Daun Dewa

Daun Dewa atau Gynura segetum (Lour) Merr. bersifat anti coagulant (mencairkan bekuan darah), stimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun, anti karsinogen dan antimutagenitas, diuretik.

aksiografi.com – Daun Dewa disebut Gynura segetum (Lour) Merr atau Gynura pseudochina (L) DC., termasuk ke dalam famili tumbuhan Compositae atau Asteraceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah Beluntas cina, Daun Dewa atau samsit.

Daftar Isi

Klasifikasi

Daun Dewa disebut Gynura segetum (Lour) Merr atau Gynura pseudochina (L) DC., termasuk ke dalam famili tumbuhan Compositae atau Asteraceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah Beluntas cina, Daun Dewa atau samsit.

Morfologi

Tanaman semak yang tingginya berkisar 10-25 sentimeter ini berbatang lunak, bulat, dan berambt halus. Baik daun maupun batang umumnya berwasna hijau keunguan.

Dauunya tunggal berbentuk bulat telur dengan tepi bertoreh dan pangkal meruncing. Bunganya majemuk berbentuk bongkol, dengan kelopak hijau berbentuk cawan.

Daun Dewa

Tanaman ini memiliki buah berwarna cokelat. Biji buah berbentuk jarum dan berwarna cokelat. Akar beluntas cina ini berwarna kuning muda.

Sifat Kimiawi

Kandungan kimia yang sudah diketahui antara lain saponin, minyak atsiri, flavonoid, tanin, polifenol, asam klorogenat, asam kalfeat, asam vanilat, asam p-kumarat, dan asam p-hidroksi benzoat, alkaloid, triterpenoid dan sterol.

Efek Farmakologis

Tumbuhan ini bersifat : anti coagulant (mencairkan bekuan darah), stimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, membersihkan racun, anti karsinogen dan antimutagenitas, diuretik. Dalam farmakologi Cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa khas dan sifat netral.

Bagian Tanaman yang Digunakan

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan seluruh tanaman. Daun berguna untuk mengobati luka terpukul, melancarkan sirkulasi, menghentikan pendarahan (batuk darah, muntah darah, mimisan), pembengkakan payudara, infeksi kerongkongan, tidak datang haid, dan digigit binatang berbisa. Umbi tanaman ini berguna untuk menghilangkan bekuan darah (haematom), pembengkakan, tulang patah (fraktur), dan pendarahan.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Tanaman ini mampu mengobati penyakit seperti luka terpukul, tidak datang haid, pendarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk dan muntah darah, kejang pada anak, masuk angin, digigit ular, kutil atau uci-uci, tumor, batu kandung kemih, dan menghilangkan bekuan darah di pembuluh darah sehingga mencegah dan mengobati stroke dan serangan jantung.