Manfaat Tanaman Ginje untuk Kesehatan

Must Read

Tanaman Ginje bermanfaat bagi kesehatan khususnya untuk pengobatan jantung. Bentuk batang dan daunnya yang cantik berwarna hijau serta bunga yang kuning menjadikannya sebagai tanaman favorit untuk hiasan pekarangan.

aksiografi.com Ginje atau Thevetia peruviana (Pers.) K. Schum. merupakan tanaman perdu bercabang banyak. Kihujan, sebutan bagi orang Sunda, termasuk famili Apocynaceae. Ginje termasuk tanaman beracun karena ia mengandung glikosida jantung. Efek glikosida ini seperti digitalis yang bersungsi seperti obat penguat jantung.

Bunga ginje terlihat cantik dengan warnanya yang menguning dengan daun yang terus menghijau termasuk batang bulatnya berwarna hijau. Tidak heran jika tanaman ini juga menjadi tanaman hias pekarangan. Bahkan harga jual tanaman ginje berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu per pohon.

Morfologi Ginje

Tanaman asal Amerika Tengah dan Meksiko Selatan ini memiliki ketinggian 2 hingga 5 meter dengan bercabang banyak seperti semak-semak atau pohon kecil hijau abadi. Ia memiliki getah berwarna putih seperti susu dan sangat beracun. Batangnya bulat berwarna hijau keabu-abuan dengan tonjolan-tonjolan bekas ranting dan daun yang gugur.

Daun ginje berbentuk garis lanset dengan ujung runcing dengan pangkal daun yang agak bengkok. Permukaan daun berwarna hijau bagian atas sedangkan bagian bawah berwarna hijau muda mengilat. Letak daun berkumpul pada ujung ranting.

Bentuk bunga ginje seperti terompet yang terletak diujung ranting atau berhadapan dengan daun. Warna bunga kuning. Proses pemekaran bunga tidak bersamaan. Buah ginje berbatu dengan warna hijau mengilat dan menghitam setelah matang.

Sifat Kimiawi Ginje

Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, senyawa aktif alami. Pada buah ginje terdapat thevetin A, thevetin B, peruvoside, neriifolin, ruvoside (theveneriine), perusitin, cerberin. Pada biji ginje juga terdapat thevetin A, cerberoside, thevebioside, neriifolin, cerberin, thevefolin, ruvoside, theveneriine, peruvoside, theveside, theviriside, vertiaflavone, peruvoside 2 – monoacetate. Begitu juga pada kulit ginje terdapat peruvoside, neriifoline, lupeol acetate, theviridoside. Bahkan pada cabang muda dan daun terdapat L – (+) – bornesitol. Sedangkan pada akar ginje juga terdapat nerrifolin, thevelene, dan neriperside.

Efek Farmakologis Ginje

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain menyebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat rasa pedas, hangat, pahit dan sangat beracun. Menguatkan jantung (cordiotonic), peluruh kemih (diuretic), menghilangkan bengkak (anti swelling), obat cacing (anthelmintic). Sifat kimiawi alami dan efek farmakologis ginje inilah sehingga ginje termasuk tanaman obat.

Ginje Mengobati Penyakit

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Gagal jantung (cardiac failure)

Dengan berbagai manifestasinya seperti Paroxysmal Supraventrical Tachycardia (gejalanya berdebar), Atrial fibrilation (serambi jantung hanya bergetar karena cepatnya denyut jantung) sehingga tanaman ginje dapat menyembuhkan penyakit jantung seperti gagal jantung atau jantung berdebar.

2. Membunuh serangga (insecticide)

Ginje dapat berfungsi seabgai insecticide karena kandungan zatnya yang beracun. Tanaman ini mampu membunuh serangga seperti lalat dan belatung (maggots).

3. Radang di pinggir kuku (Paronychia)

Ginje juga berfungsi sebagai obat luar seperti mampu mengobati radang di pinggir kuku atau cantengan. Caranya ambil daun segar lalu lumatkan, aduk bersama madu, kemudian bubuhi ke bagian yang sakit.  Lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali per hari.

4. Penurun panas, Demam berkala

5. Pencahar

Siapkan daun segar sebanyak 5 gram, lalu cuci bersih kemudian rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Saringlah setelah dingin lalu minum secara rutin selama proses penyembuhan.

Cara Pemakaian

Tanaman ini sangat beracun sehingga perlu kehati-hatian dalam memanfaatkannya sebagai bahan obat atau ramuan obat. Tidak dianjurkan untuk pemakaian dalam atau minum dari bahan segar atau yang dikeringkan, karena bahaya kelebihan dosis. Hanya dianjurkan untuk pemakaian luar.

Untuk pemakaian dalam (minum), sudah dibuat extrak menjadi bentuk tablet/suntikan yang berisi bahan aktif neriperside. Digunakan pada penyakit gagal jantung yang penyebabnya darah tinggi dan penyakit jantung koroner, radang paru (pneumonia) pada anak dengan kelemahan jantung, melambatkan denyut jantung pada paroxysmal supraventrical tachycardia dan paroxysmal atrial fibrillation.

Penggunaan daun segar untuk penyakit jantung dapat dilakukan dengan dosis sangat rendah yaitu 1 – 2 gram daun segar direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit, setelah dingin disaring, minum. Lakukan sehari sekali sampai sembuh, jika diare atau muntah maka obat ini dihentikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img