi Anjurkan Berbuka dengan Buah Kurma

Must Read

Nabi anjurkan berbuka dengan buah kurma. Memang kurma adalah buah favorit Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa. Kandungan nutrisi buah kurma sangat tinggi.

aksiografi.com – Kurma dengan nama latin Phoenix dactylifera atau dalam bahasa Arab adalah tamr merupakan tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix. Buahnya mengandung nilai gizi yang tinggi sehingga sangat baik mengonsumsinya khususnya saat berbuka puasa.

Gambar diambil dari journals.ashs.org

Tinggi pohon kurma hanya sekitar 15 sampai 25 meter. Mirip seperti pohon kelapa, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 meter, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda. Daun muda kurma berukuran lebar 2 sentimeter dengan panjang 30 sentimeter. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 meter.

“Anas bin Malik berkata, “Rasulullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air.”

Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud.

Apa Manfaat Mengunsumsi Kurma?

Nabi anjurkan berbuka dengan buah kurma berarti anjuran itu sangat bermanfaat. Dan benar, ternyata kurma mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Nutrisi merupakan ikatan kimia yang tubuh butuhkan dalam melakukan fungsinya yaitu energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan (Soenarjo, 2000). Kurma mengandung makronutrien dan mikronutrien.

Kandungan makronutriens seperti karbohidrat, lemak, protein, dan serta di mana 70 persen nutrisi yang ada merupakan sumber energi yang tinggi dan mudah terserap dalam tubuh. Sedangkan kandungan mikronutriens seperti vitamin, mineral, dan zat fitokimia.

Mengonsumsi kurma setiap hari dapat bermanfaat membebaskan dari masalah konstipasi karena kurma merupakan buah pencuci perut karena kandungan serat yang tinggi. Dari 100 gramnya, kurma dapat memberikan 32% kebutuhan harian serat.

Jenis serat pada buah ini umumnya adalah selulosa, hemiselulosa, peklin, dan lignin. Serat tak larut merupakan komponen utama kurma sehingga perasaan kenyang setelah memakan buah kurma saat berbuka puasa.

Berdasarkan hasil survei medis modern, buah kurma dapat mencegah kanker lambung karena efek rasa kenyang sehingga membantu menghindari makan yang berlebihan.

Kurma juga memiliki efek laksatif karena dapat meningkatkan berat kotoran dan mempermudah buang air besar. Dengan rutin mengonsumsi kurma secara teratur, selain mengatasi masalah sembelit, juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kolon dan penyakit diventikular.

Memakan buah kurma juga membebaskan kita dari masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen, dan kondisi-kondisi lain.

Kandungan Buah Kurma

Kurma juga sangat baik untuk menaikkan berat badan. Kurma merupakan sumber beragam vitamin, mineral dan serat. Buah kurma yang lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan vitamin kurma adalah thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.

Kandungan potassium yang cukup besar juga akan membantu perbaikan saraf bagi yang mengonsumsi rutin buah kurma khususnya di bulan puasa. Berikut kandungan nutrisi buah kurma:

Berdasarkan zat-zat nutrisi buah kurma di tabel di atas maka manfaat buah kurma sebagai berikut:

  1. menanggulangi alergi
  2. sumber antioksidan
  3. membantu mengobati anemia
  4. menambah berat badan
  5. mengendalikan diare
  6. membantu pemulihan demam berdarah
  7. mencegah gejala rematik
  8. menambah energi (energi booster)
  9. mencegah kanker lambung
  10. mengatasi konstipasi
  11. bebas lemak jenuh
  12. mengurangi rabun senja
  13. mencegah gejala rematik
  14. membantu mencegah risiko kanker otak
  15. menjaga kesehatan sistem saraf
  16. mengatasi kelemahan seksual
  17. mengatasi gangguan usus
  18. menunjang kesehatan dan kekuatan tulang

Inilah hikmah kenapa Nabi anjuran berbuka buah kurma di bulan suci Ramadhan ternyata memberikan efek kesehatan yang banyak karena kandungan zat alamiah pada kurma.

Penulis: Suharni Yusuf

Penyunting: Gusti Zainal

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img