Rabu, Juni 16, 2021

Khasiat Jintan Hitam Habbatussauda dalam Kesehatan

Must Read

Khasiat jintan hitam atau habbatussauda ternyata mampu mengobati berbagai penyakit. Tanaman dari Timur Tengah ini telah memberi sumbangsih bagi banyak orang di berbagai negara termasuk Indonesia.

aksiografi.com – Jintan hitam adalah biji-bijian yang dalam bahasa Latin bernama Nigella Sativa L. Tumbuhan ini termasuk ke dalam famili tumbuhan Ranunculanceae. Tanaman ini terkenal dengan sebutan jintan hitam pahit. Dalam bahasa Inggris, jintan hitam adalah black seed, black cumin, Nutmeg flower, Schwarzcummel. Tanaman ini satu genus dengan Nigella damascean L. yang sebutan ejaan jintan terkadang jjinten hitam.

Orang Indonesia menyebut jintan hitam ini sebagai habbatussauda. Ungkapan habbatussauda berasal dari Bahasa Arab yang berarti biji jintan hitam. Ibu Sina, seorang filsuf dunia medis, telah menulis hasil penelitiannya tentang habbatussauda. Bapak kedokteran modern ini menulisnya dalam buku Canon of Medicine.

Biji Habbatussauda ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Jintan hitam mengandung aneka nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak sehat seperti asam oleat dan asam linoleat, serat, zat besi, natrium, kalsium, kalium, dan antioksidan.

Morfologi Jintan Hitam

Tanaman jinten hitam habbatussauda banyak tumbuh di Asia Barat atau Timur Tengah dan Eropa Timur. Orang Arab menggunakan habbatussauda sebagai bumbu makanan.  

Nigella sativa merupakan tanaman terna yang memiliki daun berbau segar. Bijinya yang hitam mengandung mintak atsiri dan lemak. Kegunaan jintan hitam ini sering selalu menjadi bahan rempah-rempah dan campuran obat-obatan. Biji-biji terna ini agak keras memiliki limas ganda pada kedua ujung yang meruncing. Salah satu limasnya lebih pendek dari lainnya.

Klasifikasi Jintan Hitam

Jintan hitam atau Nigella Sativa L. termasuk ke dalam famili tumbuhan Ranunculanceae. Tanaman dari genus Nigella ini terkenal dengan nama daerah jintan hitam pahit, sedang nama asingnya black seed, black cumin, Nutmeg flower, Schwarzcummel. Tanaman ini satu genus dengan Nigella damascean L. yang biasa disebut jintan hitam manis. Khasiat jintan hitam terletak pada sifat kimiawi alaminya. Tidak mengherankan jika jintan hitam sebagai tanaman obat mendapat julukan sebagai “obat dari segala penyakit”.

gambar bunga jintan hitam habbatussauda

Efek Farmakologis Jintan Hitam

Manfaat Jintan hitam terletak pada efek farmakologisnya. Dalam berbagai literatur pengobatan tradisional menyebutkan tanaman ini memliki sifat sebagai berikut:

Karminatif, Stimulant, Mengobati gangguan pencernakan dan perut, Nigellone berfungsi sebagai Bronco–dilatator, Minyak berfungsi sebagai anti bakteri dan anti mycotic. Stimulant sumsum tulang belakang dan sel – sel immune dan meningkatkan produksi interferon, melindungi sel normal dari serangan virus dan tumor dan meningkatkan jumlah sel antibodi B.

Baca Juga:   Cabe Jawa Mencegah 15 Penyakit
Baca Juga:   Kumis kucing Tanaman Obat Tradisional

Meningkatkan daya tahan tubuh : Meningkatkan penekan sel – T pada lymphocyte dan meningkatkan aktoifitas sel pembunuh alami. Aktifitas anti histamin Menurunkan gejala asthma bronchial. Menghambat protein kinase C yang merangsang pengeluaran histamin

Anti–Tumor. Asam lemak dari Nigela sativa L. menghambat keseluruhan pertumbuhan sel tumor Ehrlich ascites carcinoma (EAC) dan Dalton ‘s Lymphoma ascites (DLA)

Antibakteri. Sifat anti bakteri dari minyak menguap Nigella sativa L. lebih kuat daripada ; Amphicilin, tetracyline, Cotrimoxacole,gentamicin dan asamk palidxic.

Anti Inflamasi. Minyak tetap ( minyak tidak Terbang ) dariNigella sativa L. dan derivativenya bersifat anti inflamasi bersifat efektif pada penderita arthitis.

Penyakit yang Dapat Terobati

Khasiat jintan hitam untuk mengobati penyakit berat dan ringan. Berbagai penelitian sejak zaman dulu hingga modern menyebutkan biji jintan hitam ini dapat meningkatkan sistek kekebalan tubuh (imun) dari serangan virus, kuman, dan bakteri.

