Rabu, Juni 16, 2021

Buah Alpukat Menyembuhkan Sariawan

Must Read

Buah alpukat menyembuhkan sariawan karena mengandung tanin, daun mengandung polifenol, quersetin dan gula alkohol persiit.

aksiografi.com – Alpukat atau avodad merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak tumbuh di Indonesia.

Alpukat atau bahasa latinnya Persia americana adalah tanaman monokultur dengan tinggi batang mencapai 20 meter dengan daun sepanjang 12 – 25 cm. Buahnya bertipe buni dengan kulit lembut tak rata berwarna hijau hingga ungu kecoklatan. Dagingnya berwarna hijau muda dengan kulit dan kuning muda dengan biji yang bertekstur lembut ini memiliki khasiat menyembuhkan.

Alpukat mentah mengandung gizi dengan nilai untuk satu porsi (100 gram) mengandung vitamin B, Vitamin K, vitamin C, vitamin E, dan kalium. Selain itu alpukat juga mengandung pitosterol dan karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin.

Aplukat juga mengandung beragam lemak. Sekitar 75 persen alpukat berasal dari lemak yang 67 persennya adalah lemak total tak jenuh tunggal sebagai asam oleat. Lemak dominan lainnya seperti asam palmitat dan asam linoleat. Kandungan lemak jenuh sebanyak 14 persen dari total lemak. Selain itu sebenarnya minyak alpukat kaya akan nutrisi hanya saja biaya produksinya mahal. Minyak alpukat dapat bermanfaat untuk salad, kosmetik, dan bahan sabun.

Baca Juga:   Jeruk Menyerupai Payudara Perempuan
Baca Juga:   Alang-Alang atau Imperata cylindrica L.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah alpukat dapat menyembuhkan sariawan. Sariawan atau ulkus aphthous yaitu ulkus yang terbentuk pada selaput lendir. Ulus aphthous atau aphthae, aphthosis, dan aphthous stomatitis, dapat berupa luka bulat atau oval yang berulang di dalam mulut di mana kulit tidak terikat erat ke tulang di bawahnya, seperti di bagian dalam bibir dan pipi atau di bawah lidah. 

sariawan pada bibir

Alpukat kaya dengan berbagai kandungan kimia. Buah dan daun alpukat mengandung saponin alkaloida dan falvonoid. Buah juga mengandung tanin, daun mengandung polifenol, quersetin dan gula alkohol persiit. Daun pada alpukat juga menghambat pertumbuhan beberapa spesies bakteri seperti staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Escherichea sp dan Bacillus sp.

Cara pengobatan sakit sariawan dengan memakan buah alpukat setiap hari. Ambil buah alpukat yang sudah masak lalu tambahkan 2 sendok madu murni, lalu aduk merata. Setelah tercampur baik lalu makan dan nikmati enaknya. Lakukanlah setiap hari selama masa pengobatan sariawan.

Penulis : Suharni Yusuf

Penyunting : dr. Sri Hikmawaty

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
Baca Juga:   Manfaat Kasingsat untuk Kesehatan

Masyarakat Sulawesi Dapat Menyaksikan Super Blood Moon pukul 17.44.38 WITA

- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img