Cara Mengobati Infeksi Kandung Kemih

Must Read

Obat infeksi kandung kemih adalah kumis kucing. Tanaman dengan nama latin Orthosiphon aristatus atau Orthosiphon longiflorum atau Orthosiphon stamineus Benth. Tulisannya ini akan menjelaskan cara mengobati infeksi kandung kemih

aksiografi.com – Kumis kucing merupakan obat mujarab. Tanaman dengan nama latin Orthosiphon aristatus atau Orthosiohon longiflorum atau Orthosiphon stamineys Benth ini termasuk dalam famili Labiatae atau Lamiaceae.

Beberapa daerah di Nusantara kumis kucing disebut dengan remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur), gigi-gigi merah (Sumatera), sesalaseyan dan soengot koceng (Madura).

gambar kumis kucing
Gambar: Tanaman Kumis Kucing

Sejak dahulu di Pulau Jawa masyarakat memanfaatkan daun tumbuhan herba sebagai teh. Tidak heran, bagi orang Barat, menamakannya sebagai Java Tea. Masyarakat menggunakan sebagai ramuan obat tradisional yang membersihkan saluran pencernaan, khususnya kandung kemih.

Efek Morfologi Kumis Kucing

Tanaman herbal ini dapat menanggulangi berbagai penyakit. Masyarakat nusantara juga menggunakan tumbuhan herba ini sebagai obat tradisional untuk penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit.

Daunnya (simplisia), baik kering maupun basah, berguna untuk memperlancar air kemih (diuretik) dan rematik, radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, penyakit syphilis, dan menurunkan kadar glukosa darah. Selain bersifat diuretik, kumis kucing juga berfungsi sebagai antibakteri.

Hasil penelitian seperti dalam jurnal Ethnopharmacology mengungkapkan hasil uji coba dengan menguji pada beberapa tikus. Adam Y dkk yang melakukan pengujian pada tikus-tikus dengan memberikan minum dari air yang telah mengandung ekstrak kumis kucing.

Jurnal yang berjudul “Diuretic properties of Orthosiphon stamineus Benthmenunjukkan bahwa tanaman ekstrak ini bersifat diuretik sesuai dengan informasi ethnomedical sebagai tanaman obat untuk disuria.

Khasiatnya secara tidak langsung membantu membilas bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih.

Kandungan Kimiawi Kumis Kucing

Tanaman ini kaya akan kandungan kimia antara lain Orthosiphon, glikosida, fosfak, oksalat, zat samak, saponin, sapofonin, garam kalium (0,6-3,5%), myo inositol. Ia juga mengandung minyak atsiri dan minyak lemak.

Kandungan Orthosiphon menjadikannya memiliki sifat anti-hipertensi dan anti-inflamasi sehingga sangat bagus menurunkan kadas asam urat dan rematik. Rasanya agak asin, agak pahit dan sepet.

Berdasarkan berbagai penelitian menunjukkan tanaman ini mengandung senyawa bioaktif pada daun kumis kucing seperti ekstrak n-heksana dan metanol sehingga dapat berguna untuk aplikasi farmasi.[1] Penelitian lain juga menyebutkan kandungan efek farmakologi antiinflamasi ekstrak etanol daun kumis kucing sangat baik. Pengujian terhadap tikus jantang  menunjukkan hasil daya antiinflamasi berturut-turut 33,11%, 52,64%, dan 64,12%.[2]


Berdasarkan tinjauan farmakologis, tumbuhan ini bersifat Anti inflammatory (anti radang), peluruh air seni (diuretic), penghancur batu saluran kencing. Ia membersihkan traktak dan memudahkan kerja sistem tubuh.

Cara Meramu Obat Infeksi Saluran Kemih

Cara mengobati infeksi kandung kemih dengan menggunakan daun kumis kucing. Ambil 5 sampai 10 helai daun herbal ini lalu rebus sebanyak tiga gelas air. Didihkan hingga air menjadi setengah gelas air dan minum dua kali sehari. Minum selama masa pengobatan. Cara ini telah berlangsung sejak lama dan turun-temurun dan juga terbukti berdasarkan hasil riset.

Penulis: Suharni Yusuf

Editor: dr. Sri Hikmawati Zainal


Referensi

[1] Surahmaida et al., 2019, Senyawa Bioaktif Daun Kumis Kucing

[2] Sigit Prayoga, 2008, Efek Antiinflamasi Ekstrak Etanol Daun Kumis Kucing pada Tikus Jantang Galur Wistar.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img