Cincau Rambat Menambah Kesehatan

Must Read

Cincau rambat menambah kesehatan karena memiliki efek farmakologi yang bersifat: Rasa manis, dingin. anti demam (antipiretic), anti racun. menurunkan tekanan darah, mengobati radang lambung, menghilangkan rasa mual.

aksiografi.com – Cincau merupakan tanaman merambat yang berfungsi sebagai obat-obatan sejak lama. Tumbuhan ini tumbuh di berbagai negara di Asia Tenggara dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman ini banyak tumbuh di negara seperti Malaysia, Burma (Myanmar), Siam (Thailand), Vietnam, Kamboja, Assam (India), dan Indonesia.

Awalnya tanaman perdu ini bernama Cyclea barbata dalam bahasa Latin melalui karya ilmiah Dr. Sabu Thomas dan LL.Forman pada 1960. Kedua ahli itu menyebutkan bahwa masyarakat memanfaatkan cincau rambat sebagai salah satu tanaman obat. Dr. T Sabu menelitia di kawasan hutan Silent Valley, Kerala, India Selatan. Sementara LL. Forman menyebutkan masyarakat Jawa memanfaatkan cincau untuk mengobati sakit perut dan penangkal demam.

Cincau, dalam berbagai referensi, menyebutkan berasal dari dialek Hokkian sienchau (xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Meskipun penyebutannya disebutkan dari dialek Hokkian sienchau, namun tanaman ini dikenal dengan nama daerah di Indonesia, khususnya Melayu, dengan sebutan yang berbeda secara fonologi seperti juju, tarawalu, krotok, tahulu dan kepleng (Melayu), dan camcauh (Sunda), camcao (Jawa).

Tumbuhan ini memiliki daun khas warna hijau, lembut dan merambat pada tanaman lain seperti tumbuhan sirih. Tumbuhan perdu ini merambat dengan cara membelit, berakar tunggang kecokelatan. Batangnya berkayu berbentuk bulat dengan diameter 1 cm, dengan tonjolan bekas daun, dan berwarna kehijauan. Daun tanaman ini mudah terbentuk menjadi gelatin atau agar-agar. Daunnya dapat diperas menjadi kental untuk isi minuman.

bibit cincau rambat menambah kesehatan
Foto: Bibit cincau rambat hijau. Sumber: shopee.coi.id

Daunya berbentuk jantung warna hijau, berbulu halus, bertepi rata. Panjang dan lebar daun sekitar sepuluh sentimeter. Bunganya berkelopak hijau dengan mahkota warna putih berukuran kecil.

Cincau rambat memiliki buah berupa peri yang berkelopak. Saat masih muda, buahnya berwarna hijau lalu menjadi putih kecoklatan saat masak. Dalam buah terdapat biji berwarna hitam. Cara pembudidayaan cukup menyamaikan bijinya.

Sifat Kimiawi

Kandungan kimia cincau rambat mengandung karbohidrat yang menyerap air, zat lemak dan alkaloid siklein, kardioplegia, tentradine dan dimetil tenradine. Selain itu tanaman ini juga mengandung polifenol, saponin, dan flavonoida.

Efek Farmakologis Cincau Rambat

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional cincau rambat menambah kesehatan. Tanaman ini memiliki sifat seperti rasa manis, dingin, anti demam (antipiretic), anti racun. menurunkan tekanan darah, mengobati radang lambung, menghilangkan rasa mual.

Hasil penelitian juga menunjukkan ekstraksi daun cincau dapat memperbaiki kondisi tubuh bagi penderita kanker dengan meminum minuman cincau secara rutin. Berdasarkan efek farmakologi, bagian tanaman yang dapat berfungsi untuk minuman kesehatan adalah rimpang dan daun.

Penyakit yang Terobati

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut jenis penyakit yang dapat meringankan penderita:

Tekanan Darah Tinggi

Daun diremas-remas dengan air sampai air menjadi hijau, biarkan menjadi agar-agar dan diminum bersama gula jawa.

Demam

Rimpang diiris halus kemudian diperas. Air perasannya direbus dengan air. Dinginkan lalu minum sebagai obat penurun demam. Atau akar cincau secukupnya, disedu dengan air panas dan disaring. Air saringannya diminum seperti minum biasa. Lakukan secara rutin.

Gangguan Perut, Nyeri Perut

Daun diremas-remas dengan air sampai air menjadi hijau, biarkan menjadi agar-agar. Agar nikmat diminum, tambahkan gula jawa.

Keracunan Udang

Daun diremas-remas dengan air sampai air menjadi hijau, biarkan menjadi agar-agar dan diminum bersama gula jawa.

Radang lambung, Typhus, Penyakit Usus

Daun segar 50 gram dicuci lalu ditumbuk sampai lumat. Tambahkan 4 gelas air matang, kemudian diremas-remas, diperas dan disaring. Diamkan sampai mengental dan tambahkan 5 sendok kecil gula. Minum sehari tiga kali pagi, siang dan malam.

Penulis: dr. Sri Hikmawaty

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img