Mengonsumsi 10 Kurma Mengatasi Sembelit

Must Read

Mengonsumsi 10 kurma mengatasi sembelit karena kandungan zat alamiah pada kurma memiliki efek farmakologis. Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan sistem pencernaan di mana seorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan.

aksiografi.com – Penyebab masalah sembelit ini adalah pola makan dan minum yang kurang baik atau kondisi medis tertentu. Tanda-tanda seseorang mengalami masalah sembelit adalah dalam satu minggu buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Umumnya seseorang membuang air besar dalam satu minggu setidaknya lebih dari tiga kali.

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat mengatur pola makan dan minum yang baik. Salah satunya mengonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti kurma.

Mengonsumsi kurma setiap hari dapat bermanfaat membebaskan dari masalah konstipasi karena kandungan serat yang tinggi. Dari 100 gramnya, kurma dapat memberikan 32% kebutuhan serat harian.

Jenis serat pada buah ini umumnya adalah selulosa, hemiselulosa, peklin, dan lignin. Serat tak larut merupakan komponen utama kurma sehingga perasaan kenyang setelah memakan buah kurma saat berbuka puasa.

Berdasarkan hasil survei medis modern, buah kurma dapat mencegah kanker lambung karena efek rasa kenyang yang ditimbulkan sehingga membantu menghindari makan yang berlebihan.

Kurma juga memiliki efek laksatif karena dapat meningkatkan berat kotoran dan mempermudah buang air besar. Dengan rutin mengonsumsi kurma secara teratur, selain mengatasi masalah sembelit, juga dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar dan penyakit divertikular.

Kebutuhan Serat Per hari

Serat dibagi menjadi dua jenis yaitu serat yang larut (soluble) dan serat yang tidak larut (insolubel). Serat larut mengandung air saat dicerna dalam tubuh sedangkan serat tidak larut tidak mudah dicerna dan tidak berubah selama pencernaan. Baik serat larut maupun serat tidak larut keduanya baik untuk kesehatan. Serat tidak larut membuat gerakan usus kita menjadi lebih intens.

Jumlah kebutuhan serat antara laki-laki dan perempuan berbeda. Laki-laki membutuhkan 38 gram per hari dan 25 gram per hari untuk perempuan.

Kandungan Nurtrisi Buah Kurma atasi sembelit
Sumber dari berbagai referensi salah satunya USDA National Nutrient Data Base

Jumlah serta larut dibutuhkan pria sebanyak 9,5 gram sedangkan perempuan sebanyak 7 gram. Berati jumlah serat tidak larut pria membutuhkan sebanyak 28,5 gram sedangkan perempuan sebanyak 18 gram.

Jadi berapa banyak buah kurma dimakan setiap hari untuk mengatasi masalah sembelit?

100 gram kurma diperoleh dari 10-12 buah kurma tergantung besar kecilnya buah. Jika semuanya sama besar, maka kita bisa mendapatkan 10 biji untuk 100 gram.

Sebaiknya makan buah kurma sebanyak 10 – 12 biji per hari untuk mendapatkan 6,07 serat sedangkan sumber makanan serat lainnya sebanyak 31,9% bagi pria dan 18,93 bagi perempuan dapat diperoleh dari buah-buahan, sayuran dan makanan pokok.

Hasil olahan data dari litbang aksiografi menu makanan setiap hari dapat disesuaikan berdasarkan menu makanan yang mengandung serat.

Penulis: Suharni Yusuf

Penyunting: Gusti Zainal

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img