Manfaat Pengobatan Tanaman Jarong

Manfaat pengobatan tanaman Jarong (Achyranthes aspera L.) memiliki kandungan senyawa yang dapat mengobati beberapa jenis penyakit yang umum seperti demam, panas, malaria, radang amandel, dan radang sendi.

aksiografi.com – Jarong merupakan tanaman yang memiliki sifat melancarkan peredaran darah, Peluruh haid, Memperkuat hati dan ginjal, memperkuat otot urat dan tulang, anti inflamasi, Anti racun,

Daftar Isi

Klasifikasi

Jarong disebut Achyranthes aspera L., atau Centrostachys aspera Standl atau Cyathula geniculata Lour termasuk ke dalam famili tumbuhan Amaranthaceae. Tanaman in dikenal dengan nama daerah jarongan, jarong lalaki, daun sangketan, nyarang atau dodinga.

Manfaat Pengobatan Tanaman Jarong

Sifat Kimiawi

Kandungan kimia tumbuhan ini yang sudah diketahui yaitu ; akirantin, glukosa, galaktosa, reilosa, ramnosa, alakaloid. Biji jarong mengandung hentriakontan, sapogenin. Akar jarong mengandung betain, ecdysterone, triterpenoid saponin.

Efek Farmakologis

Tumbuhan ini bersifat melancarkan peredaran darah, peluruh haid, memperkuat hati dan ginjal, memperkuat otot urat dan tulang, anti inflamasi, anti racun, peluruh air seni, hemostatik dan mempermudah persalinan. Dalam farmakologi Cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa agak pahit dan sifat sejuk.

Penyakit yang Dapat Diobati

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai daerah dan negara , tanaman ini bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Betiku penyakit yang dapat diobati seperti demam, panas, malaria, entritis, radang amandel, radang paru, radang sendi (ostheoporosis), nyeri menstruasi, mempermudah persalinan, muntah darah, kencing darah (hematuria), gondongan, kencing batu, dan infeksi ginjal.