Cabe Jawa Mencegah 15 Penyakit

Cabe Jawa mencegah 15 penyakit. Piper retrofracrum mengandung zat kimiawi yang memiliki efek penyembuhan untuk berbagai jenis penyakit.

aksiografi.com – Tumbuhan asli Indonesia ini sangat populer sebagai tumbuhan obat sejak turun temurun. Buah cabe jawa ini menjadi bahan ramuan jamu tradisional.

Cabe Jawa (Piper retrofracrum) mengandung zat kimiawi yang memiliki efek penyembuhan untuk berbagai jenis penyakit. Buah cabe jawa mengandung zat pedas piperine, minyak menguap, alpha amirin, fenenol, dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4, 1-beta caryophylene, 1-quebrachitol.

Akar dan batang mengandung mengandung inulin yang terdiri dari artemose, cabang kecil mengandung oxytocin, yomogi alkohol, ridentin.

Dalam bahasa Latin tumbuhna ini disebut Piper retrofractum atau Piper longum L atau Piper sarmentosum atau Chavia officinarum Miq, atau Chavia retrofracta Miq.

Tumbuhan ini bersifat: rasa dingin, menghilangkan sakit, menghentikan pendarahan (hemostatik), melancarkan peredaran darah, mencegah keguguran, dan mengatur menstruasi.

Dalam farmakologi pengobatan tradisional disebut tumbuhan ini memiliki rasa pahit, pedas dan hangat. Herba ini masuk meridian ginjal, paru dan limpa.

Gangguan Jiwa Neurashenia

Gangguan jiwa adalah keadaan yang tidak normal baik yang berhubungan fisik maupun mental. Penyababkan bukan karena sakit fisik meskipun gejalanya terlihat secara fisik. Keabnormalan itu dimasukkan dalam gangguan jiwa atau neurose dan sakit jiwa atau psycose.

Keabnormalan jiwa dapat berupa ketegangan batin, murung dan rasa putus asa, gelisah atau cemas, campulsive, histeria, rasa lemah, takut, dan pikiran buruk selalu muncul.

Gejalanya dapat diketahui atau dirasakan seperti nyeri otot, pusing, sakit kepala, gangguan tidur, tidak dapat santai, dan mudah marah.

Cabai jawa dapat mengurangi gejala itu. Ambil cabe jawa sebanyak 6 buah, tambahkan rimpang alang-alang sebanyak 3 batang, rimpang lempuyang ¾ jari, daun ambiloto ¾ genggam, dan gula merah enau 3 jari. Cuci bersih lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin saring lalu minum. Sehari 3 x ¾ gelas. Lakukan secara rutin hingga gejala itu hilang.

Masuk Angin

Masuk angin adalah perasaan kondisi badan yang tidak nyaman. Masuk angin bukan istilah medis dan juga bukan jenis penyakit. Masuk angin hanyalah istilah masyarakat yang umum digunakan untuk menggambarkan demam, menggigil, nyeri otot, pegal-pegal, pertu kembung, serta hilangnya nafsu makan.

Cara mengatasinya dengan mengonsumsi obat herbal secara rutin. Ambil cabe jawa 3 buah, daun poko (Mentha arvensis javanica Bl) ¼ genggam, adun kesumba keling (Bixa orellana L)1/4 genggam, gula enau 3 jari. Cuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Minum sehari 3 x ¾ gelas. Lakukan secara rutin hingga kesehatan kembali pulih.

Obat Kuat setelah Melahirkan

Perempuan setelah melahirkan terasa lemah. Agar kondisi tubuhnya kembali kuat gunakan tanaman cabe jawa sebagai minuman herbal alami. Ambil akar kering sebanyak 3 gram lalu ditumbuk halus, seduh dengan air panas. Minum sehari sekali selama proses pemulihan tenaga.

Pencernaan Terganggu

Gangguan perncernaan merupakan masalah pada salah satu organ sistem pencernaan dalam salah satu organ pencernaan. Fungsi sistem pencernaan berfungsi menerima dan mencerna makanan menjadi nutrisi yang dapat terserap.

Gejala gangguan pencernaan seperti sulit menelan, ada sensasi terbakar di dada (heartburn), mual, muntah, perut kembung, sakit maag, sakit perut, diare, sembelit, muntah darah atau BAB berdarah, dan berat badan naik atau malah turun.

Pengobatan herbal dengan menggunakan tanaman obat alami seperti cabe jawa. Ambil buah mentah sebanyak 6 gram yang kering ditumbuk halu. Tambahkan madu secukupnya. Minum rutin selama masa proses pemulihan.

Batuk

Batuk adalah respon alami tubuh sebagai sistem pertahanan dalam mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan. Batuk juga adalah respon tubuh dalam mencegah benda asing yang masuk ke saluran pernapasan bawah.

Batuk biasanya disertai dengan gejala lain seperti pilek, demam, lemas, nyeri tenggorokan, sulit menelan, mengi atau bengek, dan sesak nafas.

Pengobatan alami dapat menggunakan akar kering cabe jawa. Ambil buah mentah sebanyak 6 gram yang kering ditumbuk halu. Tambahkan madu secukupnya. Minum rutin selama masa penyembuhan selama proses pemulihan tenaga.

Bronkitis

Bronkitis adalah gangguan kesehatan akibat adanya peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan yang disebut bronkus. Fungsi bronkus menyalurkan yang membawa udara dari dan menuju paru-paru.

