Brotowali Mengobati 7 Penyakit

Must Read

Brotowali mengobati 7 penyakit yang umum di derita yaitu rematik, demam kuning, demam, kencing manis, kudis, luka, dan badan gatal-gatal.

aksiografi.com – Brotowali atau Tinospora crispa (L.) Miers., atau Tinospora rumphii atau Tinospora tuberculata termasuk ke dalam famili tumbuhan Menispermaceae. Tanaman ini terkenal dengan nama daerah Andawali, antawali, bratawali, putrawali atau daun gadel. Tanaman ini memiliki khasiat mengobati beberapa jenis penyakit umum karena sifat kimiawi dan efek farmakologis yang terkandung di dalamnya sehingga brotowali masuk dalam kategori tanaman obat.

Khasiat Penyembuh Brotowali

Sifat Kimiawi Brotowali

Tumbuhan ini kaya kandungan kimia, antara lain alkaloid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, harsa, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin). Kandungan kimia inilah sehingga brotowali mampu mengobati 7 penyakit.

Efek Farmakologis Brotowali

Tumbuhan ini bersifat Analgetik yaitu penghilang rasa sakit, antipiretik yaitu penurun panas, melancarkan meridian/aliran chi. Dalam farmakologi Cina menyebutkan tumbuhan ini memiliki sifat sejuk dengan rasa yang pahit. Kandungan kimiawi dan efek farmakologis sehingga tanaman ini masuk sebagai tanaman herba atau tanaman obat.

Brotowali Mengobati 7 Penyakit

Uji Klinis dan Prakilinis

Uji pra klinis Brotowali pada kultur sel HeLa (karsinoma serviks), menunjukkan efek sitotoksisitas dari ekstrak brotowali setara dengan efek dari doxorubicin. Tanaman ini mempunyai prospek yang baik sebagai antineoplastik namun belum ada penelitian yang menjelaskan lebih detail tentang itu.

Penyakit yang dapat Terobati

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut:

Rematik

Bersihkan dan potong-potong satu jari batang brotowali seperlunya, rebus dengan 3 gelas air menjadi 1,5 gelas. Dinginkan lalu saring, tambah madu secukupnya, minum. Sehari 3 kali setengah gelas. (Saran 3 x 1 kapsul per hari, minum banyak air)

Demam kuning

Bersihkan dan potong-potong satu jari batang brotowali seperlunya, rebus dengan 3 gelas air menjadi 1,5 gelas. Lalu campur madu secukupnya dan minum selama masa penyembuhan. Sehari 2 kali setengah gelas. (Saran 3 x 1 kapsul per hari, minum banyak air)

Demam

Ambil dua jari batang brotowali lalu rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi satu gelas. Setelah dingin campurkan madu secukupnya. Minum sebanyak 2 kali setengah gelas setiap hari. ( Saran kapsul 3 x 1 kapsul per hari)

Kencing Manis

Sepertiga genggam daun sambiloto, sepertiga genggam daun kumis kucing, 6 cm batang brotowali lalu cuci dan potong-potong, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Minulmlah setelah makan, sehari 2 kali satu gelas. (Saran 3 x 1 kapsul per hari)

Kudis

Tiga jari batang brotowali dan belerang sebesar kemiri, lalu cuci dan tumbuk halus, remas dengan minyak kelapa seperlunya. Haslinya gunakan melumas kulit yang terserang kudis. Sehari dua kali.

Luka

Ambil daun brotowali lalu tumbuk dan tempelkan pada luka. Lakukan sebanyak dua kali setiap hari selama masa penyembuhan luka. Cuci luka dengan air rebusan batang.

Badan Gatal-Gatal

Mandi dengan air rebusan sejengkal batang brotowali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img