gambar ekstrak daun kelor mengatasi virus HSV

Ekstrak daun kelor dapat menangkal virus terutama virus herpes simplex (HSV) penyebab penyakit herpes genital.

aksiografi.com – Herpes kelamin atau herpes genital adalah penyakit menular seksual pada pria dan wanita. Penyakit ini menyebabkan luka melepuh di area kelamin. Namun penderita penyakit ini juga bisa terjadi tanpa gejala.

Jika gejala muncul maka akan terliha berupa luka lepuh di area kelamin. Luka itu terasa sakit dan gatal. Gejala ini dapat kambuh dalam beberapa kali tergantung sistem kekebalan tubuh seseorang.

Penyebab herpes genita adalah virus herpes simpleks (HSV). Penyebaran HSV paling sering terjadi melalui hubungan intin dengan orang yang terinfeksi virus ini. Bahkan bayi yang dikandung oleh ibu hamil yang menderita penyakit ini. Herpes pada bayi juga bisa terjadi saat bayi dicium oleh orang yang menderita herpes di mulutnya.

Cara Pengobatan Herpes Genital

Cara pengobatan kepada penderita herpes genital  adalah pemberian obat antivirus seperti acyclovir, valacyclovir, dan famciclovir. Tujuan pemberian obat antivirus adalah memperpendek durasi kemunculan gejala dan mencegah penularan penyakit kepada orang lain. Namun obat ini tidak menghilangkan virus herpes dari dalam tubuh penderita. Itu terjadi karena hingga saat ini belum ada obat yang dapat membunuh virus herpes.

Pengobatan herpes genital hanya bertujuan untuk mempercepat kesembuhan saat timbul gejala pertama kali, mengurangi keparahan gejala, mengurangi kekambuhan gejala, dan meminimalkan penyebaran infeksi ke orang lain.

Salah satu cara selain pemberian obat antivirus adalah peningkatan daya imun. Obat yang paling bagus dalam meningkatkan daya imun adalah mengonsumsi tanaman herbal atau obat herbal. Tanaman herba yang paling baik untuk mencegah visur herpes simplez yaitu ekxtrak daun kelor (moringa extract).

Ekstrak Daun Kelor Mengobati Herpes

Daun kelor terkenal dengan kandungan senyawa alamiah dan efek farmakologisnya. Tanaman ini mendapat julukan the Miracle Tree dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena telah memberi sumbangsih kesehatan bagi negara-negara termiskin di dunia. Daun, buah, biji, dan kulit pohon kelor memiliki khasiat penyembuh sehingga tanaman ini masuk sebagai tanaman obat.

Di beberapa toko atau apotik menjual ekstrak daun kelor. Harganya terjangkau hanya sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000. Informasi perdagangan ekstrak daun kelor dapat dilihat di media online seperti bukalapak.  Namun jika tidak dapat memperoleh ekstrak daun kelor di aportik, Anda dapat meramunya sendiri. Cara meramu daun kelor untuk mengobati herpes yaitu:

Ambil beberapa lembar daun kelor lalu tumbuk hingga halus. Setelah daun kelor halus tempelkan pada kulit yang mengalami luka. Lakukan secara rutin selama dua kali sehari selama masa penyembuhan. Selain mengobati luka menggunakan daun kelor, pasien juga rutin makan atau minum daun kelor selama proses penyembuhan.

Selain mengonsumsi ekstrak daun kelor, juga penderita melakukan perawatan mandiri dengan cara membersihkan area luka dengan air biasa, kompres luka dengan es batu yang dibalut handuk atau kain, gunakan pakaian yang longgar untuk mengurangi rasa sakit pada kulit yang luka, dan mengonsumsi obat pereda nyeri. Daun kelor sejak lama berfungsi sebagai makanan dan minuman penambah daya tahan tubuh.

Penulis: dr. Sri Hikmawaty