Khasiat Tanaman Karuk atau Piper Sarmentosum

Must Read

Karuk disebut Piper sarmentosum Roxb. Ex. Hunter adalah tanaman satu famili dengan daun sirih. Karuk memiliki manfaat farmakologis yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit

aksiografi.com – Daun karuk atau biasa disebut daun kaduk mirip dengan daun sirih karena memang tanaman ini masih satu famili dengan sirih. Karuk masuk dalam kategori tanaman obat.

Klasifikasi Karuk

Karuk disebut Piper sarmentosum Roxb. Ex. Hunter atau Chavica sarmentosa Miq. atau Piper diffusum termasuk ke dalam famili tumbuhan Piperaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah karuk, cabean, kado-kado, sirih tanah, amelun une atau gofu tofere.

Sifat Kimiawi Karuk

Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain Buah, daun dan akar mengandung saponin dan polifenol. Buah dan daunnya juga mengandung flavonoida dan minyak atsiri.

Efek Farmakologis Piper sarmentosum Roxb.

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional menyebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat; Daun karuk memiliki efek pedas, peluruh lendir. Akar karuk terasa pedas, peluruh air seni dan batu empedu.

Bagian Tanaman Karuk yang Berguna

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan seluruh daun segar dan akar serta buah segar atau yang telah dikeringkan.

Penyakit yang Dapat Terobati

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Obat Peluruh Air Seni

Akar segar 8 gram, dicuci, direbus dengan 3 gelas air selama 25 menit, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum dua kali sama banyak pagi dan sore.

2. Obat Asma

Daun segar 5 lembar dicuci bersih, dilumatkan seperti bubur dan di sedu dengan air setengah gelas, dinginkan, saring, minum. Sehari dua kali.

3. Obat Sakit Perut

Buah 1 – 3 gr direbus, diminum.

4. Obat Malaria

Akar karuk 60 gram direbus dalam anggur dan air, minum.

5. Obat Batuk, Asma, Nyeri gigi

Akar segar 10 gram (kering 3 gram) ditumbuk halus, sedu dengan air panas satu cangkir, tunggu sampai hangat, minum. Lakukan 1 – 5 kali sehari tergantung sakitnya.

6. Obat Nyeri tulang, Panu

Daun ditumbuk halus , tempelkan ke tempat sakit.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img