Gejala bronkitis adalah batuk yang dapat disertai sesak napas dan sakit pada tenggorokan. Penyebab terjadinya bronkitis adalah infeksi virus. Anak-anak sangat rentan terkena bronkitis.

Pengobatan bronkitis ringan dapat menggunakan obat herbal seperti cabe jawa. Ambil buah mentah sebanyak 6 gram yang kering ditumbuk halus. Tambahkan madu secukupnya. Minum rutin selama masa penyembuhan.

Penyakit Ayan (epilepsi)

Penyakit epilepsi atau ayan merupakan gangguan sistem saraf pusat mengakibatkan pola aktivitas otak menjadi tidak normal. Dampaknya menimbulkan keluhan kejang, sensasi, dan perilaku yang tidak biasa hingga menghilangkan kesadaran.

Gejala utama epilepsi saat timbul impuls listrik pada otak melebihi batas normal. Kondisi itu menyebar dan menimbulkan sinyal listrik yang tidak terkendali. Sinyal itu terkirim ke otot sehingga menimbulkan kejutan hingga terjadi kejang-kejang.

Gunakan obat herbal dari tumbuhan cabe jawai. Ambil buah mentah sebanyak 6 gram yang kering ditumbuk halu. Tambahkan madu secukupnya. Minum rutin selama masa penyembuhan.

Penyakit Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ yang berperan penting dalam sistem pernapasan (respirasi). Udara yang masuk ke paru-paru melakukan sirkulasi pertukaran antara oksigen dari luar tubuh dengna karbon dioksida dari dalam darah. Paru-paru yang mengalami gangguan maka proses pernapasan juga terganggu.

Berbagai penyakit yang menyerang paru-paru seperti pneumonia, tuberkulosis, bronkitis, obstruktif knonis, dan asma.

Sebelum terjadi gangguan paru-paru kronis sebaiknya cegah dengan rutin meminum obat herbal. Ambil buah mentah sebanyak 6 gram yang kering ditumbuk halus. Tambahkan madu secukupnya. Minum rutin selama masa penyembuhan.

Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang terdiri dari kumpulan otot yang berfungsi memompa darak ke seluruh tubuh. Jantung manusia berdenyut 72 kali per menit dalam kondisi melakukan aktivitas normal. Dalam setiap menit mampu memompa 4 hingga 7 liter darah.

Jantung yang mengalami gangguan akan berpengaruh pada denyut jantung, irama jatung, dan katup jantung. Jenis penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner (penyempitan pembuluh darah jantung), aritmia (gangguan pada irama jantung), kelainan jantung sejak lahir, kardiomiopati yaitu gangguan pada otot jantung. Infeksi jantung akibat bakteri, virus, atau parasit, dan penyakit katup jantung yaitu salah satu dari empat katup jantung terganggu.

Mencegah penyakti jantung sejak dini dapat menggunakan tanaman herba. Ambil buah mentah sebanyak 6 gram yang kering ditumbuk halu. Tambahkan madu secukupnya. Minum rutin selama masa penyembuhan.

Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah normal manusia adalah 120 per 80 mmHg. Seseorang memiliki darah rendah jika tekanan darahnya kurang dari 90 per 60 mmHg. Gejala tekanan darah rendah seperti sakit kepala, penglihatan kabur, lelah, mual, sesak napas, dan bisa mengalami pinsan.

Penyebab tekanan darah rendah seperti dehidrasi, alergi, kehilangan darah akibat kecelakaan. Beberapa faktor juga berpengaruh seperti usia di atas 65 tahun, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan menderita penyakit tertentu yang berdampak pada penurunan darah rendah.

Cara mengatasi tekanan darah rendah dengan mengonsumsi makanan dari tanaman herbal seperti jahe, kayu manis, lada, dan cabe jawa. Ramuan herbal dari cabe jawa sangat baik dalam menjaga kondisi kesehatan atau mengatasi terjadinya tekanan darah rendah.

Caranya ambil buah mentah sebanyak 6 gram yang kering ditumbuk halus. Tambahkan madu secukupnya. Minum rutin selama masa penyembuhan.

Penyakit Hati

Hati adalah organ tubuh yang memliki banyak fungsi seperti menyaring racun dari darah, mengatur kadar gula darah dan kolesterol, membantu tubuh membasmi infeksi dan penyakit, serta membantu proses pencernaan makanan.

Penyebab terjadinya penyakit hati adalah mengonsumsi gula terlalu banyak, mengonsumsi minuman bersoda, lemak trans, obesitas, terlalu banyak vitamin A, konsumsi obat-obatan, dan minum alkohol berlebihan.

Organ hati yang sakit sulit kembali pulih seperti semula sehingga perlu mencegah sebelum terjadi. Beberapa jenis penyakit hati yang perlu diwaspadai seperti hepatitis, sirosis, dan abses hati.

Lakukan pencegahan dengan menjalai gaya hidup sehat dan pola makan yang seimbang dan teratur. Ramuan herbal cabe jawa dapat dijadikan sebagai obat herbal alami. Ambil lempuyang yang telah ditumbuk. Peras lempuyang dan minum bersama dengan tiga buah cabe jawa. Lakukan secara rutin selama masa perawatan.

Ditulis oleh: dr. Sri Hikmawaty

Disunting oleh: Gusti Zainal