Makanlah Buah Apel Setiap Hari untuk Menghindari Bertemu Dokter

Date:

Makan buah apel secara rutin dapat menghindari bertemu dokter merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris, “An Apple A Day Keeps the Doctor Away”. Ternyata terbukti berdasarkan hasil penelitian terkini.

aksiogorafi.com – Istilah “An Apple A Day Keeps The Doctor Away” yang berarti ‘makan buah apel setiap hari dapat mencegah datangnya penyakit” sebagai ungkapan bahwa cara itu juga kita terhindar masuk rumah sakit atau berobat ke dokter.

Isilah ini sebenarnya berkaitan dengan kandungan khasiat buah apel bagi kesehatan dan dapat mencegah beberapa penyakit. Buah yang sudah ada sejak zaman kuno dengan berbagai varietas dan rasanya ini, memang memberi khasiat kesehatan dan kebugaran bagi tubuh.

Berbagai hasil penelitian telah menunjukkan bahwa buah apel mengandung banyak serta, antioksidan, dan flavonoid yang berfungsi mencegah beberapa penyakit kronis yang dapat dialami oleh seseorang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa serat buah apel membantu proses perubahan sel kekebalan yang pro-inflamasi menjadi anti-inflamasi yang menunjang peningkatan imun seseorang.

Para peneliti dari National Public Healt Institute di Henlsinki, Finlandia, melaporkan hasil penelitian yang menunjukkan buah apel dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

jus sari buah apel
Gambar oleh Bruno /Germany dari Pixabay

Begitu juga dengan hasil penelitian yang termuat dalam Journal of American Heart Association menunjukkan bahwa daging buah apel mampu mengurangi risiko penyakit stroke. Senyawa alami phytochemical seperti karotenoid dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Dr. Dieter Schrenk, MD dkk dari the University of Kaiser Lautern, Jerman, melakukan penelitian terhadap manfaat buah apel dalam mengatasi penyakit kanker. Begitu juga dengan studi yang berjudul Anthocyanins and Their Role in Cancer Prevention menunjukkan bawah fitonutrien dalam buah apel ternyata membantu melindungi tubuh dari kanker paru dan kanker usus.

Dalam hasil analisa meta pada 2016 lalu memberikan kesimpulan bahwa mengonsumsi rutin buah apel bersama kulitnya dapat menurunkan risko kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker kolorektal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Subscribe

Popular

More like this
Related

Barucina Mengatasi Peradangan: Tanaman Herba Berkhasiat dalam Meredakan Peradangan

Temukan bagaimana Barucina, tanaman herba yang telah digunakan dalam...

Tanaman Herba Cakar Ayam

Pelajari tanaman herba cakar ayam (Selaginella doederleinii Hieron) yang...

Demam Reumatik: Penyakit Peradangan yang Mengintai Anak-anak

Demam Reumatik: Penyakit Peradangan yang Mengintai Anak-anak. Pelajari gejala,...

Ceguk (Quisqualis indica L.)

Ceguk (Quisqualis indica L.) merupakan tanaman perdu yang memiliki...