Minggu, Juli 25, 2021

Manfaat Kayu Manis Cina

Must Read

Manfaat Kayu manis cina atau Cinnamomum cassia Presl. memiliki khasiat farmakologis. Rasa pedas, manis, panas, dan sedikit toksik serta kandungan zat kimia alami menjadikan tanaman ini bermanfaat untuk kesehatan.

aksiografi.comCinnamomum cassia Presl. disebut juga sebagai kayu manis Cina atau Tiongkok. Memang, tumbuhan ini berasal dari China Selatan yang menyebar ke Selatan dan Timur Asia seperti India, Indonesia, Laos, Malaysia, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Tanaman ini berbatang pohon dan mendapat julukan tumbuhan hijau abadi. Kayu Manis ini merupakan salah satu dari beberapa sepsies Cinnamomum yang bermanfaat karena kulit kayunya beraroma dan menambah rasa untuk campuran rempah-rempah. Kayu manis cina juga masuk kategori sebagai tanaman obat.

Klasifikasi Cinnamomum cassia Presl.

Kayumanis cina disebut Cinnamomum cassia Presl atau Cinnamomum aromaticum Nees. termasuk ke dalam famili tumbuhan Lauraceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah juga kayumanis cina, dan nama asingnya Chinese kaneel, chinese cinnamomum atau bastard cinnamomum.

Sifat Kimiawi Kayu Manis Cina

Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain Kulit kayu manis mengandung cinnamic aldehyde, cinnamyl acetate, cinnzeylanol, cinnzeylanine, phenylpropyl acetate, tanin, saffrol. Buah mentah kayu manis memiliki kandungan cinnamic aldehyde, coumarin, trans-cinnamic acids, beta itosterol, choline, protocatechuric acid, syringic acid.

Baca Juga:   Manfaat Tanaman Ginje untuk Kesehatan
Baca Juga:   Andong Merah Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Efek Farmakologis Kayu Manis Cina

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat pada kulit kayu terasa pedas, manis, panas, sedkit beracun (toksik). Masuk meridian ginjal, limpa dan kandung kemih. Menguatkan “Yang”, menghangatkan limpa dan ginjal, melancarkan peredaran darah, menghilangkan sakit, menambah napsu makan (stomakik), peluruh kentut (karminatif). pada ranting muda terasa pedas, manis, hangat. Masuk merindian kandung kemih, jantung dan paru-paru. Peluruh keringat (diaforetik), mengendurkan otot (muscle relaxant), menghangatkan dan melancarkan sirkulasi di meridian, melancarkan pernapasan.

Bagian Tanaman Yang Berguna

Manfaat kayu manis cina karena ia memiliki efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan kulit kayu dan ranting. Dijemur untuk penyimpanan.

Penyakit yang Dapat Terobati

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, kayu manis cina memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yaitu:

1. Sakit lambung, diare, gangguan pencernakan

Bubuk kulit kayu 1,5 g diseduh dengan air hangat, minum, lakukan 2 kali sehari.

2. Shock, demam, kaki tangan berkeringat

Batuk karena paru-paru dingin, sesak napas, rematism

Baca Juga:   Umbi Bambu Tali mengobati Batuk Darah TBC

Nyeri haid (dysmenorrhea), tidak datang haid (amenorrhea)

Tekanan darah tinggi, nyeri pada ujung jari (frost-bite), Tumor dalam perut (tumor abdomen)

Bubuk kulit kayu 0,5 – 2,5 g diseduh dengan air hangat, minum, lakukan 2 kali sehari.

3. Demam, flu karena angin dingin, batuk sesak

Bengkak menahan cairan, bengkak karena jantung dan ginjal

Sakit otot (reumatism), Nyeri haid, tidak datang haid. Epilepsi

Bubuk ranting muda 1,5 – 6 g digodok atau digiling menjadi bubuk..

Baca Juga:   Tanaman Jali Menyembuhkan 11 Penyakit

PERHATIAN : Sedikit beracun ; wanita hamil, penderita demam, Yin lemah, Yang kuat, penyakit pendarahan, dilarang minum.

Penulis: Suharni Yusuf

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img