Gandarusa atau Justicia gendarussa

Must Read

Gandarusa atau Justicia gendarussa (Burm. f) merupakan tumbuhan semak yang tumbuh di negara tropis. Tanaman ini memiliki khasiat penyembuhan yang baik bagi kesehatan tubuh.

aksiografi.com – Gandarusa atau Justicia gendarussa (Burm. f) merupakan tumbuhan semak yang tumbuh di negara tropis. Tanaman ini sering dijadikan sebagai pagar hidup karena mudah diperbanyak melalui penanaman stek.

Dalam tradisi Melayu Riau, daun gandarusa dijadikan bahan pelengkap utama dalam proses Tepuk Tepung Tawar sebagai perenjis bersama daun juang-juang, sedingin, dan setawar. Masyarakat Riau meyakini daun ini dapat menangkal sihir, penyakit, dan musibah.

Di Gorontalo, masyarakat meyakini tanaman Bonggohu’u, sebutan gandarusa di daerah itu, mampu membantu bayi cepat berjalan.

Klasifikasi

Gandarusa disebut Justicia gendarussa (Burm. f), atau Justicia dahona Buch. Ham. termasuk kedalam famili tumbuhan Acanthaceae. Tanaman in dikenal dengan nama daerah besi-besi, tetean, handarusa atau puli.

Gandarusa atau Justicia gendarussa

Sifat Kimiawi

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain: justicin, minyak atsiri, kalium dan alkaloid yang agak beracun.

Efek Farmakologis Gandarusa atau Justicia gendarussa

Efek farmakologis ini diperoleh dari penggunaan daun segar dan kering.

Tumbuhan ini bersifat rasa pedas, sedikit asam, netral, memperlancar peredaran, anti rheumatik. Daun rusa, sebutan lain dari Gandarusa, memiliki efek analgetik, diuretik, antirhematik dan antispermatozoa. Daun kisi-kisi ini mengandung alkaloid yang berpotensi sebagai racun bagi manusia.

Hasil penelitian menunjukkan Gandarusa memiliki khasiat obat herbal untuk keseleo atau terkilir. Di beberapa daerah seperti di Papua, penduduk lokal menjadikan daun gandarusa sebagai alat kontrasepsi pria sejak turun temurun. Kebiasaan masyarakat Papua inilah menginspirasi penelitian tentang khasiat gandarusa sebagai kontrasepsi.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa gandarusa mengandung anti-HIV arylnaphthalene lignan glycoside yaitu petentiflorin A.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai daerah dan negara , tanaman ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut:

1. Tulang patah, keseleo atau terkilir

2. Rematik

3. Memar dan meredam bengkak

4. Kontrasepsi Pria

5. Penghambat Virus HIV

6. Membantu bayi cepat berjalan

7. Mengobati bisul

Di India dan Asia Tenggara dipakai sebagai penurun panas, merangsang muntah, anti reumatik, pengobatan sakit kepala, kelumpuhan otot wajah, eksema, sakit mata dan telinga. Pembahasan tentang khasiat pengobatan gandarusa atau Justica gendarussa (Burm. f) dibahas pada topik penyakit.

Ditulis oleh: Suharni Yusuf

Disunting oleh: dr. Sri Hikmawaty

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img