Rabu, Juni 16, 2021

Daftar Makanan Bergizi Harian

Must Read

Daftar makanan bergizi harian yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari risiko terkena penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, obesitas, dan kanker.

aksiografi.com – Kita setiap hari makan dan minum mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Mengonsumsi makanan setiap hari perlu memperhatikan kandungan gizi makanan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Sebenarnya tidak sulit melakukannya cukup mengetahui ragam jenis sayuran dan buah-buahan yang mengandung gizi yang baik. Dengan mengetahui kandungan gizi makanan harian maka kita dapat mengatur pola makanan bergizi setiap hari.

Makanan Sehat Bergizi

Beberapa pilihan makanan sehat dan bergizi untuk kebutuhan konsumsi harian. Berikut daftar makanan bergizi harian sebagai berikut:

Sayuran Hijau Bergizi

Sayuran hijau menempati posisi teratas sebagai makanan sehat bergizi karena mengandung banyak nutrisi penting, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, kalium, kalsium, magnesium, zat besi. Kandungan sayuran hijau ini sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, sayuran hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

daftar sayuran bergizi

Cara mengolah sayuran hijau juga dapat berbagai macam cara seperti merebus, menumis, dan mengukus. Cara memasak sayuran hijau agar warna daunnya tetap hijau agar menarik, gunakan ari mineral. Kandungan sodium bikarbonat dan magnesium hidroksida dalam mineral mampu mempertahankan warna hijau alami daun sayuran.

Ada berbagai pilihan sayuran hijau yang mengandung gizi. Berikut daftar sayuran hijau bergizi yaitu:

1. Sawi hijau

2. Brokoli

3. Kangkung

4. Selada

5. Bayam

6. Kubis

7. Pakcoy

8. Asparagus

9. Kale

10. Bit Hijau

11. Selada Air

Buah-Buahan Bergizi

daftar buah-buahan bergizi

Mengonsumsi buah-buahan bergizi setiap hari sangat penting dalam meningkatkan kesehatan karena buah-buahan banyak vitamin. Berikut jenis buah-buahan yang bayak mengandung nutrisi yaitu:

Baca Juga:   Biji Jarak Mengobati Pioderma atau Koreng
Baca Juga:   10 Manfaat Bidara Upas dalam Penyembuhan Penyakit

1. Apel

2. Jeruk

3. Pisang

4. Alpukat

5. Mangga

6. Melon Jingga

7. Tomat

8. Semangka

9. Pepaya

10. Jambu Biji

11. Aprikot

12. Jeruk Bali

13. Jeruk Keprok

14. Blueberry

15. Strawberry

Daging Bergizi

gambar daftar daging bergizi

Mengonsumsi daging sangat baik untuk meningkatkan kesehatan meskipun tidak harus setiap hari, minimal dua kali seminggu dengan menyelingi telur dan ikan. Daging mengandung nutrisi khususnya daging sapi tanpa lemak. Daging sapi mengandung protein dan zat besi paling tinggi ketimbang dengan daging jenis lainnya. Berikut daftar daging bergizi, yaitu:

1. Daging Sapi

2. Daging Kambing

3. Daging Ayam

Telur Bergizi

Di samping daging, telur juga termasuk ke dalam makanan sehat sehingga kita dapat menyelingi makan daging dan telur dalam seminugg. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Telur memiliki nutrisi yang lengkap, mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.

Berikut daftar telur yang memiliki kandungan gizi, yaitu:

1. Telur Ayam Kampung

2. Telur Ayam Ras

3. Telur Bebek

4. Telur Itik

5. Telur Puyu

6. Telur Kura-Kura

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian Bergizi

Makanan bergizi selain sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian juga penting karena mengandung nutrisi. Jenis makanan kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein dan serat yang tinggi, kaya akan vitamin dan mineral, seperti magnesium dan vitamin E.

gambar daftar kacang-kacangan bergizi

Berikut daftar kacang-kacangan dan biji-bijian yang bergizi, yaitu:

1. Kacang Tanah

2. Kacang Mete

3. Kacang Almond

Baca Juga:   10 Manfaat Bidara Upas dalam Penyembuhan Penyakit

4. Chia Seed

5. Biji Labu

6. Biji Wijen

Makanan Laut Bergizi

Laut merupakan penyedia pangan terbesar dibanding darat. Makanan laut merupakan pilihan makanan sehat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium.

Makanan laut sudah dikonsumsi manusia sejak zaman purba sebagai sumber protein. Orang Mesir memancing di laut Mediterania dan Sungai Nil serta memelihara ikan di kola. Begitu juga dengan orang Yunani Kuno memakan ikan dan kerang-kerangan dalam bentuk segara maupun kering.

Mengonsumsi ikan setiap hari dapat memperpanjang umur karena kandungan makanan laut yang sangat baik untuk kesehatan. Makan ikan juga mengurangi risiko terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.

gambar daftar makanan laut bergizi

Berikut daftar makanan laut yang bergizi yaitu:

1. Ikan Laut

2. Moluska: cumi-cumi, kerang, tiram, dan gurita

Baca Juga:   Cengkih adalah Tanaman Asli Indonesia

3. Crustacea: udang (rebon, udang windu, udang putih, udang karang), kepiting

4. Enchinodermata: teripang, bulu babi

5. Rumput Laut

8. Ubur-Ubur

9. Nori

Susu Bergizi

Mengonsumsi susu setiap hari sangat baik. Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Susu mengandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas, dan lemak sehat. Kita dapat memperoleh nutrisi dari susu dengan mengonsumsi langsung seperti pada susu sapi murni. Kita juga bisa mengonsumsi produk olahan susu seperti susu keju dan yoghurt.

1. Susu ASI

2. Susu Sapi

3. Susu Kambing

4. Susu Keju

5. Susu Yoghurt

6. Susu Murni Pasteurisasi

7. Susu Ultra High Temerature (UHT)

8. Susu Bubuk

9. Susu Kental Manis

Itulah daftar makanan bergizi harian yang sangat baik untuk membuat pola makanan bergizi setiap hari.

Penulis: dr. Sri Hikmawaty

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img