Biji jarak mengobati pioderma

Biji jarak mengobati pioderma karena ia mengandung sifat kimia yang dapat mengobati seperti minyak ricinic, ricinine, cytochrome C, lipase dan beberapa enzim serta ricin D.

aksiografi.com – Jarak dalam bahasa Latin disebut Ricinus communis Linn. atau R. inermis et lividus Jacq. termasuk ke dalam famili tumbuhan Euphorbiaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah dulang, jarag, lafandru, malasai, jara, kolonyan, tetanga, balacai dan lutur bal.

Biji jarak mengandung sifat kimia yang dapat mengobati seperti minyak ricinic, ricinine, cytochrome C, lipase dan beberapa enzim serta ricin D.

Efek Farmakologis

biji jarak mengobati pioderma

Biji jarak terasa manis, pedas, netral. Biji segarnya mengandung protein beracun yang disebut risin. Daya racun (toksisitas) sangat tinggi. Cara menghilangkan kandungan racunya dengan merebusnya selama dua jam atau mendidikan pada 100 derajat celsius selama 20 menit.

Efek farmakologis biji jarak adalah anti radang, pencahar, koreksi prolaps, anti neoplastik (anti kanker), dan dapat menghilangkan racun.

Kandungan pada biji inilah yang dapat mengobati penyakit koreng atau dalam bahasa medis disebut pioderma. Pioderma adalah penyakit-penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh kuman (bakteri), terutama Streptococcus beta hemplyticus atau Staphylococcus aureus.

Bagian Tanaman yang Digunakan

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan minyak biji, akar, biji dan daun.

Biji Jarak Mengobati Piodarma

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit piodarma atau koreng.

Pioderma atau koreng adalah penyakit infeksi kulit yang disebabkan kuman atau bakrei, terutama Streptococcus beta hemolyticus atau Staphylococcus aureus. Piodarma terbagi atas dua kategori yaitu: pioderma primer dan pioderma sekunder.

Pioderma primer adalah infeksi pada kulit normal yang disebabkan satu jenis mikro-organisme. Gambaran bentuk lukanya khas. Sedangkan pioderma sekunder adalah infeksi pada kulit yang sebelumnya sudah ada luka akibat lainnya seperti tergores atau misalnya skabies yang mengalami infeksi sekunder oleh kuman akibat dari garukan.

20 biji jarak pagar yang telah dikupas kulitnya, dilumatkan jadi bubur, tambah garam, tempelkan sehari 2 kali pada luka akibat koreng. Sedangkan daun segarnya direndam air panas sampai lemas, tempelkan ke tempat sakit.

Ditulis oleh: Suharni Yusuf

Disuntung oleh: dr. Sri Hikmawaty