Cengkih adalah Tanaman Asli Indonesia

Must Read

Cengkih adalah tanaman asli Indonesia yang memiliki manfaat luar biasa baik sebagai rempah-rempah makanan maupun meningkatkan kesehatan.

aksiografi.com – Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum) merupakan kuncup bunga kering yang beraroma khas. Tanaman berpohon ini merupakan tanaman asli Indonesia dan bermanfaat untuk kesehatan. Tanaman ini sangat terkenal di Indonesia timur khususnya di pulau Maluku Utara. Tanaman ini banyak tumbuh di kepulaun Banda, Madagaskar,  dan tersebar luas di nusantara.

Di Indonesia terdapat perkebunan cengkih seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa, Sulawsi Utara, Sulawesi Selatan, Bali, dan Maluku. Provinsi penghasil cengkih terbesar adalah Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.

Negara Zanzibar, India dan Sri Langka juga telah membudidayakan cengkih. Saat ini negara produsen terbesar adalah Indonesia, India, Malaysia, Sri Langka, Madagaskar, dan Tanzania.

Tanaman cengkeh adalah bahan utama rokok kretek Indonesia sehingga menjadi khas di banding rokok dari negera lain. Pengaruh cengkeh juga sehingga rokok Indonesia disebut juga dengan kretek. Isitlah ini berasal dari bunyi krek,krek,krek pada rokok kandungan cengkih saat diisap sehingga rokok Indonesia bernama kretek.

Cengkih merupakan salah satu rempah yang sering menjadi agen preservative makanan dan juga sebagai tanaman obat karena cengkih memiliki aktivitas antioksidan dan antimikroba.

Klasifikasi Cengkih

Berdasarkan morfologinya, cengkih terbagi atas 3 (tiga) jenis yaitu: 1) cengkih asli Maluku seperti AFO, Tibobo, Tauro, Sibela, Indari, Air Mata, Dikiri, Daun Buntal. 2) Cengkih liar seperti Raja, Amahsusu, Haria Gunung, dan Cengkih Hutan Bogor. 3) Cengkih Budi Daya seperti Zanzibar, Siputih, Sikotok, dan Ambon.

Berdasarkan geografis, cengkeh Indonesia terbagi atas berbagai varietas yaitu varietas Afo, Posi-posi, Siputih, Zanzibar, dan Sikotok. Varietas Afo, Posi-Posi, dan Zanzibar banyak tumbuh di pulau Maluku, varietas Sikotok dan Siputih banyak tumbuh di Sumatera Barat.

Cengkih atau orang biasa dan tulis cengkeh, namun yang baku dalam penulisannya adalah cengkih.  Cengkih atau dalam bahasa Latin adalah Syzygium aromaticum, syn, Eugenia aromaticum adalah kuncup bungan kering beraroma khas. Cengkih adalah keluarga Myrtaceae.

gambar bakal buah cengkih

Senyawa Kimia Cengkih

Kandungan senyawa kimia alami cengkih berupa minyak atsiri yaitu eugenol, caryophyllene, furfural, vanillin, methyl salicylate, pyrocatechol, methyl ketone, & valeric aldehydes, eugenin, isoeugenitol, isoeugenitin, eugenitin, tannin, mucilage, sitosterol, estigmaterol, resins, cellulose, pinene, oelanolic acid, dan fixed oil.

Eugenol merupakan senyawa bioaktif utama pada cengkih dengan kandungan sebanyak 9381-14650 miligram per 100 gram cengkih. Eugenol berguna sebagai bahan untuk parfum, penyedap, minyak esensial, dan antiseptik dan analgesik lokal.

Senyawa derivatif eugenol juga menjadi bahan pembuata produk penarik serangga dan peredam UV, analgesik, biocides, dan antiseptik.

Nilau Jual Cengkih

Cengkih memiliki nilai jual yang tinggi pada kuncup bunga cengkih yang berukuran 2 cm. Saat maturasi kuncup bunga cengkih saat sebelum adalah waktu yang paling tepat dipanen. kuncup bunga cengkih itu dijemur di bawah sinar matahari hingga berwarna cokelat gelap.

Selain kuncup bunga cengkeh, minyak cengkih juga bernilai jual tinggi yang dapat diperoleh dari batang cengkih, daun cengkih, dan buah cengkih.

gambar bunga cengkih

Teknik Budidaya Cengkeh

Tumbuhan iklim tropis dan subtropis lembab ini membutuhkan curah hujan 2.332 mm per tahun. Pohon cengkih dapat tumbuh pada lokasi yang jauh dari laut dengan ketinggian 0 – 1500 meter di atas permukaan laut.

Faktor suhu lingkugnan juga sangat menentukan pertumbuhan optimul pohon cengkeh. Pohon cengkih sangat baik pada 20 hingga 30 derajat celcius. Pengembangbiakan dapat menggunakan metode vegetatif dengna cara stem batang maupun generatif melalui biji.

Lahan yang sesuai perkebunan cengkih adalah lereng perbukitan, lembah dengan drainase baik dan tepian sungai. Pada usia 7 tahun, pohon cengkih sudah berproduksi dan usia produktif antara 10 tahun hingga 30 tahun. Usia 30 tahun cengkih mengalami penurunan produktivitas.

Manfaat Cengkih untuk Kesehatan

Khasiat Cengkeh dan manfaat cengkeh untuk kesehatan sangat bermanfaat, berbagai jenis penyakit dapat terobati. Tanaman cengkeh dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis. Minyak cengkeh banyak dimanfaatkan oleh dokter gigi sebagai penghilang rasa sakit. selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam industri farmasi, penyedap masakan, dan wewangian.

Manfaat Cengkeh untuk kesehatan dapat mengobati sakit gigi, meningkatkan seksualitas atau mengatasi ejakulasi dini, mengobati sakit lambung, menyehatkan jantung, mengobati kanker, mencegah inflamasi atau radang, meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati campak, menambah denyut jantung, menghilangkan bau mulut, dan mengatasi sinusitis, mengatasi mual, perut kembung, sakit kepala. dan masuk angin, serta mengatasi batuk berdahak.

Penulis: dr. Sri Hikmawaty

Penyunting: Gusti Zainal

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img