Ad
Home Aksi Hari Radiologi Internasional dan Dampaknya dalam Dunia Kesehatan

Hari Radiologi Internasional dan Dampaknya dalam Dunia Kesehatan

0
Hari Radiologi Internasional
Ad
Ad

Hari Radiologi Internasional (IDoR): Perayaan global peran penting pencitraan medis dalam kesehatan modern, dirayakan setiap 8 November untuk menghormati penemuan sinar X oleh Röntgen. Tema tahunan dan kegiatan mengedukasi tentang radiologi.

aksiografi.com – Pada 8 November setiap tahun, seluruh dunia merayakan Hari Radiologi Internasional (IDoR), sebuah acara tahunan yang menyoroti peran penting pencitraan medis dalam perawatan kesehatan modern. Tanggal ini dipilih untuk merayakan penemuan sinar X oleh Wilhelm Conrad Röntgen pada tanggal yang sama pada tahun 1895, sebuah penemuan yang secara revolusioner telah membentuk dasar bagi disiplin medis radiologi.

IDoR pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 sebagai inisiatif bersama dari tiga lembaga prestisius: European Society of Radiology (ESR), Radiological Society of North America (RSNA), dan American College of Radiology (ACR). Sejak itu, acara ini telah mendapat pengakuan dan dukungan dari hampir 200 organisasi nasional, sub-spesialisasi, dan lembaga terkait di seluruh dunia.

Sebagai penerus Hari Radiologi Eropa (EuropeanDay Radiology_EDoR) yang pertama kali dirayakan pada tahun 2011, IDoR telah mengadopsi dan diperluas ke seluruh dunia sebagai ajang perayaan yang menggabungkan berbagai aspek radiologi. Sebagai langkah penting, tanggal perayaan dipindahkan dari peringatan kematian Röntgen ke tanggal penemuan sinar X, dengan pengesahan resmi oleh ketiga lembaga pendiri pada pertemuan tahunan RSNA di Chicago pada tahun 2011.

Tema tahunan IDoR telah menjadi sorotan, dengan fokus yang berubah setiap tahun untuk mencerminkan isu-isu penting dalam dunia radiologi. Tema-tema ini mencakup berbagai aspek spesialisasi dan subspesialisasi radiologi, dari radiografer yang berada di garis depan keselamatan pasien hingga pencitraan jantung, pencitraan darurat, hingga pencitraan otak.

Seiring dengan perayaan IDoR, komunitas radiologi di seluruh dunia menyelenggarakan berbagai acara dan kegiatan yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pencitraan medis. Pameran, lokakarya, ceramah, dan kampanye media sosial adalah beberapa contoh cara perayaan ini diwujudkan. Sebagai contoh, pada tahun 2018, komunitas radiologi di Kanada, Jepang, dan Spanyol menyelenggarakan berbagai acara yang menyoroti tema pencitraan jantung.

Untuk mendukung IDoR, Perkumpulan Radiologi Eropa menerbitkan buku-buku bertema setiap tahun. Salah satu buku yang mencolok adalah “The HEART” yang dirilis pada tahun 2018, membahas penyakit jantung dan bagaimana pencitraan membantu dalam diagnosis, pengobatan, dan perawatan pasien.

Sebagai tambahan, Masyarakat Radiologi Eropa telah berkolaborasi dengan Masyarakat Internasional untuk Sejarah Radiologi untuk menerbitkan tiga jilid tentang sejarah radiologi, yang berjudul “The Story of Radiology”.

Hari Radiologi Internasional adalah momen yang penting untuk merayakan pencapaian dan inovasi dalam dunia radiologi, serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran yang vital yang dimainkan oleh para profesional radiologi dalam perawatan kesehatan modern. Pada setiap tanggal 8 November, dunia bersatu untuk menghormati pencipta sinar X dan merayakan keajaiban pencitraan medis.

Ad

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version