Inggu (Ruta angustifolia Pers.)

Inggu (Ruta angustifolia Pers.) memiliki kandungan kimia antara lain minyak terbang yang mengandung metil nonilketon dan keton lainnya.

aksiografi.com – Inggu disebut Ruta angustifolia Pers atau Ruta graveolens Linn. termasuk ke dalam famili tumbuhan Rutaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama minggu, godong minggu, aruda atau anruda busu.

Sifat Kimiawi

Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain minyak terbang yang mengandung metil nonilketon dan keton lainnya. Senyawa lain, seperti fenol, ester, rutin, glukosida dan zat samak, skimianin, kokusaginin dan beragapten.

Inggu (Ruta angustifolia Pers.)

Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat rasa pahit, anti kejang, obat penenang, agak sedikit beracun dan berbau aromatik.

Bagian Tanaman yang Digunakan

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan daging daun dengan atau tanpa tangkai.

Penyakit yang dapat Disembuhkan

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut:

Kejang-kejang

Kompres, cuci muka atau mandi dengan rebusan daun inggu (sebagai obat penenang).

Kudis

Cuci luka dengan air rebusan daun inggu.

Sakit gigi

Daun inggu kering 2 – 4 gr direbus, airnya disaring, pakai untuk kumur beberapa kali.

Demam, masuk angin

Daun inggu kering 2 – 4 gr direbus, airnya disaring, minum.

Pegal-pegal

Daun inggu kering 2 – 4 gr direbus, airnya disaring, minum.

Sakit Lever

Daun inggu 25 g direbus bersama 15 g brotowali dan 10 g kunyit hingga airnya menjadi separonya. Minum secara rutin 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan lever (sakit kuning) atau, sepertiga genggam daun inggu, direbus, 3 gelas jadi 1,5 gelas. Tambahkan gula batu. Minum sehari 2 x ¾ gelas.