Manfaat Buah Anggur untuk Ibu Hamil

Must Read

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil sangat baik dalam menjaga stamina fisik dan psikis. Ada beragam manfaat buah anggur untuk ibu hamil yang membuatnya disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

aksiografi.com – Buah anggur merupakan tanaman para bangsawan di masa kerajaan. Buah ini hanya diperuntukkan bagi keluarga kerajaan dan para tamu undangan. Ternyata buah anggur mengandung rahasia kesehatan yang tinggi. Salah satu manfaat kesehatan adalah menjaga kesehatan dan suasana ibu hamil. Hal itu terjadi karena buah ini mengandung beragam nutrisi penting. Nutrisi tersebut di antaranya adalah vitamin C, vitamin K, folat, kalium, mangan, fosfor, riboflavin, dan serat.

Manfaat Anggur untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan terjadi perubahan hormon sehingga dapa membuat imunitas tubuh menurun. Kondisi itu membuat ibu hamil lebih rentan terkena infeksi. Oleh sebab itu, ibu hamil memerlukan asupan makanan yang tepat, dan anggur adalah salah satunya.

Manfaat buah anggur sangat penting bagi ibu hami. Konsumsi secukupnya selama kehamilan, sehingg buah anggur dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat bagi ibu hamil di antaranya:

1. Buah Anggur Meningkatkan Imun

Kandungan vitamin C pada anggur dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa aktif dalam anggur terbukti mampu melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri.

2. Buah Anggur Meningkatkan Suasana Hati

Suasana hati ibu hamil sering terganggu karena adanya perubahan hormon selama masa kehamilan. Ibu hamil sering merasa sedih atau mudah marah tanpa alasan. Salah satu cara meredakan suasana hati yang buruk, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi buah anggur.

3. Buah Anggur Mendukung Kesehatan Tulang

Bukan hanya bagi ibu hamil tapi cabang bayi dalam kandungan juga membutuhkan kalsium, vitamin K, magnesium, dan fosfor pada anggur baik untuk kesehatan tulang. Resveratrol yang merupakan salah satu antioksidan dalam anggur dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta mempertahankan kalsium dalam tulang.

4. Buah Anggur Menurunkan Tekanan Darah

Ibu hamil memiliki risiko lebih tinggi mengalami preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama masa kehamilan. Salah satu manfaat anggur untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah.

Salah satu kandungan buah anggur adalah kalium yang mampu mengurangi kadar galam berlebih dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalium juga dapat membantu meringankan kram kaki dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Konsumsilah buah anggur secara bijak dan teratud dan jangan lupa mengonsumsi berbagai makanan sehat untuk kehamilan lainnya guna memperoleh nutrisi yang lengkap. Bila perlu, berkonsultasilah kepada dokter secara rutin termasuk menu makanan harian yang baik bagi Anda.

Penulis: dr. Sri Hikmawaty

Penyunting: Gusti Zainal

Referensi

Academy of Sciences, 1414(1), pp. 59–71.

Cassa, M. A., Oliveira, V. A., & Ghezzi, P. (2019). Boosting the Immune System, from Science to Myth: Analysis the Infosphere with Google. Frontiers in Medicine, 6, pp. 165.

Calapai, G., et al. (2017). A Randomized, Double-Blinded, Clinical Trial on Effects of a Vitis vinifera Extract on Cognitive Function in Healthy Older Adults. Frontiers in Pharmacology, 8, pp. 776.

Everyday Health (2019). Why Is Fiber Important for Your Digestive Health?

Field, M. S., & Stover, P. J. (2018). Safety of Folic Acid. Annals of the New York

Groves, M. Healthline (2018). Top 12 Health Benefits of Eating Grapes.

Mayo Clinic (2018). Dietary Fiber: Essential for a Healthy Diet.

McDermott, A. Healthline (2019). Are Grapes Good for You?

Raman, R. Healthline (2018). 8 Signs and Symptoms of Potassium Deficiency (Hypokalemia).

Stewart, D. H. Baby Center. Potassium in Your Pregnancy Diet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img