Daruju (Acanthus ilicifolius Linn.)

Must Read

Daruju (Acanthus ilicifolius Linn.), dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain, memiliki sifat rasa pahit, dingin, anti radang (antiphlogistik) dan expectorant.

aksiografi.com – Daruju dapat tumbuh baik diketinggian 0 – 450 meter dari permukaan laut. Terna perdu ini mencapai tinggi sampai dengan 3 meter, berdiri tegak, batang basah, dan berduri. Tepi daun berduri, batang bergetah.

Klasifikasi

Daruju disebut Acanthus ilicifolius Linn. termasuk ke dalam famili tumbuhan Acanthaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah daruju dan jeruju dan dengan nama asing Sea holly.

Daruju (Acanthus ilicifolius Linn.)

Sifat Kimiawi

Tumbuhan ini memiliki banyak kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain :Flavone dan asam amino.

Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat rasa pahit, dingin, anti radang (antiphlogistik) dan expectorant.

Bagian Tanaman yang Digunakan

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan; akar kering yang diiris tipis-tipis. Daun dan biji.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Daruju dapat mengobati penyakit kanker, luka terkena carun panah, pembersih darah, hepatitis akut dan kronis, pembesaran hati dan limpa, TBC kelenjer, parititis, asma, nyeri lambung, cacingan, dan sakit perut.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img