gambar manfaat kasingsat untuk kesehatan

Kasingsat atau  Cassia occidentalis Linn. atau Cassia caroliniana Walt termasuk ke dalam famili tumbuhan Caesalpiniaceae (Leguminosae). Tanaman ini dikenal dengan nama daerah cinyingsat, senting, kopi andelan atau bulinggang alas, kacang tikus.

aksiografi.com – Kasingsat adalah tanaman perdu berbatang kayu berasal dari kawasan tropis Amerika. Kasingsat memberi manfaat bagi kesehatan baik batang, daun, biji, dan akarnya. DI beberapa daerah di Indonesia, kasingsat memiliki nama tersendiri dari masing-masing wilayah. Orang Jawa menyebutnya menting atau senting, orang Sunda menamakan kasingat atau cinyingsat, dan orang Sumatra memberi nama andelan. Kasingsat masuk dalam kategori tanaman obat.

Klasifikasi Kasingsat

Kasingsat disebut Cassia occidentalis Linn. atau Cassia caroliniana Walt termasuk ke dalam famili tumbuhan Caesalpiniaceae (Leguminosae). Tanaman ini dikenal dengan nama daerah cinyingsat, senting, kopi andelan atau bulinggang alas, kacang tikus.

Sifat Kimiawi Kasingsat

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain: Daun kasingsat mengandung dimeric anthrone glikosida, suatu pencahar yang sangat poten. Akar kasingsat mengandung 1,8-dihydroxy-anthraquinone, alfa-hydroxy-anthraquinone, emodin, quercetin, heterodianthrone, chrysophanol.

Efek Farmakologis Cassia occidentalis Linn.

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain menyebutkan bahwa tanaman kasingsat memiliki khasiat penyembuh karena ia memiliki sifat rasa pahit, dingin, agak beracun. Pengobatan radang mata, perangsang nafsu makan, pencahar (laxans), anti radang.

Bagian Tanaman yang Berguna

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan daun, biji, batang dan akar. Dikeringkan dibawah sinar matahari.

Penyakit yang Dapat Terobati

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Sakit kepala berulang

Daun 30 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.

2. Keputihan (flour albus)

Daun muda yang dikukus sebagai lalap berkhasiat terhadap keputihan.

3. Digigit ular

Segenggam daun segar dilumatkan, kemudian diperas, airnya diminum dan ampasnya dibubuhi pada luka gigitan.

4. Sulit buang air besar, dysentri, diare kronis, nyeri ulu hati

Tanaman kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas, dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.

5. Batuk, sesak napas, radang paru

Tanaman kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas, dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.

6. Hepatitis

Tanaman kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas, dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.

Catatan :Wanita hamil dilarang pakai.

Itulah khasiat kasingsat untuk kesehatan.

Penulis: Suharni Yusuf