Manfaat Pengobatan Tanaman Jarong

Date:

Khasiat atau Manfaat pengobatan tanaman Jarong (Achyranthes aspera L.) memiliki kandungan senyawa yang dapat mengobati beberapa jenis penyakit yang umum seperti demam, panas, malaria, radang amandel, dan radang sendi.

aksiografi.com – Jarong adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan sehingga ia tergolong sebagai tanaman herbal. Selain memiliki sifat melancarkan peredaran darah, Jarong juga peluruh haid, memperkuat hati dan ginjal, memperkuat otot, urat, dan tulang, serta memiliki efek antiinflamasi dan anti racun.

Klasifikasi

Jarong disebut Achyranthes aspera L., atau Centrostachys aspera Standl atau Cyathula geniculata Lour termasuk ke dalam famili tumbuhan Amaranthaceae. Tanaman in dikenal dengan nama daerah jarongan, jarong lalaki, daun sangketan, nyarang atau dodinga.

Jarong (Achyranthes aspera L.)

Sifat Kimiawi

Tanaman ini mengandung berbagai senyawa kimia seperti akirantin, glukosa, galaktosa, reilosa, ramnosa, alakaloid, hentriakontan, sapogenin, betain, ecdysterone, dan triterpenoid saponin.

Efek Farmakologis

Efek farmakologis Jarong meliputi melancarkan peredaran darah, peluruh haid, memperkuat hati dan ginjal, memperkuat otot, urat, dan tulang, serta memiliki sifat antiinflamasi, anti racun, peluruh air seni, hemostatik, dan mempermudah persalinan. Dalam farmakologi Cina, Jarong juga dikatakan memiliki rasa agak pahit dan sifat sejuk.

Penyakit yang Dapat Diobati

Berbagai literatur yang mencatat pengalaman turun-temurun dari berbagai daerah dan negara mengungkapkan bahwa Jarong bermanfaat dalam mengobati beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan Jarong antara lain demam, panas, malaria, entritis, radang amandel, radang paru, radang sendi (ostheoporosis), nyeri menstruasi, mempermudah persalinan, muntah darah, kencing darah (hematuria), gondongan, kencing batu, dan infeksi ginjal.

Dengan khasiatnya yang beragam, Jarong menjadi tanaman yang menarik untuk dikaji lebih lanjut dalam pengobatan dan pencegahan penyakit. Namun, sebelum menggunakan Jarong untuk tujuan pengobatan, sebaiknya berkonsultasilah dengan tenaga medis yang kompeten untuk mendapatkan panduan yang tepat.

Subscribe

Popular

More like this
Related

Manfaat Pisang untuk Kesehatan: Mengungkap Kekuatan Nutrisinya

Pisang adalah salah satu buah yang tidak hanya lezat,...

Bidara Upas: Tanaman Herba Mengobati Kanker

Bidara upas mengobati kanker dengan cara menghambat pertumbuhan sel...

Buah Naga: Pesta Antioksidan yang Memanjakan Tubuh Anda!

Buah naga mengandung antioksidan pelindung tubuh, betasianin penangkal radikal...

Ciplukan: Tanaman Herba Serbaguna

Ciplukan (Physallis angulata Linn.) merupakan tanaman herba yang buahnya...