Bidara Upas Mengobati Kanker

Must Read

Bidara upas mengobati kanker dengan cara menghambat pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh pasien. Sel abnormal terjadi karana adanya perubahan atau mutasi genetik pada sel.

aksiografi.com – Bidara upas adalah tumbuhan umbi-umbian yang kaya dengan kandungan kimia dan efek farmakologi yang dapat menyebuhkan beberapa jenis penyakit. Kandungan bidara upas yang sudah diketahui, antara lain: damar, resin, pati, zat pahit. Getah segar mengandung zat oxydase.

Tumbuhan ini memiliki efek farmakologis seperti anti radang, menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan bengkak, pencahar, menetralkan racun, penyejuk. Tumbuhan ini masuk dalam daftar tanaman herba.

Umbi tanaman ini adalah bagian yang digunakan sebagai obat Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan bidara upas memiliki anti bakteri dan anti inflamasi. Salah satu manfaat umbi bidara upas adalah mampu mencegah dan pertumbuhan sel abnormal sebagai penyebab penyakit kanker.

Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh seseorang. Jenis penyakit ini merupakan penyebab kematian kedua tertinggi di dunia. Itu terjadi karena penyakit kanker ini tidak menimbulkan gejala awal perkembangannya. Ia terdeteksi setelah mencapai stadium lanjut sehingga pengobatan cenderung terlambat.

Penyebab utama timbulnya kanker adalah adanya perubahan atau mutasi genetik pada sel sehingga menjadi abnormal. Sementara faktor yang memicu pertumbuhan sel kanker berbeda-beda tergantung jenis kanker yang dialami pesakitan atau pasien.

Pencegahan Kanker

Penyakit kanker dapat dicegah sedini mungkin termasuk hidup sehat seperti program CERDIK yang digalakkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Program CERDIK adalah singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rutin berolahraga, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola Stress.

Selain program CERDIK Kemenkes di atas, beberapa tips untuk mencegah kanker seperti hindari paparan sinar matahari berlebihan, hentikan konsumsi alkohol, dan lakukan vaksinasi.  

Pengobatan Kanker

Penyakit kanker dapat diobati berdasarkan hasil pemeriksaan dokter. Berdasarkan jenis pengobatan pilihan dokter tergantung pada jenis kanker, letak kanker, stadium kanker, kondisi kesehatan pasien, dan keinginan pasien.

Metode pengobatan dapat dilakukan dengan kemoterapi, operasi, radioterapi, transplansi sumsum tulang, imunoterapi, terapi hormon, dan targeted drug therapy.

Obat Herbal Kanker

Umbi bidara upas mengandung zat kandungan anti bakteri dan anti inflamasi. Umbi bidara upas dapat memperlambat atau menghambat pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh.

Caranya Meramu Obat Herbal

1. Ambil umbi segar sebanyak 3/4 jari

2. Cuci bersih lalu parut

3. Tambah 4 sendok makan air matang lalu peras

5. Tambahkan madu 2 sendok makan pada air perasan umbi (untuk pembangkit selera)

6. Air perasan campuran madu itu dibagi tiga kali minum dalam sehari.

7. Ampasnya tempelkan ke bagian yang sakit.

Saat ini obat herbal dalam bentuk kapsul banyak dijual di toko obat. Saran penggunaan obat kaptul 3 kali 1 kapsul per hari dan perbanyak minum air. Atau baca aturan minum pada bungkusan kapsul itu.

Ditulis oleh: Suharni Yusuf

Disunting oleh: Sri Hikmawaty

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img