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun – temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit terutama sebagai obat tambahan untuk penyakit–penyakit sebagai berikut:

Jintan Hitam Mengatasi Gangguan Pencernaan

Untuk typhus dan disentri dapat diberikan bersama Andrographis paniculata dan Euphorbia hirta, masing–masing 3 x 1.

Jintan Hitam Menjaga Kadar Gula Darah

Salah satu tanda penyakit diabetes adalah kadar gula yang tinggi. Gejalanya sepertinya sering merasa haus, mudah lelah, dan sulit melakukan konsentrasi. Jika penyakit ini tidak terobati maka akan mengakibatkan kerusakan sarat, gangguan penglihatan, dan memperlambat penyembuhan luka pada tubuh.

Jintan Hitam Menormalkan Darah Tinggi (Hipertensi)

Habbatussauda ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Berbagai riset dan penelitian pengujian dapat menurunkan tekanan darah.

Jintan Hitam Mengobati Kolesterol Tinggi

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, habbatussauda atau jintan hitam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dan saat bersamaan meningkatkan kadar kolesterol baik.  Kolesterol tinggi memang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit stroke dan penyakit jantung.

Jintan Hitam Mengobati Diare

Untuk typhus dan disentri dapat diberikan bersama Andrographis paniculata dan Euphorbia hirta, masing – masing 3 x 1 dalam sehari. Jika menggunakan kapsul sebagai obat utama sebaiknya minum 3 x 2 setiap hari selama pengobatan.

Baca Juga:   Mengenal Kelor sebagai Pohon Ajaib (the Miracle Tree)

Jintan Hitam Mengobati Kanker

Jintan hitam ternyata memiliki senyawa aktif alami Thymoquinone yang memiliki khasiat efek antikanker. Thymoquinone dapat mengurangi ukuran tumor ganas. Hasil uji laboratorium zat ini dapat efektif menghambat pertumbuhan kanker.

Habbatussauda juga dapat bersama obat kanker lain. Jika menggunakan kapsul habbatussauda sebagai pengobatan kanker sebaiknya konsumsi 2 kapsul setiap kali minum. Dalam sehari minum tiga kali selama masa penyembuhan.

Jintan Hitam Menambah ASI

Bagi ibu yang menyusui, black sheed juga dapat memperlancar Air Susu Ibu (ASI). Black cumin, sebutan lain jinten hitam, tersedia dalam bentuk suplemen booster ASI bersama dengan fenugreek dan alfalfa. Habbatussauda dalam bentuk kapsul untuk memperlancar ASI gunakan 3 x 2 atau 3 x 1 sehari, sesuai kebutuhan dan konsisi ASI sang ibu.

Jintan Hitam Mengatasi Rematik

Hasil penelitian Immunilogical Investigations, minyak jinten hitam dapat membantu mengobati rematik. Minyak habbatussauda mengurangi gejala arthritis. Oleskan minyak black seed pada bagian sakit. Dalam bentuk kapsul, penderita konsumsi 3 x 2 sertiap hari.

Baca Juga:   Andong (Coryline fruticosa Linn)

Jintan Hitam Anti Radang

Biji-bijian hitam ini memiliki senyawa alami yang berfungsi mengurangi peradangan. Ia mampu mengurangi keparahan serangan asma, sinusitis, alergi, dan radang sendi. untuk Asma Bronchiale, jinten hitam bersama Selaginella doerdeleinii Hieron dan Andrographis paniculata dalam bentuk kapsul, penderita sebaikanya mengonsumsi 3 x 2 kapsul per hari selama masa penyembuhan.

Radang Selaput Lendir Hidung (alergi )

Manfaat jintan hitam juga mengurangi radang selaput lendir hidung (alergi). Cukup gosokkan biji di telapak tangan lalu hirup baunya. Selain itu khasiat biji-bijian hitam ini juga dapat mengurangi hidung tersumbat, gatal, pilek, dan bersin yang terus-menerus selama dua minggu.

Jintan Hitam Mengobati Cacingan

Biji 25 gram dicuci kemudian ditumbuk sampai lumat, tambahkan setengah gelas air matang, kemudian saring. Minumlah hasil saringan sekaligus. Minumlah selama tiga hari.

Biji jintan hitam ini banyak tersedia baik di pasar-pasar tradisional ataupun di toko-toko dan apotik obat. Ada dalam bentuk biji, bubuk dan kapusl. Harga jintan hitam per kilogram  berkisar Rp 80.000 hingga Rp 100.000. Harga dalam bentuk bubuk berkisar Rp 30.000 – Rp 50.000, sedangkan dalam bentuk kapsul dengan 100 kapsul berkisar Rp 120.000 hingga Rp 150.000. Tapi semua tergantung mereknya.

Penulis: dr. Sri Hikmawaty

Editor: Gusti Zainal

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img