Iler (Coleus scutellarioides Benth)

Must Read

Iler (Coleus scutellarioides Benth) adalah tanaman dari famili tumbuhan Labiatae yang memiliki efek farmakologi menambah nafsu makan, menetralisir racun, menghilangkan gumpalan darah, dan peluruh haid.

aksiografi.com – Iler atau Coleus scutellarioides (L) Benth merupakan tanaman semak menjalar dengan ketinggian mencapai 1,5 meter. Miana, sebutan lain Iler, adalah tanaman semusim yang banyak tumbuh di indonesia. Batangnya lunak dengan percabangan monopodial dan berdaun tunggal berbentuk bulat telur. Ujung daun meruncing dengan pinggiran bergerigi tumpul.

Bunga tanaman ini adalah majemuk bertandan di ujung batang. Model kelopaknya seperti corong berwarna hijau muda dengan mahkota bunga mirip bibir berwarna ungu keputihan. Terdapat dua benang sari putih dan putik kecil warna ungu.

Iler atau Coleus scutellarioides (L) Benth

Klasifikasi

Iler dikenal dengan nama Coleus scutellarioides (L) Benth.,tetapi juga disebut Coleus atropurpureus Benth. termasuk dalam famili tumbuhan Labiatae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah seperti sigresing (Batak), adong-adong (Palembang), ati-ati (Bugis), serewung (Minahasa). Secara umum di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan jawer kotok. Di beberapa tempat menyebutnya juga dengan miana, saru-saru atau majana.

Sifat Kimiawi

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain terdapat pada batang dan daun seperti minyak atsiri, tanin, lemak, phyosterol, calcium oxalate, pectic substances.

Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina disebut Iler atau Coleus scutellarioides (L) Benth ini memiliki rasa agak pahit dan baunya harum. Tumbuhan ini memiliki sifat penambah nafsu makan, menetralisir racun, menghilangkan gumpalan darah, mempercepat pematangan bisul, obat cacing, dan peluruh haid.

Salah satu penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun Iler (Coleus scutellarioides (L) Benth) yang mengandung zat antidiabet dapat memberikan efek terhadap peningakatan aktivitas penghambatan enzim glukosidase.

Penyakit yang dapat Disembuhkan

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman-pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah dan beberapa penelitian, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit seperti postpartum, dermatitis, sakit perut, batuk, nyeri pada otot, asma, gangguan pencernaan, dan lain-lain.[i]

Namun, umumnya, tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit sebagai berikut:

1. Wasir.

2. Bisul, abses, dan borok.

3. Radang telinga.

4. Terlambat haid.

5. Cacing gelang.

6. Keputihan.

7. Gangguan pencernakan.

8. Mulas atau sakit perut.


[i]              Henvia Novanti dan Yasniwar Susilawati, 2017, Aktivitas Farmakologi Daun Iler

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img