Membentuk Masa Depan Kesehatan Seksual Melalui Persetujuan

Date:

Tema Hari Kesehatan Seksual Sedunia 2023 adalah persetujuan. Pelajari mengapa persetujuan adalah elemen penting dalam kesehatan seksual yang sehat dan bagaimana kita dapat menciptakan budaya yang menghargainya. Mari bersama-sama merenungkan dan merayakan persetujuan sebagai fondasi dari hubungan seksual yang bermartabat.

aksiografi.com – Sejarah Hari Kesehatan Seksual Sedunia memiliki akar yang kuat. Pada tahun 2010, Asosiasi Kesehatan Seksual Dunia (WAS) mengeluarkan seruan kepada organisasinya untuk merayakan WSHD setiap tanggal 4 September sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran global tentang kesehatan seksual. Hari Kesehatan Seksual Sedunia pertama kali dirayakan dengan slogan “Mari kita bicarakan!” dengan tujuan menghancurkan stigma dan tabu seputar seksualitas.

Dalam perjalanan panjang kita menuju pemahaman yang lebih mendalam tentang kesehatan seksual, kita telah mencapai banyak pencapaian yang luar biasa. Meski begitu, kita juga harus mengakui bahwa masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk menciptakan budaya persetujuan yang benar-benar inklusif dan peduli.

Tema Hari Kesehatan Seksual Sedunia (WSHD) tahun ini, 2023, adalah persetujuan, seperti yang dilansir World Health Organization (WHO) di lamannya. sebuah panggilan kepada kita semua untuk merenungkan peran penting persetujuan dalam hubungan seksual yang sehat. Lebih dari sekadar kata-kata, persetujuan adalah prinsip dasar yang harus kita pelajari, praktikkan, dan sebarkan di seluruh lapisan masyarakat.

Persetujuan adalah elemen kunci dalam setiap hubungan seksual yang sehat. Ini melibatkan pemahaman yang jelas tentang maknanya dan bagaimana kita dapat mengungkapkannya dengan tegas. Persetujuan juga berarti menghormati otonomi dan pilihan tiap individu dalam urusan seksual, tanpa memandang gender, orientasi seksual, atau faktor lainnya.

Dengan tema persetujuan ini, kita diminta untuk merenungkan peran kita dalam menciptakan dampak positif bagi komunitas kita. Ini saatnya kita mulai berbicara secara terbuka dan jujur tentang pentingnya persetujuan dalam semua aspek kehidupan seksual kita.

Di dunia yang semakin kompleks, tema ini memicu pertanyaan mendalam: “Apakah kita benar-benar memahami makna sebenarnya dari persetujuan?” Ini adalah panggilan bagi kita semua untuk terus belajar lebih banyak tentang persetujuan, untuk mengajarkannya kepada orang lain, dan untuk menjadi agen perubahan dalam masyarakat kita.

Tema ini menggarisbawahi hak setiap individu untuk memiliki akses kepada informasi yang lengkap dan akurat, sehingga mereka mampu membuat keputusan yang tepat terkait kesehatan seksual dan reproduksi mereka. Upaya ini tidak hanya menjadi sebuah peringatan, tetapi juga panggilan kepada masyarakat dunia untuk lebih memahami isu-isu kesehatan seksual.

Sebagai bagian dari perayaan ini, berbagai kegiatan diadakan, termasuk sesi webinar yang akan dihadiri oleh berbagai pembicara berpengalaman dalam bidang kesehatan seksual. Salah satu pembicara adalah Lianne Gonsalves, seorang ilmuwan dari WHO yang berfokus pada kesehatan seksual. Selain itu, Leeza Mangaldas, seorang pendidik seksualitas, juga akan hadir untuk membahas pentingnya pendidikan seksual yang komprehensif. Dr. Anand Patel, seorang dokter umum yang juga seorang spesialis dalam kesehatan pria dan fungsi seksual, akan membagikan pengetahuannya yang berharga. Dr. Patel telah mendapatkan pengakuan di serial televisi medis pemenang Penghargaan BAFTA Inggris.

Webinar lain yang diadakan dalam perayaan ini adalah “Let’s talk about sex… and maternal health.” Dalam sesi ini, para peserta akan belajar lebih lanjut tentang dampak kehamilan terhadap kesehatan seksual, khususnya informasi penting yang perlu diketahui oleh penyedia layanan kesehatan. Selain itu, akan dibahas juga kurangnya perhatian terhadap masalah kesehatan seksual dan ginekologi selama dan setelah kehamilan.

Sebagai manusia, kesehatan seksual kita adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kesejahteraan kita secara keseluruhan. Ini memengaruhi kualitas hubungan kita dengan diri sendiri dan orang lain, keluarga, teman, serta masyarakat di sekitar kita. Norma-norma gender juga memiliki peran dalam membentuk pengalaman kita terhadap kesehatan seksual. Selain itu, hak asasi manusia menjadi landasan penting dalam perjalanan menuju kesejahteraan seksual.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memberikan definisi yang kuat tentang kesehatan seksual yang menekankan pendekatan yang positif dan penuh hormat terhadap seksualitas dan hubungan seksual. Ini bukan sekadar tentang bebas dari penyakit atau disfungsi, melainkan juga tentang pengalaman seksual yang menyenangkan dan aman, bebas dari paksaan, diskriminasi, dan kekerasan. Untuk mencapai dan menjaga kesehatan seksual yang baik, penting bahwa hak-hak seksual setiap individu dihormati, dilindungi, dan dipenuhi.

WHO telah mengambil langkah penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seksual melalui berbagai program dan kegiatan, termasuk pendidikan, konseling, pencegahan penyakit menular seksual, dan perawatan. Fokusnya mencakup beragam aspek kesehatan seksual, dari pendidikan seksualitas komprehensif hingga penanganan masalah kekerasan pasangan intim dan kekerasan seksual. Kesehatan seksual yang baik adalah fondasi penting bagi individu, pasangan, keluarga, masyarakat, dan bahkan pembangunan sosial dan ekonomi suatu negara. Oleh karena itu, memahami dan mempromosikan kesehatan seksual adalah langkah yang krusial dalam mewujudkan hak asasi manusia terkait seksualitas dan kesejahteraan seksual bagi semua individu, di mana pun mereka berada.

Kita memiliki potensi untuk menciptakan dunia di mana setiap individu merasa aman, dihormati, dan berdaya dalam kehidupan seksual mereka. Tema persetujuan tahun ini adalah panggilan kepada kita semua untuk mewujudkan perubahan yang lebih dalam, menuju budaya yang mengakui persetujuan sebagai pondasi dari semua hubungan seksual yang sehat dan bermartabat. Mari bersama-sama berkomitmen untuk membangun dunia yang lebih baik, di mana persetujuan adalah norma tak tergoyahkan yang mendefinisikan segala aspek dari kehidupan seksual kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Subscribe

Popular

More like this
Related

Pisang: Buah Manis yang Mempengaruhi Dunia

Pisang adalah buah yang memiliki keragaman yang luar biasa,...

Lada Hitam, Rempah Ajaib Penuh Manfaat untuk Kesehatan

Lada hitam, rempah ajaib yang bisa memberikan rasa pedas...

Cara Mengatasi Sembelit dengan Mengonsumsi Kurma

Sembelit teratasi dengan mengonsumsi 10 kurma selama masa penyembuhan. Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan sistem pencernaan di mana seorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan. Dengan kurma yang mengandung zat alamiah, sembelit dapat teratasi.

Iler (Coleus scutellarioides Benth)

Iler (Coleus scutellarioides Benth) adalah tanaman dari famili tumbuhan...